استخدام الأنشطة اللغوية لتطوير البيئة العربية: بالتطبيق علي معهد دارالاستقامة الإسلامي بوندووسو بجاوى الشرقية

Khairiah, Ivatul (2009) استخدام الأنشطة اللغوية لتطوير البيئة العربية: بالتطبيق علي معهد دارالاستقامة الإسلامي بوندووسو بجاوى الشرقية. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
07930037.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Peningkatan Motivasi Berbicara Bahasa Arab Dengan Menggunakan Panggung Drama Arab.

Lingkungan mempunyai peranan penting dalam pembelajaran bahasa kedua. Lingkungan Bahasa Arab adalah sebuah masyarakat yang di dalamnya terdapat bermacam-macam kegiatan berbahasa arab, baik itu percakapan sehari-hari ataupun kegiatan bahasa yang lain, seperti: latihan berpidato, seminar, proses belajar mengajar, lomba-lomba bahasa, permainan bahasa, dan kegiatan terikat lainnya. Untuk mengembangkan lingkungan bahasa arab di dalam pesantren dibutuhkan adanya penerapan kegiatan bahasa yang lain.

Kegiatan yang akan diterapkan oleh peneliti di pondok pesantren Darul Istiqomah Bondowoso adalah panggung drama untuk meningkatkan motivasi berbicara dengan bahasa arab. Alasan peneliti memilih pondok pesantren ini adalah karena pondok pesantren Darul Istiqomah termasuk pondok pesantren yang maju di Bondowoso.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Kegiatan bahasa apa yang baik untuk mengembangkan lingkungan bahasa arab di pondok pesantren Darul Istiqomah Bondowoso? Dari rumusan masalah ini ada beberapa pertanyaan, yaitu (1) Bagaimana keadaan lingkungan bahasa arab di pondok pesantren Darul Istiqomah Bondowoso?, (2) Apa saja kegiatan bahasa yang sesuai untuk mengembangkan lingkungan bahasa arab menurut para guru dan santriwati di pondok pesantren Darul Istiqomah Bondowoso?, dan (3) Sejauh mana keefektifan kegiatan bahasa panggung drama Arab untuk mengembangkan lingkungan bahasa arab menurut para guru dan santriwati di pondok pesantren Darul Istiqomah Bondowoso?; (A) Sejauh mana keefektifan kegiatan bahasa panggung drama Arab dalam meningkatkan kemampuan mendengar?; (B) Sejauh mana

keefektifan kegiatan bahasa panggung drama Arab dalam meningkatkan kemampuan berbicara?; (C) Sejauh mana keefektifan kegiatan bahasa panggung drama Arab dalam meningkatkan kemampuan membaca?; (D) Sejauh mana keefektifan kegiatan bahasa panggung drama Arab dalam meningkatkan kemampuan menulis?

Metode penelitian yang digunakan adalah Metode Experimen. Populasi dan sampelnya adalah semua santriwati pondok pesantren Darul Istiqomah kecuali kelas tiga biasa (MTs kelas 3) dan kelas enam (MA kelas 3) dengan jumlah 75 santriwati. Instrument penelitian yang digunakan adalah observasi, wawancara dan angket. Sumber data penelitian ini adalah para guru bahasa arab, penanggung jawab bagian bahasa dan santriwati .

Hasil penelitian ini terangkum sebagaimana berikut: (1) keadaan lingkungan bahasa arab di pondok pesantren Darul Istiqomah Bondowoso ada dua macam; lingkungan formal dan non formal. (2) kegiatan bahasa yang sesuai untuk mengembangkan lingkungan bahasa arab menurut para guru dan santriwati di pondok pesantren Darul Istiqomah Bondowoso adalah semua kegiatan yang sudah berjalan di pondok, dan apabila memungkinkan dengan mengupayakan kegiatan bahasa lain yang menyenangkan yang belum dilaksanakan di pondok guna meningkatkan motivasi santriwati dalam berbicara dengan menggunakan bahasa arab, dan (3) Kegiatan bahasa panggung drama Arab efektif untuk mengembangkan lingkungan bahasa arab menurut para guru dan santriwati di pondok pesantren Darul Istiqomah Bondowoso. (A) kegiatan bahasa panggung drama Arab efektif dalam meningkatkan kemampuan mendengar; (B) kegiatan bahasa panggung drama Arab efektif dalam meningkatkan kemampuan berbicara; (C) kegiatan bahasa panggung drama Arab efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca; (D) kegiatan bahasa panggung drama Arab efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis.

ABSTRACT

Milieu has an important role in teaching Arabic as a second language. Arabic milieu is a society of which any activities use Arabic as a communication language in their daily live such as speak practices, seminar, teaching and learning process , language contest, language game and other related activities. Therefore, It is needed to implement other activities in order to develop Arabic milieu in Islamic Boarding school.

The researcher activity plan that will be implemented in the “Darul Istiqomah” Islamic boarding school is a stage drama. The reason in choosing this boarding school because “Darul Istiqomah “ is one of the modern Islamic boarding school in Bondowoso. This activity is aimed to improve motivations in speaking with Arabic.

The problem deduction in this research are: (1). What kind of Arabic milieu in this boarding school.(2). What sort of activities that appropriate to improve better Arabic milieu according to teacher and girl students (“santriwati”).(3). How effective Arabic drama to improve Arabic milieu according teacher and girl students(“santriwati”). The objectives of this research is obtain the picture of (A) How effective Arabic drama to improve santriwati of Darul Istiqomah in listening ability?; (B). How effective Arabic drama to improve santriwati of Darul Istiqomah in speaking ability?; (C). How effective Arabic drama to improve santriwati of Darul Istiqomah in reading ability?; (D) How effective Arabic drama to improve santriwati of Darul Istiqomah in writing ability?

The research methodology is experimental method. Population and sample of 75 students are taken from all santriwati of Darul Istiqomah except third grade of

regular class(the third grade of Islamic Junior School) and The sixth grade(the third grade of Islamic High School) with number. The research instruments are observation, interview and questionnaires. The sources of research data are Arabic teachers, Person in Charge(PIC) of Arabic and santriwati.

The results of this research are concluded as follows (1). There are two types Arabic milieu in this boarding school : Formal and Non Formal.(2). All activities are already commenced in this boarding school appropriately to improve better Arabic milieu. If possible, It must be developed any other language activities that are enjoyable and never been run before in the boarding school in order to improve motivations of santriwati in speaking with arabic.(3). Arabic Drama is effective to improve Arabic milieu according teacher and girl students(“santriwati”); (A) Arabic Drama is effective to improve santriwati of Darul Istiqomah in listening ability; (B). How effective Arabic drama to improve santriwati of Darul Istiqomah in speaking ability; (C). How effective Arabic drama to improve santriwati of Darul Istiqomah in reading ability; (D) How effective Arabic drama to improve santriwati of Darul Istiqomah in writing ability.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Syuhadak, Syuhadak and Mahmoud Adam Ibrahim, Faisal
Keywords: الأنشطة اللغوية; البيئة العربية; Kegiatan Berbahasa; Lingkungan Bahasa Arab; Panggung Drama; Language activities; Arabic milieu; Stage Drama; motivation
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mohammad Syahriel Ar
Date Deposited: 30 Mar 2017 08:53
Last Modified: 30 Mar 2017 08:53
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/6130

Actions (login required)

View Item View Item