Masnun, Masnun (2009) المدخل الاتصالي وفعاليته في تعليم مهارة الكلام: بالتطبيق على المدرسة الثانوية دار اللغة والدعوة بانقيل باسوروان جاوى الشرقية. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
07930040.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (8MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Pentingnya belajar kemahiran berbicara dalam belajar bahasa asing terlihat dari pentingnya berbicara itu sendiri. Kemahiran berbicara dipandang sebagai bagian penting dalam kurikulum pembelajaran bahasa asing, bahkan orang-orang yang bertanggung jawab dalam bidang ini menganggapnya sebagai bagian yang terpenting dalam belajar bahasa asing. Karena itu seorang guru harus selalu berusaha melatih murid-muridnya untuk belajar percakapan dalam menghadapi situasi dan kondisi yang berbeda pada masa yang akan datang.Karena itu sangat urgen sebuah lembaga pendidikan memberikan perhatian yang besar terhadap kegiatan-kegiatan yang bisa mengembangkan kemahiran berbicara, terutama dalam memilih situasi-situasi yang alamiah dalam melatih siswa dalam bentuk kegiatan sekolah yang penuh semangat dan minat.
Berangkat dari keterangan di atas, peneliti berpendapat bahwa pendekatan komunikatif merupakan pendekatan yang paling sesuai untuk merealisasikan tujuan di atas dalam pembelajaran keterampilan berbicara. Karena pendekatan ini melandaskan teorinya dengan memperaktekkan bahasa dalam komunikasi nyata kehidupan sehari-hari. Karena itu dalam penelitian ini, peneliti ingin menguji coba sejauh mana efektivitas pendekatan komunikatif dalam pembelajaran keterampilan berbicara di Madrasah Aliyah Darullughah wadda'wah Bangil- Pasuruan.
Dan untuk menjawab pertanyaan di atas, peneliti berpedoman pada pertanyaan-pertanyaan sebagai berikut:
. Sejauh mana efektivitas pendekatan komunikatif dalam meningkatkan kemahiran pelafalan kata dengan benar di Madrasah Aliyah Darullughah Wadda'wah Bangil Pasuruan?
. Sejauh mana efektivitas pendekatan komunikatif dalam meningkatkan kemahiran menggunakan kosa kata dengan benar di Madrasah Aliyah Darullughah Wadda'wah Bangil Pasuruan?
. Bagaimana Efektivitas pendekatan komunikatif dalam meningkatkan kemahiran menggunakan tata bahasa dengan benar di Madrasah Aliyah Darullughah wadda'wah Bangil Pasuruan?
. Bagaimana Efektivitas pendekatan komunikatif dalam meningkatkan kelancaran berbicara dengan bahasa Arab di Madrasah Aliyah Darullughah wadda'wah Bangil Pasuruan?
. Bagaimana Efektivitas pendekatan komunikatif dalam meningkatkan kemampuan memahami pembicaraan berbahasa Arab di Madrasah Aliyah Darullughah wadda'wah Bangil Pasuruan?
Hipotesa peneliti mengatakan bahwa pendekatan komunikatif sesuai dan efektif dalam meningkatkan kemahiran siswa dalam lima komponen yang disebutkan di atas dalam pembelajaran keterampilan berbicara.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasinya adalah semua siswa kelas XI yang jumlahnya orang, kemudian diambil dari jumlah tersebut sebagai sampelnya. Dan peneliti mengambil dua kelas jurusan bahasa sebagai group eksperimen dan group kontrol.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan komunikatif berpengaruh positif dalam meningkatkan kemampuan siswa dari segi pelafalan yang benar, penggunaan kosa kata dan qawaid yang benar, kelancaran dan pemahaman. Dan penghitungan t-tes dengan menggunakan pre-tes dan post- tes menunjukkan bahwa perbedaan kemampuan siswa dalam lima komponen di atas dalam pre-tes tidak signifikan. Sedangkan perbedaan kemampuan siswa dalam lima komponen tersebut pada post-tes adalah signifikan.
ABSTRACT
The importance of speaking skill for foreign language course relates to the prominence of speaking itself. Speaking expertise remains as important part of foreign language curriculum. People with responsibility to teach it consider it as the most important part of studying foreign language. A teacher must always train the student's to learn speaking in dealing with the different condition of the future. It supposes to be urgent for an education institution to attend the activities of developing speaking capability and of selecting natural situations to train students in the enthusiasm context of school study.
Taking account this inference, the author employs communicative approach as the most suitable method to realize the research objective in the learning of speaking skill. The approach develops its theory from language practice in the daily life communication. Therefore, in this research, the author examines the effectiveness of communicative approach in the learning of speaking skill at Madrasah Aliyah Darullughah Wadda'wah Bangil,Pasuruan.
Considering such demand, the author determines the following questions:
. Do you think the effectiveness of communicative approach will improve word pronunciation skill at Madrasah Aliyah Darullughah Wadda'wah Bangil
Pasuruan?
. Do you think the effectiveness of communicative approach will improve vocabulary skill at Madrasah Aliyah Darullughah Wadda'wah Bangil,
Pasuruan?
. Do you think the effectiveness of communicative approach will improve structure skill at Madrasah Aliyah Darullughah Wadda'wah Bangil, Pasuruan?
. Do you think the effectiveness of communicative approach will improve fluency talk with Arab language skill at Madrasah Aliyah Darullughah
Wadda'wah Bangil, Pasuruan?
. Do you think the effectiveness of communicative approach will improve understand discussion of Arab language skill at Madrasah Aliyah Darullughah Wadda'wah Bangil, Pasuruan?
The hypothesis asserts that the communicative approach has been favorable and effective to improve student's skill in these five components of speaking skill.
Research type can be classified as experiment. The population accommodates all students of Xl grade with person, then sampled to % of these samples, the author divides them into two language classes, i.e. experiment an control.
Results of research indicate that the use of communicative approach has positive effect on the improvement of student's capability in manner of correct pronunciation, structure, vocabulary, fluency and understand. t-test using prê-test and post-test show that the students different capability in these five components during pre-test does not seem significant, while the difference of students capability in these five components at post-test appears significant.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Lubis, Torkis and Masyhudi, Muhammad Mujab | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | المدخل الاتصالي; مهارة الكلام; Pendekatan Komunikatif; Keterampilan Berbicara; communicative Approach; Speaking Skill | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab | |||||||||
Depositing User: | Mohammad Syahriel Ar | |||||||||
Date Deposited: | 30 Mar 2017 15:55 | |||||||||
Last Modified: | 02 Jan 2018 11:20 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/6133 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |