Rosanita, Devi (2016) Persepsi guru pendidikan agama Islam tentang radikalisme agama: Studi multisitus di Sekolah Menengah Atas Negeri 1, Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 dan Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Mojokerto. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
14771043.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Indonesia merupakan negara multikultural terbesar, terdiri atas kelompok-kelompok etnis, budaya, agama yang masing-masing plural (jamak) dan heterogen, namun keberagaman tersebut dapat menimbulkan konflik antar kelompok. Kecenderungan untuk melakukan thruth claim (mengklaim sebagai yang paling benar) dalam agama menjadi pemicu konflik kelompok agama yang kemudian melakukan tindakan kekerasan atas nama agama dengan istilah radikalisme agama. Lembaga pendidikan dituduh menjadi bagian gembong kelompok radikal dan sumber penyebaran paham radikal. Hal ini tidak terlepas dari persepsi guru PAI sebagai sumber pengetahuan dalam pembelajaran. Dalam penelitian ini ada tiga tujuan yang dicapai, yaitu: (1) Memahami dan mendeskripsikan persepsi guru PAI tentang radikalisme agama; (2) Menemukan dan mendeskripsikan Faktor yang Mempengaruhi Persepsi Guru PAI SMAN 1, SMKN 1 dan MAN 1 Kota Mojokerto tentang Radikalisme Agama; dan (3) Menemukan dan mendeskripsikan Upaya preventif guru PAI dalam menangkal radikalisme agama di SMAN 1, SMKN 1 dan MAN 1 Kota Mojokerto.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus dan rancangan studi multisitus. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis secara berulang-ulang melalui analisis dalam kasus tunggal dan lintas kasus. Teknik analisis data dengan menggunakan teknik deskriptif melalui Analysis Interactive Model, yang terdiri dari koleksi data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Adapun teknik pengecekan keabsahan data dilakukan melalui credibility, transferability, dependabilty, dan konfirmability
Ada tiga hasil temuan yang diperoleh yaitu, Persepsi guru PAI tentang radikalisme agama di SMAN 1, SMKN 1 dan MAN 1 Kota Mojokerto dapat dikategorikan sebagai berikut: (a) radikalisme agama dipandang sebagai pemikiran (b) radikalisme agama dipandang sebagai aksi. (2) Faktor yang Mempengaruhi Persepsi Guru PAI SMAN 1, SMKN 1 dan MAN 1 Kota Mojokerto tentang Radikalisme Agama mengategorikan menjadi dua yaitu Faktor yang bersumber dari pemersepsi (guru PAI) dan situasi. Dan (3) Upaya preventif guru PAI SMAN 1, SMKN 1 dan MAN 1 Kota Mojokerto terhadap isu radikalisme agama pada peserta didik dibagi menjadi dua ruang lingkup yaitu di dalam kelas dan luar kelas. Lingkup kelas ada tiga upaya yaitu (a) materi mata pelajaran pendidikan agama Islam tentang isu radikalisme agama telah dibahas oleh guru di dalam kelas, (b) metode pembelajaran beragam dengan mengangkat isu radikalisme agama dan toleransi di masyarakat, guru menggunakan metode pembelajaran yaitu ceramah, tanya jawab, sosiodrama dan praktek, (c) pengetahuan peserta didik tentang radikalisme agama beragam dan dinamis. Sedangkan . Lingkup luar kelas upayanya ada (a) do’a sebelum dan sesudah belajar, (b) pelaksanaan shalat berjamaah, (c) ekstrakurikuler keagamaan, (d) satuan tugas anti kekerasan, (e) menciptakan toleransi di sekolah.
ENGLISH:
Indonesia is the biggest multicultural country consisting of plural and heterogeneous ethnic, cultural, and religious groups. However, the plurality may lead to conflicts among them. The tendency to conduct truth claim (claim to be the right one) in religion triggers conflict among religious groups which conduct anarchy on the behalf of their religion called religious radicalism. Educational institutions are accused as a part of radical groups which spread radicalism. It is inseparable from the perception of Islamic education teachers who becomes the source of knowledge in the learning process. The study aims to (1) understand and describe the perception of Islamic education teacher on religious radicalism; (2) Find out and describe the factors influencing the perception of Islamic education teachers of SMAN 1, SMKN 1 and MAN 1 Kota Mojokerto on religious radicalism; and (3) Find out and describe the ways of the teacher in preventing religious radicalism in SMAN 1, SMKN 1 and MAN 1 Kota Mojokerto.
The research is a multisite study which employs a qualitative approach. It collects the data using interview, observation, and documentation. The data is analyzed repeatedly by using single case and multicase analysis. The analysis employs a descriptive technique of Interactive Model Analysis, consisting of data collection, reduction, presentation, and conclusion. To check the validity, the researcher employs credibility, transferability, dependability, and confirmability
The result of the study shows that the perception of Islamic education teachers of SMAN 1, SMKN 1 and MAN 1 Kota Mojokerto: (a) religious radicalism is seen as a thinking (b) religious radicalism is seen as an action. (2) Factors influencing the perception of teachers of SMAN 1, SMKN 1 and MAN 1 Kota Mojokerto on religious radicalism are from the perception owner (the teachers themselves) and the situation. (3) The teachers try to prevent the issue on their students in the class and outside the class. In the class, (a) the Islamic education teachers discuss religious radicalism issue, (b) the teacher uses various learning method in discussing the issue of religious radicalism and the tolerance in society, such as explanation, question answer session, sociodrama and practice, (c) students have various and dynamic knowledge on religious radicalism. Outside the class, the teachers ask the students (a) to pray before and after the learning process, (b) do congregational prayer, (c) to join religious extracurricular activity, (d) to join anti anarchy taskforce, (e) to create tolerance in the school.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Muslimin, Imam and Masruri, M. Hadi | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | Persepsi; Guru PAI; Radikalisme Agama; Perception; Islamic Education Teacher; Religious Radicalism | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi magister Pendidikan Agama Islam | |||||||||
Depositing User: | Imam Rohmanu | |||||||||
Date Deposited: | 29 Mar 2017 15:46 | |||||||||
Last Modified: | 29 Mar 2017 15:46 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/6118 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |