Nurussalihah, Alfin (2016) Implementasi pembelajaran pendidikan agama Islam terhadap anak berkebutuhan khusus di sekolah inklusi: Studi multisitus di SDN Mojorejo 01 dan SDN Junrejo 01 Kota Batu. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
14771015.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Pembelajaran PAI merupakan pembelajaran agama Islam yang terdapat pada sekolah umum. Pihak sekolah berkewajiban untuk memberi pelajaran agama Islam baik kepada anak normal maupun anak berkebutuhan khusus, karena pendidikan agama Islam mempunyai peran penting bagi anak berkebutuhan khusus dalam rangka pembentukan manusia yang Islami. ABK berhak mendapat layanan pendidikan sebagaimana yang didapatkan oleh anak normal, salah satu solusinya yaitu pendidikan inklusi. Pendidikan inklusi menempatkan anak berkebutuhan khusus untuk belajar bersama di sekolah reguler bersama dengan anak-anak normal lain.
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan implementasi pembelajaran pendidikan agama Islam yang diterapkan di SDN Mojorejo 01 dan SDN Junrejo 01, dengan sub fokus mencakup: (1) bagaimana perencanaan pembelajaran pendidikan agama Islam terhadap anak berkebutuhan khusus dalam pendidikan inklusi di SDN Mojorejo 01 dan SDN Junrejo 01, (2) pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam terhadap anak berkebutuhan khusus dalam pendidikan inklusi di SDN Mojorejo 01 dan SDN Junrejo 01 (3) evaluasi pembelajaran pendidikan agama Islam terhadap anak berkebutuhan khusus dalam pendidikan inklusi di SDN Mojorejo 01 dan SDN Junrejo 01.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi multisitus. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara mendalam, obserservasi partisipan, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi 1) analisis data individu yang meliputi reduksi data, data display, penarikan kesimpulan. 2) analisis data lintas situs. Pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan cara perpanjangan keikutsertaan peneliti; teknik triangulasi dengan menggunakan berbagai sumber, teori, dan metode; dan ketekunan pengamatan. Informasi penelitian yaitu kepala sekolah, guru pendidikan khusus, dan guru pendidikan agama Islam.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) perencanaan pembelajaran di SDN Mojorejo 01 dan SDN Junrejo 01 pada kelas inklusi yaitu menggunakan PPI (program pembelajaran Individual), (2) pelaksanaan pembelajaran di SDN Mojorejo 01 dan SDN Junrejo berbeda, untuk SDN Mojorejo 01 menggunakan model kelas khusus, dan untuk di SDN Junrejo 01 ada kelas khusus dan kelas reguler dengan dua tipe anak, yaitu anak berkebutuhan khusus dan anak normal, (3) evaluasi pembelajaran di SDN Mojorejo 01 dan SDN Junrejo 01 evaluasi pembelajaran PAI dilakukan bersama dengan anak normal lainnya, ada perbedaan dalam hal soal yang diberikan apabila siswa berkebutuhan khusus yang tergolong ketunaan berat, untuk siswa ketunaan berat akan di berikan soal sesuai dengan kemampuannya.
ENGLISH:
Islamic Education learning is learning Islam found in public schools. The school is obliged to provide Islamic religious instruction to both normal children and children with special needs, because of Islamic education has an important role for children with special needs in order to establish an Islamic human. Children with Special Needs entitled to education as that obtained by normal children, one solution that is inclusive education. Inclusion by placing children with special needs to learn together in regular schools along with other normal children.
This research aims to reveal the implementation of educational learning of Islam that is applied in SDN Mojorejo 01 and SDN Junrejo 01, with sub focus include: (1) how the lesson plan of Islamic education to children with special needs in inclusive education at SDN Mojorejo 01 and SDN Junrejo 01 , (2) the implementation of learning Islamic education to children with special needs in inclusive education at SDN 01 and SDN Mojorejo Junrejo 01 (3) evaluation of learning Islamic education to children with special needs in inclusive education at Mojorejo SDN 01 and SDN 01 Junrejo.
This research used a qualitative approach to the design of multi-site studies. The data collection was done by using in-depth interviews, obserservasi participants, and documentation. Data analysis techniques include 1) analysis of individual data which include the reduction of data, display data, drawing conclusions. 2) analysis of data across sites. Checking the validity of the findings made by way of an extension of the participation of researchers; triangulation techniques using a variety of sources, theories and methods; and perseverance observation. Information research is the principal, a special education teacher, and a teacher of Islamic education.
The results showed that: (1) the lesson plan in SDN Mojorejo 01 and SDN Junrejo 01 on class inclusion is using LPI (learning programs Individual), (2) the implementation of learning in SDN Mojorejo 01 and SDN Junrejo different, for SDN Mojorejo 01 model uses special classes, and for at SDN Junrejo 01 there are special classes and regular classes with the two types of children, that children with special needs and normal children, (3) evaluation of learning in SDN Mojorejo 01 and SDN Junrejo 01 evaluation Islamic Education learning is done in conjunction with other normal child , there are differences in terms of the given problem when students with special needs are classified as severe disability, severe disability to the student will be given questions according to his ability.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Hasyim, Farid and Mubarok, Zulfi | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam; Anak Berkebutuhan Khusus; Inklusi; Learning Implementation of Islamic Religious Education; Children with Special Needs; Inclusion | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi magister Pendidikan Agama Islam | |||||||||
Depositing User: | Imam Rohmanu | |||||||||
Date Deposited: | 29 Mar 2017 15:47 | |||||||||
Last Modified: | 29 Mar 2017 15:47 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/6114 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |