Permadi, Benny Angga (2016) Pengembangan modul IPA berbasis integrasi Islam dan sains untuk meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas VI MIN Seduri Mojokerto. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
14761005.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) |
Abstract
INDONESIA:
Pengembangan Modul IPA berbasis Integrasi Islam dan Sains di MIN Seduri Mojokerto ini didasarkan pada beberapa kesenjangan meliputi; pertama, hasil belajar IPA siswa kelas VI di MIN Seduri menunjukkan bahwa 30% peserta didik belum mencapai nilai KKM yang telah ditetapkan yaitu 70; kedua, bahan ajar IPA yang telah digunakan tidak memiliki desain yang menarik dan belum ditemukan konsep berbasis integrasi Islam dan sains; ketiga, belum tersedianya bahan ajar yang membimbing siswa untuk memperoleh konsep IPA sebagai sarana bagi siswa untuk menambah keyakinan siswa terhadap Allah SWT.
Berdasarkan rumusan masalah yang telah dipaparkan sebelumnya, maka pengembangan modul IPA berbasis integrasi Islam dan sains menjadi penting untuk dilakukan. Pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan modul IPA berbasis integrasi Islam dan sains; mengetahui spesifikasi, penggunaan, efektivitas, dan kemenarikan modul IPA berbasis integrasi Islam dan sains di MIN Seduri Mojokerto.
Pengembangan modul ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Subyek penilaian untuk kelayakan modul ini yaitu ahli materi, ahli desain, ahli bahasa, ahli pembelajaran, serta siswa kelas VI di MIN Seduri Mojokerto. Langkah pokok pada penelitian ini adalah analisis kondisi awal, pengembangan rancangan modul, penulisan modul, dan penilaian modul. Teknik pengumpulan data yang digunakan, meliputi angket, wawancara, dan tes hasil belajar.
Hasil pengembangan ini adalah sebagai berikut: (1) spesifikasi modul IPA berbasis integrasi Islam dan sains berupa media cetak. Modul ini dikembangkan dengan menggunakan dalil-dalil yang bersumber dari Al-Qur’an dan yang diterbitkan oleh Kementrian Agama RI. Hasil belajar yang sesuai dengan pembelajaran modul ini ditujukan untuk mencapai KI, KD yang ada dalam kurikulum 2013 dan sebagai sarana siswa untuk menambah keyakinan mereka terhadap Allah SWT melalui integrasi dengan dalil Al-Qur’an; (2) penggunaan modul IPA berbasis integrasi Islam dan sains; (3) efektivitas dan kemenarikan modul IPA berbasis integrasi Islam dan sains pada siswa kelas VI MIN Seduri Mojokerto menunjukkan bahwa modul ini memiliki tingkat kelayakan, efektivitas, dan kemenarikan yang tinggi dan sudah sesuai dengan kebutuhan pengguna. Hal ini dibuktikan dari hasil validasi ahli materi tingkat kelayakan 87%, validasi ahli media tingkat kelayakan 86%, validasi ahli bahasa tingkat kelayakan 78%, validasi ahli pembelajaran tingkat kelayakan 94%. Hasil uji lapangan terhadap siswa kelas VI MIN Seduri Mojokerto menunjukkan bahwa tingkat efektivitas yang tinggi. Hal ini ditunjukkan melalui hasil perhitungan independent sample t-test diperoleh thitung = 9,02 dan ttabel= 1,684. Oleh karena thitung > ttabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa modul IPA berbasis integrasi Islam dan sains yang dikembangkan terbukti secara signifikan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Di sisi lain, tingkat daya tarik siswa menggunakan modul terhadap semua komponen mencapai 87% dengan kriteria sangat menarik. Berdasarkan keseluruhan hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa modul IPA berbasis integrasi Islam dan sains telah memenuhi unsur kebutuhan pembelajaran, satu di antaranya untuk meningkatkan hasil belajar siswa, khususnya di MIN Seduri Mojokerto.
ENGLISH:
This development of IPA module based on Islamic and scientific integration in MIN Seduri Mojokerto is based on gaps include; first, the IPA result studies of the sixth class students in MIN Seduri shows that 30% students have not reach KKM score which is established 70; second, the IPA teaching material which is used has not an interesting design and the concept based on Islamic and scientific integration; third, there is not a teaching material which guides the students to get IPA concept as a medium for them to increase their beliefs toward Allah SWT.
According to the research problem which is explained before, so the development of IPA module based on Islamic and scientific integration becomes an important thing to do. This development is to produce the development of IPA module based on Islamic and scientific integration; to know the specification, the use of, the effectiveness, and the interesting thing of IPA module based on Islamic and scientific integration in MIN Seduri Mojokerto.
The development of this module uses ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation) development model. These subject assessments for feasibility module are material expert, design expert, linguist, learning expert, and also the sixth class students in MIN Seduri Mojokerto. The principal ways of this research are initial conditions analysis, the development of planning module, writing module, and assessment module. The collecting data which are used include questionnaires, interview, and the result of studies.
These result developments are: (1) the specification of IPA module based on Islamic and scientific integration in the form of printed media. This module is developed by using theorem coming from Al-Qur’an and which is published by Ministry of Religion RI. The result of study in accordance with this learning module is addressed to reach KI, KD in curriculum year of 2013 and as a media for the students to increase their beliefs toward Allah SWT through integration with Al-Qur’an theorem; (2) the use of IPA module based on Islamic and scientific integration; (3) the effectiveness and the interesting IPA module based on Islamic and scientific integration of the sixth class student in MIN Seduri Mojokerto shows that this module has a high level of feasibility, effectiveness and interest and it accordance with the user needs. Those are proved from the material expert’s validation result of feasibility level in 87%, media expert’s validation result of feasibility level in 86%, linguist’s validation level of feasibility level in 78%, learning expert’s validation result of feasibility in 94%. The result of field test toward the sixth class student in MIN Seduri Mojokerto shows the high effectiveness level. That is showed by the result calculation of independent sample t-test is tcount = 9,02 and ttable= 1,684. Therefore, tcount > ttable , so Ho is rejected and Ha is accepted. So, it can be concluded that IPA module based on Islamic and scientific integration which is developed prove effective significantly to increase the students’ the result of study. On the other side, the students’ attraction use the module toward all of the components is reach 87% by very interesting criteria. According to that all of the data analyses can be concluded that IPA module based on Islamic and scientific integration has fulfill learning element needs, one of them is to increase the students’ result studies, especially in MIN Seduri Mojokerto.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Minarno, Eko Budi and Marno, Marno | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | Modul; Integrasi Islam dan Sains; Hasil Belajar; Module; Islamic And Scientific Integration; The Result Of Study | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | |||||||||
Depositing User: | Imam Rohmanu | |||||||||
Date Deposited: | 29 Mar 2017 11:24 | |||||||||
Last Modified: | 29 Mar 2017 11:24 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/6101 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |