Latif, Lukman (2016) Pemikiran Imam Al-Ghazali tentang pendidikan akhlak. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
14771005.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) |
Abstract
INDONESIA:
Akhlak merupakan ruh bagi setiap insan. Dengan akhlak, manusia bisa menggapai kebahagiaan. Dan jika kehilangan akhlak, maka ruhani manusia akan mati. Karenanya, akhlak merupakan sesuatu yang sangat penting. Bahkan ia merupakan bagian inti dalam agama islam. Karena keberadaan akhlak yang begitu penting, maka ilmu yang membahas tentang akhlak pun menjadi sangat penting. Bahkan ilmu tersebut termasuk salah satu ilmu yang wajib dipelajari, untuk mewujudkan kesempurnaan akhlak, demi menggapai kebahagiaan yang haqiqi di dunia dan di akhirat.
Adapun tujuan penelitian ini yakni menganalisis dan mengkaji tiga komponen pendididkan akhlak, yaitu tujuan, materi dan metode pendidikan akhlak, yang termuat dalam kitab-kitab Imam Al-Ghazali.
Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan, pengumpulan datanya dilakukan dengan metode dokumentasi yang dibagi menjadi data primer dan sekunder. Sedangkan tekhnik analisisnya menggunakan analisis isi dan interpertasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan akhlak Imam Al-Ghazali bertujuan untuk menggapai Ridho Allah Subhanahu wata’ala. Sedangkan materi pendidikan akhlak yang ditawarkan oleh Imam Al-Ghazali mencakup akhlak terhadap Khalik, akhlak terhadap makhluk, dan akhlak terhadap diri sendiri. Adapun Metode pendidikan akhlak yang dipaparkan oleh beliau diantarnaya: metode ceramah, penuntunan dan hapalan, diskusi, bercerita, keteladanan, demonstrasi, rihlah, pemberian tugas, mujahadah dan riyadhoh, tanya jawab, pemberian hadiah dan hukuman.
ENGLISH:
Morality is the soul of each individual, by obtaining the true human happiness, and by losing it the human spirit die. So morality is important. It is one of the most important things in Islam. Because its presence is important. Education and gilding ethics is one of the most important things, and should be taken care of.
This research is a desk study to know the thought of Imam Al-Ghazali on the objectives of evaluating ethics, morality types and methods of moral education, which can be found in the books of the Imam al-Ghazali.
The result of this research can be conducted that: The purpose of refining ethics when Imam Ghazali is to get the pleasure of Allah Almighty. The material moral education of Al-Ghazali are the morality with God, Moral for human being, and the morality of self. fine tune the way ethics when Imam Ghazali is good advice, indoctrination abstract and imitation, conversation, stories, a good a moral principle, the demonstration, trip, giving exercises, sport, dialogue, enticement and intimidation.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Baharuddin, Baharuddin and Wahyuni, Esa Nur | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | Pendidikan Akhlak; Imam Al-Ghazali; Moral Education; Imam Al-Ghazali | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi magister Pendidikan Agama Islam | |||||||||
Depositing User: | Imam Rohmanu | |||||||||
Date Deposited: | 29 Mar 2017 15:48 | |||||||||
Last Modified: | 29 Mar 2017 15:48 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/6109 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |