Rumainur, Rumainur (2016) Pengembangan media ajar berbasis multimedia autoplay studio 8 dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas XI MA Bilingual Batu Malang. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
13771009.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Kemampuan guru dalam menciptakan suasana pembelajaran yang kondusif, efektif dan menyenangkan merupakan salah satu bagian dari kompetensi profesionalisme pendidik. Pemanfaatan media pembelajaran berbasis multimedia dalam proses belajar mengajar merupakan pilihan utama bagi seorang guru dalam membangkitkan minat, motivasi dan rangsangan kegiataan belajar bahkan membawa pengaruh psikologis terhadap siswa. Hal ini sesuai dengan teori Burner dan Edgar Dale yang menyatakan bahwa penggunaan media pembelajaran yang lebih interaktif akan menikngatkan semangat belajar sehingga siswa merasa senang dan mudah memahami materi pembelajaran.
Salah satu media pembelajaran yang mudah dilakukan oleh guru namun dapat membut suasana belajar lebih interaktif adalah media autoplay. Secara basic media autoplay merupkan perangkat lunak untuk membuat perangkat multemedia dengan mengintegrasikan berbagai tipe media misalnya suara, gambar, film, vidio, teks dan flash kedalam program yg dibuat. Penggunaan alat bantu berupa media pembelajaran yang bersifat interaktif semacam itu akan membantu keefektifan peroses pembelajaran dan penyampaian pesan serta isi pelajaran.
penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan dan kemenarikan penggunaan media autoplay terhadap peningkatan motivikasi belajar siswa. Penelitian ini di lakukan di MA Bilingual Batu karena kegiaatan belajar mengajar (KBM) yang dilaksanakan di sekolah tersebut khususnya pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam telah menggunakan multimetode dan multimedia, hanya saja masih terbatas pada penggunaan medi microsoft power point sehingga masih terkesan kurang efektif.
Adapun jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau yang biasa di sebut dangan research and development. Sedangkan sampel menggunaan metode desain pengembangan Dick and lou carey. Sedangkan sampel yang di ambil oleh siswa kelas XI IPA, dengan menggunakna pola one group pretes and postes desain. Data yang digunakan adalah nilai ulangan harian sebelum dan setelah diberi perlakuan, kemudian dianalisis dengan menggunakan uji t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis multimedia autoplay yang digunakan memiliki tingkat keefektifan dan kemenarikan yang tinggi. Adanya minat dan motivasi belajar yang cukup tinggi menunjukkan adanya ketertarikan siswa yang tinggi pula dalam kegiatan belajar mengajar, khususnya pada saat mata pelajaran SKI. Temuan ini didukung oleh fakta lapangan dimana nilai rata-rata ulangan harian siswa meningkat 18.49% dari 69.96 menjadi 82.90.
ENGLISH:
The ability of teachers to create a learning environment that conducive, effective and fun is one of the profesional competence of educators. The utilization of intructional media based on multimedia in learning activities is the ultimate choicefor a theachert to improe interest, motivation and stimulation of learning activities even bring psychological effect on student. This is in accordance with the Burner and Edgar Dale‟s Theory that stated the use of interactive learning media will be enhance the spirit of learning , so the student can feel happy and easy to understand learning materials.
One of the instructional media that easy to do by the teacher but can create a more interactive learning environment is autoplay. Essentially, the autoplay is software to create multimedia devices that integrate varios types of media such as the sound, picture, movies, vidios, text ana flash. The use of tools such as interactive instructional media will be help the effectiveness of the learning process and the delivery of the message and content of the lesson.
The purpose of this study was to know the grade of effectiveness and attractiveness of the outoplay usage to improved student motivation. This research was conducted in SDI As Salam Malang because the learning activities are carried out in the school, especially in civic education has been using multimetode and multimedia but still limited to use of microsoft power point so that seem less effective.
The research use methods of research and development and the develpoment design model of Dick and Lou Carey, while the sample is taken of the grade 11rd student of MA Bilingual Batu, by using the pattern of one group pretes and postes desain. The data are used daily test values before and after a given treatment, then analyzed by t test.
The research findings show tha using intructional media based on autoplay have the effectifeness and effectiveness are high. The high of motivation indicates that the high of interest student in the learning process too, especially in History of Islamic Culture. This finding is supported by the facts on the ground where the average value of daily test student are 13,59% that from 79.562 into 90.375.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Mulyadi, Mulyadi and Sahlan, Asmaun | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | Pengembangan; Media Pembelajaran; Multimedia Autoplay; Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam; ; Development; Instructional Media; Autoplay Multimedia; History of Islamic Culture | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | |||||||||
Depositing User: | Imam Rohmanu | |||||||||
Date Deposited: | 29 Mar 2017 11:24 | |||||||||
Last Modified: | 29 Mar 2017 11:24 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/6104 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |