فعالية المدخل التقني في ترقية مهارة الاستماع: بالتطبيق على معهد عاله الإسلامي السلفي بورواساري باسوروان جاوا الشرقية

Rizal, Hasan Syaiful (2009) فعالية المدخل التقني في ترقية مهارة الاستماع: بالتطبيق على معهد عاله الإسلامي السلفي بورواساري باسوروان جاوا الشرقية. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
07930036.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Pondok Pesantren Ngalah Sengonagung Purwosari Pasuruan adalah salahsatu dari sekian pesantren di Pasuruan yang memiliki program khusus pengajaran Bahasa Arab sejak tahun 2007. Model dan metode pengajaran yang digunakan adalah model qowaid-tarjamah yang mana hal ini tidak begitu efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam keterampilan berbahasa mereka, terutama dalam keterampilan menyimak.

Tujuan-tujuan penelitian ini adalah mengetahui tingkat efektifitas pendekatan berbasis media dalam meningkatkan keterampilan menyimak siswa yang meliputi; kemampuan mengidentifikasi suara Arab dan perbedaan- perbedaannya yang bermakna, kemampuan mengidentifikasi harokat panjang dan pendek, kemampuan mengidentifikasi suara-suara yang hampir sama dalam pengucapan, dan kemampuan mengidentifikasi tasydid dan tanwin.

Pendekatan yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen pretes-postes pada satu sampel (pretest-posttest in one group).

Sedangkan instrumen penelitian yang digunakan untuk penggalian data adalah observasi, dokumentasi, dan tes (pretes dan postes).

Dari hasil penelitian didapatkan bahwa pengajaran menyimak dengan pendekatan berbasis media memiliki signifikansi yang tinggi dalam meningkatkan keterampilan menyimak siswa. Hal ini didasarkan pada hasil akhir t hitung yang berjumlah 6,706 kemudian dipadukan dengan tabel distribusi t dengan db 19 dan tingkat kepercayaan 99% didapatkan t tabel sejumlah 2,861. Dengan demikian, disimpulkan bahwa tingkat efektifitas pengajaran menyimak dengan pendekatan berbasis media memiliki tingkat signifikansi 99% dengan taraf perbedaan 3,865.

ABSTRACT

Ngalah as one of Islamic boarding houses in Pasuruan that has a Language Program for Arabic Teaching since 2007. The basically problem that occurred in this program is the method that used is not effectively to improve student achievements of language, especially in listening achievement.

The objectives of this research are to know the effectively of media-based approach in listening achievement teaching to improve student's listening achievements, and they are; the student’s achievement to identify sounds of Arabic language that have mean, the student’s achievement to identify sounds of vocal and consonant, the student’s achievement to identify sounds that have most similar pronunciation, and the student’s achievement to identify tasydid and tanwin.

This research used quantitative approach, and the type was experiment research with pretest-posttest in one group.

The instruments that used in this research are observation, documentation, and test (pretest and posttest).

The result of this research is concluded that teaching and learning process though media-based approach is effective to improve language achievement especially listening, because the result from quantification of t test are 6,706. Based the distribution of t table with confidence level 99% with defiance (df) 19 obtained t table 2,861. Based this quantity, this research conclude that teaching and learning process though media-based approach is effective with degree of significance 99% with difference 3,865.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Idris Jauhar, Nasaruddin and Mahmoud Adam Ibrahim, Bakry
Keywords: فعالية; مهارة الاستماع; المدخل التقني; Efektifitas; Keterampilan Menyimak; Pendekatan Berbasis Media; Effectively; Listening Achievement; Media-Based Approach
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mohammad Syahriel Ar
Date Deposited: 30 Mar 2017 08:52
Last Modified: 30 Mar 2017 08:52
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/6129

Actions (login required)

View Item View Item