Relevansi nilai-nilai pendidikan karakter dalam Kitab “Hayatus-Shohabah” karya Maulana Muhammad Yusuf Al-Kandahlawi dalam pendidikan karakter di Indonesia

Faqori, Yudha Bima (2016) Relevansi nilai-nilai pendidikan karakter dalam Kitab “Hayatus-Shohabah” karya Maulana Muhammad Yusuf Al-Kandahlawi dalam pendidikan karakter di Indonesia. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
12110015.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Pendidikan adalah usaha untuk mengembangkan potensi yang dimiliki setiap individu sehingga dapat hidup secara optimal, sebab pendidikan menjadi media yang terbukti paling efektif dalam mewujudkan berbagai tujuan, termasuk tujuan mencetak manusia yang memiliki karakter . lewat pendidikan baik formal maupun non formal karakter seseorang dapat terbentuk.

Adapun permasalahan yang diteliti dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Apa saja Nilai-Nilai pendidikan karakter dalam Kitab Hayatus- Shohabah karya Maulana Muhammad Yusuf Al-Kandahlawi, (2) Bagaimana relevansi pendidikan karakter di dalam kitab Hayatus-Shohabbah karya Maulana Muhammad Yusuf Al-Kandahlawi dengan pendidikan di Indonesia. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui apa saja Nilai-nilai pendidikan karakter dalam kitab Hayatus Shohabah karya Maulana Muhammad Yusuf Al-Kandahlawi, Untuk mengetahui Apa relevansi pendidikan karakter di dalam kitab Hayatus -Shohabbah karya Maulana Muhammad Yusuf Al-Kandahlawi dengan Pendidikan di Indonesia.

Penelitian ini tergolong penelitian pustaka atau literatur, maka penelitian ini menggunakan paradigma kualitatif dengan pendekatan deskriptif analitis. Penulis berusaha mengkaji nilai-nilai pendidikan Karakter yang terdapat dalam kitab “Hayatus Shohabah”, dan kemudian merelevansikannya dengan pendidikan karakter di Indonesia. Penelitian ini merupakan studi kepustakaan (library research) karena penelitian ini mengkaji sumber data dari materi atau literatur dan sumber pustaka.

Hasil dari penelitian nilai-nilai pendidikan karakter di dalam kitab Hayatus-Shohabah kemudian direlevansikan dengan pendidikan karakter yang ada di Indonesia, yaitu: religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, tanggung jawab, peduli sesama, peduli lingkungan. Ke delapan belas point tersebut dapat di terapkan oleh pendidik untuk mendidik karakter siswa agar menjadi manusia yang berkarakter.

ENGLISH:

Education is the effort to develop the potention of everyone can live optimally, because education into a medium that proved most effective in realizing a variety of purposes, including the goal of making human characters,both the formal education and non formal can form characters someone.

As for the problems examined in this thesis writing is (1) What are the values of the character education in the book of “Hayatus-Shahabah” by Maulana Muhammad Yusuf Al-Kandahlawi. (2) How the relevance of character education in the book of “Hayatus-Shahabah” by Maulana Muhammad Yusuf Al-Kandahlawi with the education in Indonesia. This research aims to find out what are the values of the character education in the book of “Shohabah-Hayatus” by Maulana Muhammad Yusuf Al-Kandahlawi. To know what the relevance of character education in the book of “Hayatus-Shahabah” by Maulana Muhammad Yusuf Al-Kandahlawi with education in Indonesia.

This research belong to the library research or the literature, this research uses qualitative paradigm with descriptive analytical approach. The author try to examine values character education contained in the book of "Hayatus-Shohabah", then on the right with the relevance of character education in Indonesia. This research is the study of librarianship (library research) because this research examines data from the source material or literature and references.

The results of the research values character education in the book “Hayatus-Shohabah” then in relevance to the character education that exists in Indonesia, IE: religious, honest, tolerance, discipline, hard work, creative, independent, democratic, curiosity, spirit of nation, love of the fatherland, appreciate the achievements, friendly, peace-loving, an avid reader, responsibility, care, care for the environment. The eighteen point may be applied by educators to educate students to become characters as a human character.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Marno, Marno
Keywords: Relevansi; Pendidikan Karakter; Hayatus-Shohabah; Relevance; Character Education; Hayatus-Shohabah
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Imam Rohmanu
Date Deposited: 30 Mar 2017 09:22
Last Modified: 30 Mar 2017 09:22
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/6143

Actions (login required)

View Item View Item