المواد التعليمية تصميمها وفعالية استخدامها في تدريس مهارة الكلام: بالتطبيق على مدرسة المعارف الثانوية سنجاساري مالانج, جاوا الشرقية

Djupri, Ghoziadin (2009) المواد التعليمية تصميمها وفعالية استخدامها في تدريس مهارة الكلام: بالتطبيق على مدرسة المعارف الثانوية سنجاساري مالانج, جاوا الشرقية. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
07930035.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

Madrasah Aliyah Almaarif Singosari Malang mempunyai tanggung jawab besar untuk mensukseskan para siswa dalam mengajarkan bahasa Arab. Mayoritas siswa di madrasah tersebut mampu membaca dan menulis dengan mudah, namun mereka tidak mampu berbicara bahasa Arab dengan baik. Faktor penyebabnya adalah karena materi ajar untuk mengajar keterampilan berbicara sangatlah kurang di dalam buku ajar yang ditentukan.

Peneliti mencoba menyusun materi ajar untuk keterampilan berbica berdasar Kurikulum 2008 / Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan mempraktekannya di Madrasah Aliyah Almaarif Singosari Malang.

Tujuan penelitian ini adalah untuk menyusun materi ajar dalam mengajar keterampilan berbicara, mempraktekkannya, dan mengetahui efektifitasnya berdasarkan KTSP di Madrasah Aliyah Almaarif Singosari Malang dengan mengunakan perndekatan kuantitatif dan metode eksperimen.

Hasil yang dicapai adalah bahwa menggunakan materi ajar dalam mengajar keterampilan berbicara berdasarkan KTSP efektif untuk mengem-bangkan keterampilan berbicara bagi siswa pada kelompok eksperimen. Oleh karena itu, menggunakan materi ajar dan mempraktekannya dalam mengajar keterampilan berbicara berdasarkan KTSP sesuai dengan madrasah ini untuk meningkatkan keterampilan berbicara berdasarkan KTSP bagi siswa.

Berdasarkan itu, maka saran peneliti adalah (1). Hendaknya pengajar menggunakan materi ajar dalam mengajar keterampilan berbicara berdasarkan KTSP untuk meningkatkan keterampilan berbicara, (2). Hendaknya pengajar menciptakan suasana yang menyerangkan dalam mengajar bahasa Arab, supaya siswa senang mengemukakan pembicaraan, (3). Hendaknya pengajar mempraktekkan methode yang menyenangkan dan pendekatan yang mudah dalam menggunakan materi ajar untuk mengajar keterampilan berbicara berdasarkan KTSP.

Usulan peneliti adalah (1). Sebaiknya bagi para peneliti berikutnya melakukan penelitian tentang materi ajar pada setiap keterampilan bahasa seperti mendengar, membaca dan menulis, karena materi ajar untuk pengajaran bahasa Arab bagi bukan penutur asli sangat jarang, (2). Sebaiknya bagi pengajar ikut serta bersama para ahli untuk menyusun kurikulum dan menyusun materi ajar pada keterampilan bahasa bagi bukan penutur asli, agar kiranya kurikulum dan KTSP sesuai dengan harapan siswa pecinta bahasa al-Qur an.

ABSTRACT

Islamic Senior High School of Almaarif Singosari Malang has a responsibility to become success all the students in teaching of speaking skill. More of the students of Islamic Senior High School of Almaarif Singosari Malang has the capability to read and write Arabic easily, but they have not capability to speak Arabic fluently. One of the courses is that the materials instruction to teach speaking skill on text-book are very little.

The researcher tried to prepare the materials instruction of speaking skill based on the new curriculum 2008 which is called KTSP, tried to practice them, and tried to know the effective of them on Islamic Senior High School of Almaarif Singosari Malang.

The research purposes are preparing materials instruction of speaking skill based on the new curriculum 2008 (KTSP), practicing them and knowing them in Islamic Senior High School of Almaarif Singosari Malang by using quality approach and experiment research.

The result of this research is that using materials instruction to teach speaking skill based on new curriculum 2008 is effective to improve speaking skill of students in experiment group. So using materials instruction and practicing them to teach speaking skill based on new curriculum 2008 is suitable with this School to improve speaking skill.

Based on this statement, there many advices, namely: (1).The teacher should use materials instruction in teaching of speaking skill based on new curriculum 2008 (KTSP) to improve the speaking skill, (2). The teacher should make the comfortable situations in teaching of speaking skill until the students like speaking easily, (3). The teacher should practice the comfortable method and easy approach by using materials instruction in teaching of speaking skill based on new curriculum 2008 (KTSP).

There many suggestions, namely: (1).The next researchers should research about all of language skills (listening, reading, and writing) for not Arabic native speakers, because the materials instructions are very little, (2). Some of the teachers should participate the expects to prepare the next curriculum and materials instruction according to the students wants.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Ainin, Mohammad and Mujab, Mujab
Keywords: تصميم لمواد التعليمية; تدريس مهارة الكلام; Penyusunan Materi Ajar; Pengajaran Keterampilan Berbibara; Preparing Materials Instruction; Teaching of Speaking Skill
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mohammad Syahriel Ar
Date Deposited: 30 Mar 2017 08:47
Last Modified: 30 Mar 2017 08:47
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/6128

Actions (login required)

View Item View Item