Rahman, Abdul (2009) تعليم مهارة الكلام باستخدام كتاب المفردات للبيئة العربية: بالتطبيق علي معهد دار التقوى سينجون أكونج بورواساري باسوروان جاوى الشرقية. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
07930031.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (30MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Pondok Pesantren Darut Taqwa Sengonagung Purwosari Pasuruan adalah salahsatu pesantren yang mulai dirintis pembelajaran keterampilan berbicara dan pembentukan “bi’ah ‘arabiah” dengan upaya-upaya menumbuhkan minat santri yang belum terbiasa berbicara bahasa Arab dengan metode yang menyenangkan, karena problem-problem pada program ini adalah lemahnya kemampuan santri sebab minimnya kosakata dan kurangnya praktek dalam berbicara. Melihat problematika tersebut peneliti memfokuskan pada metode penyampaian buku kosakata ”bi’ah Arabiah” dengan nadhom, melagukan dam pengulangan. Dan pengoptimalan metode dengan penggunaan buku kosakata ini cocok untuk santri pondok Salaf tingkat pemula.
Rumusan penelitian ini adalah : 1) Bagaimana penerapan pembelajaran keterampilan berbicara dengan menggunakan buku kosakata “bi’ah ‘arabiah” dari segi metode di Pondok Pesantren Darut Taqwa Sengonagung Purwosari Pasuruan?, 2) Sejauh mana efektifitas penggunaan buku kosakata “bi’ah ‘arabiah” untuk meningkatkan perbendaharan kata?, 3) Sejauh mana efektifitas penggunaan buku kosakata “bi’ah ‘arabiah” untuk meningkatkan pelafalan?, 4) Sejauh mana efektifitas penggunaan buku kosakata “bi’ah ‘arabiah” untuk meningkatkan pengungkapan yang jelas?”
Pendekatan penelitian di dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen pada satu sampel. Populasi dari penelitian ini adalah santri-santri asrama ”A” tahun 2008-2009. Adapun instrumen penelitian ini adalah wawancara, angket dan tes (pretes dan post test).
Dari hasil penelitian didapatkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan buku mufradat “bi'ah 'Arabiah mempunyai efektifitas yang tinggi dalam meningkatkan keterampilan berbicara para santri =Hal ini didasarkan pada hasil akhir t hitung yang berjumlah 3,67 kemudian dipadukan dengan tabel distribusi t dengan db 11 dan tingkat kepercayaan 99% didapatkan t tabel sejumlah 3,106. Dengan demikian, disimpulkan bahwa tingkat efektifitas pembelajaran dengan menggunakan buku mufradat “bi'ah 'Arabiah memiliki tingkat signifikansi 99% dengan taraf perbedaan 0,56.
ABSTRACT
Darut Taqwa as one Islamic boarding school in Sengonagung Purwosari Pasuruan which since 2007 has a special program of learning Arabic and the establishment of "bi'ah 'arabiah". The problems in this program are weakness and lack ability of students, weak of vocabulary and lack ability in speaking, and practicing in their daily life.
Problem statement of this research are: 1) How is the application of the skills of learning to speak using the vocabulary book "bi'ah 'arabiah" in terms of the method in the Darut Taqwa Islamic boarding school at Sengonagung Purwosari Pasuruan, 2) The extent to which the effectiveness of the use of vocabulary books "bi'ah' arabiah "to increase enlarge of words?, 3) The extent to which the effectiveness of the use of vocabulary book" bi'ah 'arabiah "to improve pronunciation?, 4) The extent to which the effectiveness of the use of vocabulary book" bi'ah' arabiah "to improve the disclosures that clearly?".
Research approaches used by researchers in this research is the quantitative approach. The type of research is an experiment. Subject of this research was students at “A” building in academic year 2008/2009. Instruments for this research were interview, questionnaire and test (pretest and post test)
From the results of the research established that learning to use vocabulary book "bi'ah 'Arabiah have a high effectiveness in improving the skills of students speaking. This is based on the results of calculating the final t of 3.67 and then combined with the t distribution table with 11 db and 99% level of trust established a number of table t
3.106. Thus, concluded that the level of effectiveness of learning using vocabulary books "bi'ah 'Arabiah have a 99% level of significance with the difference in the extent
0.56.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Nur, Syuhadak Sholeh and Masyhudi, Muhammad Mujab | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | تعليم مهارة الكلام; كتاب المفردات للبيئة العربية; Pembelajaran Keterampilan Berbicara; Penggunaan buku mufradat “bi’ah ‘Arabiah”; Teaching Speaking Skills; Use of the Vocabulary book "bi'ah 'Arabiah" | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab | |||||||||
Depositing User: | Mohammad Syahriel Ar | |||||||||
Date Deposited: | 29 Mar 2017 16:54 | |||||||||
Last Modified: | 04 Jan 2018 10:19 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/6120 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |