Rahmawati, Latifah (2009) تطوير الخطة الدراسية لتعليم اللغة العربية في المدرسة العالية الإسلامية الحكومية الأولى يوكياكارتا. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
07930039.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK
Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan silabus yang digunakan adalah silabus yang berdasar pada kompetensi, yaitu silabus yang menjadikan kompetensi sebagai tolok ukur terhadap tercapainya tujuan pembelajaran. Dalam hal ini guru mepunyai peran penting dalam keberhasilan pelaksanaan kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) ini yaitu dengan mengembangkan silabus berdasar pada Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar. Guru mempunyai keleluasaan untuk mengembangkan materi, memilih metode pembelajaran, menentukan indikator, dan memilih sistem penilaian serta sarana/sumber pembelajaran, karena para guru inilah yang paling memahami kondisi anak didik mereka.
Tujuan penelitian adalah untuk menghasilkan silabus Bahasa Arab MAN Yogyakarta I kelas dua semester dua. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dalam pelaksanaannya terdiri dari tujuh langkah : ( ) melakukan penelitian pendahuluan ( ) melakukan perencanaan ( ) mengembangkan produk awal ( ) validasi produk ( ) perbaikan produk ( ) ji coba produk ( ) revisi produk. Namun karena keterbatasan waktu peneliti hanya sampai pada langkah ke lima. Adapun instrumen penelitian adalah wawancara, angket dan dokumentasi. Sumber data penelitian adalah siswa kelas XI, guru bahasa arab MAN YogyakartaI , pakar dan dokumentasi.
Setelah peneliti melakukan survai awal peneliti mendapatkan data bahwa bahwa silabus yang ada di MAN Yogyakarta I ini cenderung menggunakan metode Qiroah dan Tarjamah, serta masih menggunakan metode dan sarana yang kurang bervariasi.
Rancangan silabus yang diusulkan dalam penelitian ini adalah silabus berbasis kompetensi untuk kelas dus semester dua yang mencakup semua unsur silabus : Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, Materi Pokok, Kegiatan Pembelajaran, Indikator, Penilaian, Alokasi waktu, Sumber serta Sarana Pembelajaran.
Hasil dari penilaian dua pakar pengajaran Bahasa Arab dan empat guru Bahasa Arab MAN Yogyakarta I menunjukkan bahwa silabus yang disusun penulis sudah sesuai dengan standar yang ada di KTSP serta lebih bervariasi dalam penggunaan metode dan media sehingga diharapkan tujuan pembelajaran bahasa Arab di MAN Yogyakarta I dapat tercapai serta para siswa lebih tertarik dan bersemangat dalam mengikuti pelajaran bahasa Arab. Penulis berharap pengembangan silabus ini dapat diteruskan oleh penulis-penulis yang lain khususnya untuk pengembangan silabus Bahasa Arab kelas satu, kelas dua semester satu dan kelas tiga.
ABSTRACT
In the level curriculum of the education unit (KTSP), the used syllabus is based on competence. That is the syllabus for the competence as criterion towards the reach of learning direction. In this case, a teacher has the beneficial role in the success of implementation for KTSP. It is done by developing the syllabus based on competence standard and basic competence. A teacher has the discretion to establish the material, to choose the learning methods, to decide the indicator, and to choose the research system and the facilities/the sources of learning. Because the teachers most comprehend the condition of their students.
The aim of the research is to bring out the Arabic language syllabus of MAN I Yogyakarta in class XI for second semester. This research belongs to the development research that consists of seven steps in implementation. They are ) to do previous research. ) to do the planning. ) to develop the beginning product. ) to validate the product. ) to improve the product. ) to test the product. ) to revise the product. Nevertheless, because of the limited scope, the researcher researches them till the fifth steps. The research instruments are interview, question letters, and documentation. The data source of research is the class XI students, the Arabic language teachers, experts and documentation.
After the researcher does the beginning survey , she gets the data that the syllabus in MAN I Yogyakarta tents to use the Qiro’ah and Tarjamah method/Translation method. And it still uses the method and facilities that are not various.
The proposed syllabus planning in this research is syllabus based on competence for class XI second semester that covers all of syllabus elements. They are the competence standard, the basic competence, the main material, the learning activity, the indicator, the evaluation, the time allocation, the source allocation and the learning facility.
The result of evaluation from two Arabic language teaching experts and four Arabic language teachers of MAN I Yogyakarta shows that the syllabus that is arranged by the researcher is suitable with the standard on KTSP. It is more various in the use of method and media so that it is hoped that the aim of Arabic language learning in MAN I Yogyakarta can be reached and the students more feel interested and spirited in following the Arabic language learning.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Murtadho, Nurul and Bakheet, Bakri Mohammed | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | تطوير; الخطة الدراسية; تعليم اللغة العربية; Pengembangan; Silabus; Pengajaran Bahasa Arab; Development; Syllabus; Arabic language teaching | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab | |||||||||
Depositing User: | Mohammad Syahriel Ar | |||||||||
Date Deposited: | 30 Mar 2017 15:54 | |||||||||
Last Modified: | 29 Dec 2017 14:22 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/6132 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |