Inayah, Novita Nur (2016) Pengaruh pendidikan agama Islam di lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, serta lingkungan masyarakat terhadap sikap toleransi beragama Siswa di SMAN 2 dan SMAS PGRI Batu. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
14771042.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) |
Abstract
INDONESIA:
Pendidikan berperan dalam menanamkan rasa dan sikap keberagamaan pada manusia. Dengan kata lain, pendidikan dinilai memiliki peran penting dalam upaya menanamkan rasa keagamaan pada seseorang. Melalui pendidikan pula dilakukan pembentukan sikap keagamaan. Terdapat tiga lingkungan pendidikan yang berpengaruh terhadap pembentukan sikap keberagamaan yaitu: pendidikan keluarga, pendidikan kelembagaan (sekolah), dan pendidikan di masyarakat. Pendidikan agama Islam berperan dalam menanamkan rasa takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan pengembangan rasa kemanusiaan kepada sesama. Dengan pendidikan agama Islam yang baik pada lingkungan keluarga, sekolah serta masyarakat akan mempengaruhi pula sikap toleransi beragama seseorang.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan: (1) menjelaskan pengaruh pendidikan agama Islam di lingkungan keluarga terhadap sikap toleransi beragama siswa di SMAN 2 dan SMAS PGRI Batu, (2) menjelaskan pengaruh pendidikan agama Islam di lingkungan sekolah terhadap sikap toleransi beragama siswa di SMAN 2 dan SMAS PGRI Batu, (3) menjelaskan pengaruh pendidikan agama Islam di lingkungan masyarakat terhadap sikap toleransi beragama siswa di SMAN 2 dan SMAS PGRI Batu, (4) menjelaskan pengaruh pendidikan agama Islam di lingkungan keluarga, sekolah, serta masyarakat terhadap sikap toleransi beragama siswa di SMAN 2 dan SMAS PGRI Batu.
Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket yang terdiri dari variabel pendidikan agama Islam di lingkungan keluarga, pendidikan agama Islam di lingkungan sekolah, pendidikan agama Islam di lingkungan masyarakat, dan sikap toleransi beragama siswa. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 150 orang. Sementara untuk uji hipotesis menggunakan tekhnik analisis regresi linier berganda (multiple regression).
Hasil analisis data membuktikan bahwa (1) ada pengaruh anatara pendidikan agama Islam di lingkungan keluarga terhadap sikap toleransi beragama siswa yang dijelaskan dengan hasil nilai signifikansi t-test yang mempunyai besaran 0,000 (2) ada pengaruh anatara pendidikan agama Islam di lingkungan sekolah terhadap sikap toleransi beragama siswa yang dijelaskan dengan hasil nilai signifikansi t-test yang mempunyai besaran 0,000 (3) ada pengaruh anatara pendidikan agama Islam di lingkungan masyarakat terhadap sikap toleransi beragama siswa yang dijelaskan dengan hasil nilai signifikansi t-test yang mempunyai besaran 0,000 (4) ada pengaruh pendidikan agama Islam di lingkungan keluarga, sekolah, serta masyarakat terhadap sikap toleransi beragama siswa yang dijelaskan dengan hasil uji F yang mempunyai besaran nilai signifikansi 0,036. Adapun besaran pengaruh pendidikan agama Islam di lingkungan keluarga, sekolah, serta masyarakat terhadap sikap toleransi beragama siswa sebesar 5,7% dan 94,3% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain selain ketiga variabel tersebut sebagaimana yang ditunjukkan oleh hasil Uji Anova yang mempunyai besaran R Square sebesar 0,057.
Dengan demikian, pendidikan agama Islam di lingkungan keluarga, sekolah, serta masyarakat secara parsial maupun simultan memiliki pengaruh terhadap sikap toleransi beragama siswa. Sehingga sudah menjadi keharusan bagi para pendidik baik di lingkungan keluarga, sekolah, ataupun masyarakat untuk selalu memperhatikan pendidikan agama Islam yang diberikan guna menumbuhkan sikap toleransi beragama siswa tanpa melupakan faktor-faktor lain yang juga mempengaruhi sikap toleransi beragama siswa.
ENGLISH:
Education has a hole in giving sense and religious behavior to human being. In other word, education has important contribution in effort to give religious sense to someone else. Toward education is acted to form religious behavior. There are three education surroundings that influenced toward in giving religious behavior, there are: family education, organization education (school), and society education. Islamic religion education has function in giving god fearing sense to the God and developing humanism sense to others. By good Islamic religion education in family area, school and society will influence the behavior of someone’s religious tolerance.
The purposes of this research is to explain: (1) explaining the influence of Islamic religion education in family area toward the behavior of students’ religious tolerance at SMAN 2 and SMAS PGRI Batu, (2) explaining the influence of Islamic religion education in school area toward the behavior of students’ religious tolerance at SMAN 2 and SMAS PGRI Batu, (3) explaining the influence of Islamic religion education in society toward the behavior of students’ religious tolerance at SMAN 2 and SMAS PGRI Batu, (4) explaining the influence Islamic religion education in family area, school, and society toward the behavior of students’ religious tolerance at SMAN 2 and SMAS PGRI Batu.
The methodology that used in this research is using quantitative approach. Source of data in this research is using questionnaire that consist of variable of Islamic religion education in family area, Islamic religion education in school area, Islamic religion education in society, and the behavior of students’ religious tolerance. The number of respondent in this research is 150 people. The hypothesis test using multiple regression analysis technique.
The result of data analysis proof that: (1) there is influence between Islamic religion education in family area toward the behavior of students’ religious tolerance that explained with the result of t-test significant value that has number 0,000 (2) there is influence between Islamic religion education in school area toward the behavior of students’ religious tolerance that explained with the result of t-test significant value that has number 0,000, (3) there is influence between Islamic religion education in society toward the behavior of students’ religious tolerance that explained with the result of t-test significant value that has number 0,000 (4) there is influence in family area, school and society toward the behavior of students’ religious tolerance that explained with the result of F-test that has number of significant value 0,036. The number of influence of Islamic religion education in family area, school and society toward the behavior of students’ religious tolerance are 5,7% and 94,3% and the residue are influenced by other variable except three variables that showed by the result of ANOVA test that has number R square 0,057.
According to the explanation above, Islamic religion education in family area, school and society either partially or simultanly have influence toward the behavior of students’ religious tolerance. So, supposed to the students in family area, school and society always to pay attention about Islamic religion education that given for grow the behavior of students’ religious tolerance without forgetting another factors that influenced too the behavior of students’ religious tolerance.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Hasyim, Farid and Mubarok, Zulfi | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | Pendidikan Agama Islam di Lingkungan Keluarga; Lingkungan Sekolah; Lingkungan Masyarakat; Toleransi; Islamic Religion Education in Family Area; School and Society; Tolerance | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi magister Pendidikan Agama Islam | |||||||||
Depositing User: | Imam Rohmanu | |||||||||
Date Deposited: | 29 Mar 2017 15:47 | |||||||||
Last Modified: | 29 Mar 2017 15:47 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/6117 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |