Pengembangan pembelajaran media diorama pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) tema lingkungan alam dan lingkungan buatan siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri (SDN) Kepanjen I Jombang

Asiah, Siti (2016) Pengembangan pembelajaran media diorama pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) tema lingkungan alam dan lingkungan buatan siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri (SDN) Kepanjen I Jombang. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
14761032.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Pengembangan media pembelajaran diorama IPS SDN Kepanjen I Jombang ini didasarkan pada beberapa kesenjangan diantaranya(1) 40% siswa belum mencapai KKM IPS, (2)belum tersedianya Pembelajaran media diorama yang membimbing siswa dalam memahami materi lingkungan alam dan lingkungan buatan.

Berdasarkan masalah yang telah dipaparkan, maka pengembangan media pembelajaran diorama menjadi penting dilakukan. Pengembangan ini bertujuanuntuk menghasilkan produk media dioramadengan pendekatan discovery yang valid, efektif, dan menarik untuk siswa kelas III SDN Kepanjen I Jombang.

Pengembangan media diorama ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall. Subyek penilaian untuk penilaian kelayakan media diorama ini yaitu ahli materi, ahli media, ahli pembelajaran, serta siswa kelas III SDN Kepanjen I Jombang. Langkah pokok pada penelitian ini adalah analisis kondisi awal, pengembangan rancangan media diorama, pelaksanaan media diorama, dan penilaian media diorama.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan pembelajaran media diorama tingkat kevalidan materi 89%, kevalidan media diorama 96%, kevalidan pembelajaran 94%. Modul ini terbukti efektif berdasarkan hasil perhitungan independent sample t test thitung (1,71)>ttabel (1,684). Sedangkan tingkat daya tarik siswa menggunakan media diorama terhadap semua komponen mencapai 90% dengan klasifikasi sangat baik. Berdasarkan keseluruhan hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa Pengembangan pembelajaran media diorama telah memenuhi unsur valid, efektif, dan menarik untuk siswa kelas III SDN Kepanjen I Jombang.

ENGLISH:

Development of instructional media diorama Social Science SDN Kepanjen I Jombang is based on some of the gaps including: (1) 40% of students have not yet reached KKM Social Science, (2) the unavailability of Learning media diorama guide students to understand the material of the natural environment and the built environment.

Based on the problems that have been described, the development of instructional media diorama becomes important. This development aims to produce media diorama with a valid discovery approach, effective, and attractive to third grade students of SDN Kepanjen I Jombang.

The development of this diorama media development model Borg and Gall. Subjects ratings for assessing the feasibility of this diorama media are subject matter experts, media specialists, learning experts, as well as third grade students of SDN Kepanjen I Jombang. A fundamental step in this research is the analysis of the initial conditions, the development of the draft media diorama, diorama media implementation, and assessment of media diorama.

The results showed that the development of instructional media diorama material 89% level of validity, the validity media diorama 96%, validity of learning 94%. This module is based on the calculation proved effective independent sample t test t arithmetic (1.71)> t table (1.684). While the level of attractiveness students use media diorama of all components up to 90% with excellent classification. Based on the overall results of the data analysis, we can conclude that the development of instructional media diorama met the element valid, effective, and attractive to third grade students of SDN Kepanjen I Jombang.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Zainuddin, M and Faishol, M.
Keywords: Media Diorama; IPS; Media Diorama; IPS
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Imam Rohmanu
Date Deposited: 29 Mar 2017 04:26
Last Modified: 29 Mar 2017 04:26
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/6102

Actions (login required)

View Item View Item