Pemikiran Hasan Langgulung tentang pendidikan keluarga Islam dan relevansinya pada masyarakat modern

Fatimah, Nur (2016) Pemikiran Hasan Langgulung tentang pendidikan keluarga Islam dan relevansinya pada masyarakat modern. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
14771010.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA:

Masyarakat modern merupakan masyarakat dimana teknologi dan komunikasi berkembang pesat pasca periode industri. Perkembangan modernisasi ini tidak hanya memberi dampak positif bagi masyarakat akan tetapi juga memberi dampak negatif. Sebagian dari dampak negatif modernisasi adalah kemerosotan moral, kepribadian pecah dan pola hidup matrealistik. Tidak dapat dipungkiri bahwa problematika yang terjadi di masyarakat modern ini juga bersumber dari interaksi dalam keluarga. oleh karena itu, untuk menanggulangi problematika tersebut, keluarga memegang peranan penting dan dituntut untuk menjalankan tangggung jawabnya dalam mendidik dan mengasuh anak. Karena, Apabila keluarga baik maka masyarakat pun akan baik pula dan sebaliknya.

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pemikiran Hasan Langgulung tentang Pendidikan Keluarga Islam dengan sub fokus: (1) Bagaimana pemikiran Hasan Langgulung tentang konsep pendidikan keluarga Islam terkait tanggung jawab, metode dan pola asuh keluarga Islam; dan (2) Bagiamana implikasi pemikiran Hasan Langgulung tentang pendidikan keluarga Islam di masyarakat modern.

Penelitian ini merupakan penelitian pustaka (library research), dengan pendekatan kualitatif deskrtiptif. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, content analysis dan analisis interpretatif.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) pendidikan keluarga Islam mencakup tiga hal yaitu: (a) Tanggung jawab pendidikan keluarga menurut Hasan Langgulung meliputi enam bidang, yaitu pendidikan jasmani dan kesehatan, pendidikan intelektual, pendidikan psikologikal dan emosi, pendidikan agama, pendidikan akhlak, serta pendidikan sosial. (b) Hasan Langgulung berpendapat bahwa metode Pendidikan yang dapat digunakan dalam keluarga mencakup metode keteladanan, metode nasehat, metode perhatian, dan metode hukuman. (c) pola asuh yang dinjurkan oleh Hasan Langgulung adalah pola asuh demokratis. (2) Adapun pemikiran Hasan Langgulung mengenai pendidikan keluarga relevan apabila diaktualisasikan di masyarakat modern.

ENGLISH:

Modern society is a society which has vastly developed in technology and communicationafter industrial period. The development of modernization does not only give positive influence but also negative impact to the society. Some of the negative impacts of modernization are moral degradation, split personality, and materialistic pattern of life. Moreover, it cannot be denied that the problems occurred within the modern society is rooted in the interaction within family. Thus, family holds a vital role and is demanded to do the responsibility in educating and nurturing children in order to prevent the problems to arise. It is caused by the idea that the society will be good if the family is doing good and vice versa.

This study aims to reveal Hasan Langgulung’s thinking about Islamic Family Education with the sub focuses: (1) How is Hasan Langgulung’s thinking on the concept of Islamic Family Education as related to responsibility, method, and parenting pattern of Islamic Family; (2) How is the relevance of Hasan Langgulung’s thinking on Islamic Family Education in modern society.

This study is categorized into library research using descriptive-qualitative approach. It employs descriptive, content, and interpretative analysis as the data analysis techniques.

The results of this study indicate: (1) Islamic Family Education covers three elements, namely: (a) the responsibility of family education, according to Hasan Langgulung, comprises six fields including health and physical education, intellectual education, emotional and psychological education, Islamic education, moral education, and social education. (b) Hasan Langgulung opines that the education method that can be applied in family involves the method of giving exemplary, advice, attention, and punishment. (c) According to Hasan Langgulung, the parenting pattern of Islamic family is a democratic parenting pattern. (2) Hasan Langgulung’s thinking concerning the family education is relevant if it can be actualized within the modern society.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Hady, Samsul and Barizi, Ahmad
Keywords: Pendidikan Keluarga Islam; Masyarakat Modern; Relevansi; Islamic Family Education; Modern Society; Relevance
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Imam Rohmanu
Date Deposited: 30 Mar 2017 04:30
Last Modified: 30 Mar 2017 04:30
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/6123

Actions (login required)

View Item View Item