Saekoni, Moch Fatchur Rohman (2016) Pengaruh tingkat kecintaan siswa pada al-Qur’an terhadap perilaku sosial di Sekolah Dasar Islam Baitussalam Toyamas Kabupaten Banyuwangi. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
14761036.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Peneliti sangat prihatin dengan apa yang terjadi pada anak-anak jaman sekarang, anak-anak sudah enggan, malas pergi ke Taman Pendidikan Qur’an (TPQ), Masjid untuk mengaji dan belajar al-Qur’an. Perilaku anak-anak yang mulai terpengaruh teknologi seperti televisi, handphone, play station menyebabkan orang tua, guru selalu cemas terhadap perilaku mereka kearah yang negatif.
Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian tesis ini adalah penelitian mixed methods (penelitian campuran). Penelitian yang menggunakan metode campuran (mixed methods) adalah metode yang dilakukan secara bersamaan dengan tujuan saling melengkapi gambaran hasil penelitian mengenai fenomena yang diteliti dan untuk memperkuat analisis penelitian. Sedangkan strategi penelitian ini adalah menggabungkan data yang ditemukan dari satu metode dengan metode lainnya. Strategi ini dapat dilakukan dengan observasi dan wawancara terlebih dahulu untuk mendapatkan data kualitatif lalu diikuti dengan data kuantitatif, dalam hal ini menggunakan angket penelitian. Sedangkan analisis datanya adalah analisis kualitatif-kuantitatif bertahap, artinya analisis dilakukan pada data kualitatif kemudian diikuti analisis kuantitatif. Data yang telah teridentifikasi kemudian dibandingkan dengan data kuantitatif yang tersedia dengan data yang dikumpulkan melalui analisis kualitatif. Untuk pengujian hipotesisnya, peneliti menggunakan analisis regresi linear sederhana dengan bantuan program SPSS versi 18.
Hasil data kualitatif dari penelitian ini adalah kecintaan siswa SD Islam Baitussalam pada al-Qur’an melalui program tahfidz al-Qur’an. Sedangkan perilaku sosial siswa secara keseluruhan menunjukan perilaku yang positif, baik terhadap teman dan guru di sekolah. Sedangkan hasil data kuantitatif menunjukan kecintaan siswa pada al-Qur’an sebesar 44% berkategori tinggi, 40% berkategori sedang, 16% berkategori rendah. Sedangkan perilaku sosial siswa menunjukan 74% berkategori tinggi, 10% berkategori sedang dan 16% berkategori rendah. Uji hipotesisnya menggunakan uji t dan hasilnya thitung sebesar 6,356 dengan signifikansi sebesar 0,026. Karena thitung ˃ ttabel (6,356 ˃ 2,010) atau sig. t ˂ 5% (0,026 ˂ 0,05), maka dapat disimpulkan bahwa variabel kecintaan siswa pada al-Qur’an berpengaruh signifikan terhadap variabel perilaku sosial siswa. Perilaku sosial siswa dipengaruhi oleh 55% variabel kecintaan siswa pada al-Qur’an. sedangkan sisanya yaitu 45% dipengaruhi oleh variabel lain diluar variabel yang diteliti.
ENGLISH:
Students nowadays are reluctant to go to the mosque to learn Quran. Their characters are influenced by technology such as television, internet, and video game which then make parents and teachers worried and anxious if they will act negatively.
This thesis uses research design of mixed method with the objective to complete the image of research result about the phenomenon and to strengthen the analysis. The research strategy is done by combining the data from observation, interview and questionnaire in order to get qualitative and quantitative data. The data analysis is continuous qualitative-quantitative analysis, it is done by analyzing qualitative data and followed by analyzing the data through quantitative one. The hypothesis testing is done by using simple linier regression analysis with SPSS 18 program.
The result of qualitative data is the students’ affection on Quran in Islamic Elementary School of Baitussalam through Quran memorizing program. Students’ social behaviour is positive, whether toward friends and teachers in school. The result of quantitative data shows that students affection on Quran is 44% categorized as high, 40% as fair, and 16% as low. Students’ social behaviour shows that 74% as high, 10% as fair and 16% as low. The hypothesis testing uses t-test and the result of tcount is 6.356 with the significance of 0.026. The tcount ˃ ttable (6.356 ˃ 2.010) or sig. t ˂ 5% (0.026 ˂ 0.05), it can be concluded that the variable of students’ affection on Quran has significant influence toward the variable of students’ social behaviour. The students’ social behaviour is influenced by 55% of variable of students’ affection on Quran while 45% is influenced by other variable outside this research.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Abidin, Munirul and Yasin, Ahmad Fatah | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | Kecintaan Siswa pada Al-Qur’an; Perilaku Sosial Siswa; Students’ Affection on Quran; Students’ Social Behaviour | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | |||||||||
Depositing User: | Imam Rohmanu | |||||||||
Date Deposited: | 29 Mar 2017 11:25 | |||||||||
Last Modified: | 29 Mar 2017 11:25 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/6100 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |