إعداد المواد التعليمية لترقية مهارة الكلام لتلاميذ المرحلة الثانوية

Zamroni, Anang (2009) إعداد المواد التعليمية لترقية مهارة الكلام لتلاميذ المرحلة الثانوية. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
07930033.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK

Madrasah Aliyah Takeran Magetan mengikuti Kurikulum 2008 untuk Madrasah Aliyah yang telah ditetapkan Departemen Agama yaitu Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan atau yang lebih lazim disebut (KTSP). Namun demikian, kenyataan yang terjadi bahwa pengajaran Bahasa Arab di Madrasah ini masih menggunakan buku ajar yang berisikan teks-teks bacaan yang terdapat dalam kurikulum lama. Menurut hemat peneliti bahwa isi dari buku yang digunakan kurang menarik minat siswa dan hanya menekankan satu ketrampilan yaitu “ketrampilan membaca” dan kurang memperhatikan aspek kemahiran berbahasa secara yang lain secara proporsional apalagi ketrampilan berbicara.

Melihat permasalahan di atas peneliti bermaksud menyusun materi pelajaran untuk meningkatkan kemahiran berbicara pada siswa MAN Takeran.

Penelitian ini bertujuan untuk menyusun buku ajar bagi siswa kelas X Madrasah Aliyah dalam rangka meningkatkan ketrampilan berbicara, dengan memperhatikan aspek-aspek pengetahuan yang dibutuhkan, latar belakang dan tingkat kemampuan berbahasa mereka.

Pendekatan penelitian yang digunanakan dalam penilitian ini adalah pendekatan kulitatif-kuantitatif. Adapun jenis penelitian ini adalah termasuk bagian dari penelitian “Reseach & Development.

Hasil dari penelitian ini adalah 1). Tersusunnya buku ajar untuk maharah kalam bagi siswa Madrasah Aliyah kelas X semester II 2). Mengetahui bagaimana cara penggunaan buku ajar dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan ketrapmilan berbicara. 3). Bahwa dengan buku ajar yang telah disusun proses belajar- mengajar memiliki efektifitas di dalam peningkatan keterampilan berbahasa yakni dalam keterampilan berbicara, dan keberhasilan yang dicapai para siswa di dalam peningkatan kemampuan berbicara sangat baik.

Saran peniliti bagi para guru bahsa Arab khususnya di Madrasah Aliyah Takeran serta bagi para peniliti yang selanjutnya: 1) mengkaji dan merencanakan ulang tujuan-tujuan umum pengajaran bahasa Arab yang sesuai bagi para siswa, tingkat kebutuhan mereka, dan lingkungan pengajaran, (2) menyiapkan dan mengembangkan materi-materi pelajaran yang sesuai dengan tujuan-tujuan yang telah ditetapkan dengan selalu memperhatikan kebutuhan dan minat siswa. 3) Bagi para peliti selanjutnya untuk meneruskan penelitan ini dengan menyusun buku ajar yang lebih baik untuk meningkatkan kemampuan berbahasa siswa dan ketrampilan berbicara khususnya.

ABSTRACT

Islamic Senior High school (MAN) Takeran Magetan uses curriculums decided by Department of Religious Affairs and nowadays the school has been using curriculum which is called KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan). Meanwhile, in Arabic language study teachers still use a book teaching which contains existing items in old curriculum (2004) that uninviting to student desire. As Researcher known that most of all the text just aimed for increasing to only one of fourth competency “qiraah” and disregarded to another language skills especially speaking skill among student.

Speaking skills was one of more important aims in study of a foreign language and seems to be a main goal that’s every teacher has to increase it. And it wouldn’t come true when they never prepare a good material and use a good method in their teaching activity.

Based on the problem happened in MAN Takeran, researcher wish to compile a materials instruction intended to improve speaking skills and competency among student.

This research used qualitative-quantitative approach, and the type of was a kind “Research and Development”.

Research's objectives are (1) to prepare Instruction-Matter for improving student's speaking skill, (2) to know how to implement instruction-matter in increasing and improving speaking skill among students, (3) to know the effectiveness of instruction-matter in speaking skill.

This research came to conclusion that preparing of good Instruction-Matter for improving student's speaking skill is effective in improving language skill especially speaking, because many of student's feel more enjoyment when they learn something related with their need and situation.

There are suggestions for the school and it's Arabic teachers : (1) rearrange the objectives of Arabic lesson, based on need analysis, (2) prepare a good teaching materials, (3) improve teaching–learning process through improving teachers quality.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Hiwayatullah Ahmad, Saeed and Masyhudi, Mujab
Keywords: مهارة الكلام ;إعداد; مواد التعليمية; Penyusunan; Materi Ajar; Keterampilan Berbicara; Preparing; Materials Instruction; Speaking Skill
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mohammad Syahriel Ar
Date Deposited: 30 Mar 2017 08:47
Last Modified: 30 Mar 2017 08:47
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/6126

Actions (login required)

View Item View Item