Afifah, Afifah (2016) Strategi guru pendidikan agama Islam (PAI) dalam menanamkan nilai-nilai karakter pada siswa: Studi multi kasus di SDI Raudlatul Jannah Sidoarjo dan SDIT Ghilmani Surabaya. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
14771001.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan bahwa penerapan pendidikan karakter kini sudah mulai dicanangkan oleh berbagai lembaga pendidikan mulai dari tingkat dasar hingga menengah maka dari itu perlu diteliti mengenai keberhasilan pada pelaksanaan penerapan pendidikan karakter tersebut. Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) mempunyai kedudukan khusus dalam langkah penanaman nilai-nilai ini untuk menciptakan generasi penerus yang berakhlak mulia, guru dipercaya mampu memberikan kontribusi pada masyarakat. Dalam pembelajaran di kelas, guru berhadapan dengan sejumlah siswa yang semuanya ingin diperhatikan. Siswa akan berkembang secara optimal melalui perhatian guru yang positif, sebaliknya perhatian yang negatif akan menghambat perkembangan siswa.
Adapun tujuan dari penelitian ini pertama, mendeskripsikan nilai-nilai karakter yang ditanamkan guru pendidikan agama islam (PAI) pada siswa di SDI Raudlatul Jannah Sidoarjo dan SDIT Ghilmani Surabaya. Kedua, mendeskripsikan strategi guru pendidikan agama islam (PAI) dalam menanamkan nilai-nilai karakter pada siswa di SDI Raudlatul Jannah Sidoarjo dan SDIT Ghilmani Surabaya. Ketiga, mendeskripsikan proses internalisasi nilai-nilai karakter pada siswa di SDI Raudlatul Jannah Sidoarjo dan SDIT Ghilmani Surabaya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pemaparan informan temuan secara deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini.
adalah dengan observasi partisipan, wawancara mendalam, serta analisis dokumentasi. Mengingat bahwa penelitian ini dilakukan lebih dari satu situs dengan karakteristik beda (multi kasus), maka data yang terkumpul terlebih dahulu dianalisis secara individu, baru kemudian dilakukan analisis data lintas situs.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa dalam penanaman nilai-nilai pendidikan karakter pada siswa guru memiliki strategi khusus dengan cara mengaplikasikan perannya sebagai pendidik, pengajar, pengembang kurikulum, pembaharu, model dan teladan dalam mengintegrasikan nilai-nilai karakter ke keseluruhan mata pelajaran, ke dalam kehidupan sehari-hari, ke dalam program sekolah, dan membangun kerjasama antar sekolah dengan orang tua siswa. Pada proses internalisasi penanaman nilai-nilai karakter pada siswa dengan cara mengembangkan aspek kognitif, afektif dan psikomotorik siswa.
ENGLISH:
This research was motivated by the fact that the implementation of character education is now already launched by various institutions ranging from elementary to middle level and therefore needs to be examined about the success of the implementation of the implementation of character education. Islamic Education Teachers (PAI) has a special status in the step of planting these values to create the next generation morality, teachers believed to contribute to the community. In the classroom, the teacher faced with a number of students who all want to be noticed. Students will develop optimally through positive attention from the teacher, otherwise negative attention will hinder the development of students.
The purpose of this study first, describe the character values instilled Islamic religious education teachers (PAI) to students in SDI Raudlatul Jannah SDIT Ghilmani Sidoarjo and Surabaya. Second, describe the strategy of Islamic religious education teachers (PAI) to instill character values in students in SDI Raudlatul Jannah SDIT Ghilmani Sidoarjo and Surabaya. Third, describe the process of internalization of the values of character in students in SDI Raudlatul Jannah SDIT Ghilmani Sidoarjo and Surabaya.
This study used a qualitative approach with exposure techniques informant descriptive findings. Data collection techniques in this study was the participant observation, in-depth interviews, as well as the analysis of documentation. Given that the study was conducted over a site with different characteristics (multiple cases), then the first data collected is analyzed individually, and then do analysis of data across sites.
The results of this study concluded that the cultivation of the values of character education to the students of teachers have a specific strategy by applying its role as educator, teachers, curriculum developers, innovators, models and exemplary in integrating values into the overall character of subjects, into everyday life, into school programs, and to develop cooperation between schools with parents. In the process of internalizing the planting of character values in students by developing their cognitive, affective and psychomotor student.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Maimun, Agus and Aziz, Rahmat | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | Strategi; Guru Pendidikan Agama Islam (PAI); Karakter; Strategy; Islamic Education Teachers (PAI); Characters | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi magister Pendidikan Agama Islam | |||||||||
Depositing User: | Imam Rohmanu | |||||||||
Date Deposited: | 29 Mar 2017 15:48 | |||||||||
Last Modified: | 29 Mar 2017 15:48 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/6108 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |