Khotimah, Khusnul (2009) تصميم كراسة التدربات لتنمية مهارة الكلام: بالتطبيق على مدرسة خير الدين المتوسطة الإسلامية كونداع لاجي مالانج جاوى الشرقية. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
07930038.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (10MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Drill merupakan kumpulan berbagai jenis soal yang menuntut siswa untuk dapat menyelesaikannya dengan benar. Drill sangat penting untuk membantu siswa agar lebih memahami, dan mengingat apa yang telah dipelajari dalam pikirannya. Oleh karena itu drill sangat dibutuhkan dalam suatu pembelajaran, termasuk pembelajaram ketrampilan berbicara, karena berbicara merupakan suatu ketrampilan yang menuntut banyak latihan / drill agar siswa terbiasa dalam mengucapkan huruf atau kata – kata arab dengan baik dan benar dan mampu berbicara bahasa arab dengan baik, akan tetapi drill tersebut kurang diperhatikan dalam pengajaran ketrampilan berbicara di MTs Khairuddin.
Berdasarkan hal di atas, maka peneliti akan melakukan penyusunan LKS khusus untuk ketrampilan berbicara yang berisi berbagai jenis soal-soal latihan untuk ketrampilan berbicara. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : M. bagaimana penyusunan soal-soal latihan dalam LKS untuk meningkatkan ketrampilan berbicara?. X. sejauhmana efektifitas LKS tersebut dalam meningkatkan ketrampilan berbicara siswa siswi MTs Khairuddin?.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode R&D dengan langkah-langkah sebagai berikut :M. studi awal (pengumpulan informasi),X . rencana pengembangan,]. pengembangan/desain produk, `. uji pakar, j. perbaikan, m. uji coba, p. perbaikan dan penyempunaan. Setelah langkah-langkah penyusunan tersebut selesai, maka dilakukan ujicoba dengan populasi siswa siswi kelas VII MTs Khairuddin, dengan sample yang dipilih secara acak berjumlah X~ siswa. Penelitian tersebut menggunakan metode X sampel yang terdiri dari kelasa control dan kelas eksperimen dan menggunakan model pre tes dan post test.
Setelah dilakukan uji coba, maka diepoleh hasil sebagai berikut: nilai posttest kelompok control Mm] dan nilai kelompok ekspeiment XX]. setelah dihitung dengan rumus t test dengan menggunakan program SPSS MX maka dipeoleh nilai thitung = m lebih besar dari nilai ttabel = M p]`, dengan taraf signifikansi lebih kecil dari α = ~ ~j. berdasarkan data tersebut maka Ho ditolak, artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok kontrol dan kelompok eksperiment.
ABSTRACT
Drill is collection of various problems that demand student to solve it correctly. Drill is important to help student to understand more what that has been learnt in their mind. Because of that drill is needed in a learning, including speaking skill learning, because speaking is skill that need many exercises / drill so student accustomed to spell letters or words correctly and able to speak in Arabic well, but the drill is given attention less ini the speaking skill at MTs Khairuddin.
Based on background above, than the researcher compiled special LKS for speaking skills that contains many exercises problems for speaking skills. The problem formulation M) how the exercises problems compilation in the LKS to improve the speaking skills X) how far the LKS effectiveness in improving the speaking skills of MTS Khairuddin students?
The used research method is R&D method with the steps as follows: M first study X. planning development, ]. development product /design, `. expert judgment, j. revision, m. experiment, p. revision and completion. After the compilation steps finished, then it should be tested with class VII students of MTs Khairuddin, with random samples of X~ students. The research by using X samples that consist of control class and experiment class by using pre test and post test.
After trial, then the results as follows: the post test of control group Mm] and experiment group value XX], after be calculated by t test formulation by using SPSS MX program then obtained tcalculation = m more than ttable = M3p]`, with significance level ~3~~ lower than α =~3~j, based on the data then Ho was rejected, it meant there was significant differences between control and experiment group.
The matter showed the LKS was effective in improving the student speaking skills of class VII of MTs Khairuddin Gondanglegi.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Jauhar, Nasaruddin Idris and Nur, Syuhadak Sholeh | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | التدربات; تصميم كراسة التدربات; Drill; penyusunan LKS; LKS design | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab | |||||||||
Depositing User: | Mohammad Syahriel Ar | |||||||||
Date Deposited: | 30 Mar 2017 15:53 | |||||||||
Last Modified: | 04 Jan 2018 10:19 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/6131 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |