Yunus, Mohamad (2009) إعداد المواد التعليمية لمهارة الكتابة: بالتطبيق على المدرسة الثانوية الحكومية تمبورساري نجاوي. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
07930041.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (896kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Menulis dianggap sebagai ketrampilan berbahasa yang paling penting dan merupakan tujuan pokok pembelajaran bahasa asing. Pembelajaran ketrampilan menulis Bahasa Arab di MAN Tempursari Ngawi dijumpai banyak masalah, diantaranya: (1) Rendahnya tingkat kemampuan siswa dalam menulis berbahasa Arab (2) Kurangnya perhatian para guru Bahasa Arab terhadap ketrampilan menulis (3) Tidak adanya buku-buku teks yang memadai serta materi khusus untuk pembelajaran Bahasa Arab. Dalam rangka mencari solusi dari permasalahan ini, Penulis melakukan penelitian dengan judul " Menyusun Materi Pembelajaran untuk Mengajarkan Ketrampilan Menulis ( dengan Uji Coba di MAN Tempursari Ngawi ).
Masalah utama dalam penelitian ini adalah " Sejauh manakah efektifitas materi pembelajaran yang disusun oleh peneliti untuk meningkatkan kemampuan siswa MAN Tempursari dalam ketrampilan menulis ". Adapun Masalah utama tersebut dirinci sebagai berikut : (1) Sejauh manakah efektifitas materi pembelajaran yang disusun untuk meningkatkan ketrampilan Dikte ( ) ? (2) Sejauh manakah efektifitas materi pembelajaran yang disusun untuk meningkatkan ketrampilan Mengarang terbimbing ( ) ? (3) Sejauh manakah efektifitas materi pembelajaran yang disusun untuk meningkatkan ketrampilan Mengarang bebas ( ) ?.
Hipotesis yang ditetapkan dalam penelitian ini adalah " materipembelajaran yang telah disusun oleh peneliti, efektif untuk meningkatkan ketrampilan menulis siswa MAN Tempursari Ngawi ".
Metodologi yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian yang digunakan adalah seluruh siswa MAN Tempursari Ngawi Tahun Pelajaran 2008/2009. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling. Sampel penelitian terdiri dari: siswa kelas I-A (32 siswa) sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas I-B (32 siswa) sebagai kelompok kontrol.
Variabel terikat dalam penelitian ini adalah materi pembelajaran ketrampilan menulis yang disusun oleh peneliti, sedangkan sebagai variable terikat adalah kemampuan siswa dalam ketrampilan menulis berbahasa Arab. Instrumen penelitian yang digunakan untuk menghimpun data adalah: (1) Observasi (2) wawancara dengan Pakar di bidang penyusunan buku teks Bahasa Arab (2) Tes (Pre-tes dan Pos-tes).
Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan: (1) Pemakaian materi pembelajaran yang telah disusun oleh peneliti efektif untuk meningkatkanketrampilan siswa dalam dikte ( ) (2) Pemakaian materi pembelajaran yang telah disusun oleh peneliti efektif untuk meningkatkan ketrampilan siswa dalam mengarang terbimbing ( ) (3) Pemakaian materi pembelajaran yang telah disusun oleh peneliti efektif untuk meningkatkan ketrampilan siswa dalam mengarang bebas ( ). Adapun hasil pengolahan data statistik terhadap hasil tes menunjukkan bahwa: nilai perbedaan kemampuan yang diperoleh melalui pre-tes antara kelompok eksperimen dan kelompok pengontrol sebelum digunakannya materi pembelajaran yang disusun oleh peneliti adalah = 1,592 (tidak signifikan ). Sedangkan nilai perbedaan kemampuan kedua kelompok tersebut yang diperoleh melalui post-tes setelah digunakannya materi pembelajaran yang disusun oleh peneliti adalah = 18,313 ( signifikan ).
ABSTRACT
Writing is considered as the most important language skills and the main objective of learning foreign language. Learning writing skills at Islamic High School (MAN) Tempursari Ngawi is found a lot problems, such as: (1) Students ability is low in writing skills (2) less attention of Arabic teachers for writing skills (3) There are not appropriate text books and particular material that related to Arabic learning. To solve these problems, the writer researches with title "Designing Learning Materials to Teach Writing Skills (With an Experimental Trial at Islamic High School (MAN) Tempursari Ngawi).
The main problem in this research is how far the effectiveness of learning materials that designd by researcher to improve students' abilities at Islamic High School (MAN) Tempursari Ngawi in writing skills. The main problems can be specified the details: (1) How far the effectiveness of learning materials that designd to improve dictation abilities ( ) ? (2) How far the effectiveness of learning materials that designd to improve bounded composition abilities ( ) ? (3) How far the effectiveness of learning materials that designd to improve unbounded composition abilities ( ) ? The research hypothesis is "Learning material that designd is effective to improve students' writing skills at Islamic High School (MAN) Tempursari Ngawi".
The methodology that used is experimental research. The research population is all students of Islamic High School (MAN) Tempursari Ngawi at academic year 2008/2009. The technique that used to get sample is Purposing Sampling. The research sample consist of: students X-A (32 students) as experimental class and students X-B (32 students) as control class. Independent Variable in this research is learning material in writing skills that designed by researcher, and Dependent Variable is students' abilities in dictation abilities, bounded composition abilities and unbounded composition abilities. Research instrument that used to collect data is: (1) Observation (2) Interview with experts in designing Arabic text books. (3) Test (Pre Test and Post Test).
Based on the results of data analysis can be concluded: (1) Using learning material that designed by researcher is effective to improve dictation skills () (2) Using learning material that designed by researcher is effective toimprove bound composition ( ) (3) Using learning material that designed by researcher is effective to improve unbounded composition ( ).
The results of processing statistic data to the test results prove that: the differences mark between experimental group and control group through pre test before using learning material that designed by researcher is 1.592 (not significant). And the differences mark between experimental group and control group through post test after using learning material that designed by researcher is 18.313 (significant).
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Nur, Syuhadak Sholeh and Bakheet, Bakri Mohammed | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | Menyusun Materi Pembelajaran; Pembelajaran Ketrampilan Menulis; Designing Learning Materials; Teaching Writing Skills;عداد المواد التعليمية; مهارة الكتابة | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab | |||||||||
Depositing User: | Mohammad Syahriel Ar | |||||||||
Date Deposited: | 30 Mar 2017 15:55 | |||||||||
Last Modified: | 04 Jan 2018 10:36 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/6136 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |