Strategi guru dalam peningkatan konsentrasi belajar siswa autis di Sekolah Inklusi: Studi multisitus di SDN Junrejo 01 dan SDN Tlekung 01 Kota Batu

Hidayat, Muhammad Almi (2016) Strategi guru dalam peningkatan konsentrasi belajar siswa autis di Sekolah Inklusi: Studi multisitus di SDN Junrejo 01 dan SDN Tlekung 01 Kota Batu. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
14761024.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Konsentrasi belajar sangat penting bagi siswa untuk memahami materi yang disampaikan guru saat pembelajaran berlangsung. Bagi siswa normal saja sulit untuk menjaga kestabilan konsentrasi saat belajar, terlebih lagi pada siswa autis. Siswa berkebutuhan khusus kategori autis memiliki kelemahan pada berbagai aspek khususnya konsentrasi belajar. Untuk meningkatkan konsentrasi belajar siswa autis diperlukan strategi khusus yang harus dilakukan guru.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengkaji karakteristik siswa autis di SDN Junrejo 01 dan SDN Tlekung 01 Batu, menganalisis metode yang digunakan guru dalam peningkatan konsentatasi belajar siswa autis dan menganalisis dampak metode yang digunakan guru dalam peningkatan konsentrasi belajar siswa autis di SDN Junrejo 01 dan SDN Tlekung 01 Batu.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus dengan rancangan multisitus. Teknik pengumpulan data melalui pengamatan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan model Miles dan Huberman yaitu dengan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data, peneliti menggunakan uji kredibilitas dengan triangulasi data.

Temuan penelitian menunjukkan bahwa: 1) Karakteristik siswa autis di kedua SDN tersebut dikelompokkan dalam 4 kelompok, yaitu: (a) kecerdasan; tergolong rendah, (b) psikis; gangguan pada emosi, persepsi dan imajinasi, (c) fisik; sama dengan siswa normal tanpa cacat, dan (d) perilaku; tergolong aneh, berbeda dengan siswa normal umumnya. 2) Berdasarkan karakteristik siswa, maka metode guru di kedua SDN tersebut mencakup beberapa poin dari teori yang dikemukakan Myles dan Simpson ditambah dengan beberapa metode lain seperti; (a) membimbing siswa, (b) mengelompokkan siswa, (c) mengarahkan kepala siswa, (d) membujuk siswa, (e) memberikan reward, (f) merangkul siswa, (g) memegang tangan siswa dan (h) mengkondusifkan kelas. 3) Dampak dari strategi yang dilakukan oleh guru di kedua SDN tersebut memberikan dampak positif bagi siswa autis walaupun tidak terlalu signifikan, dampak yang dirasakan oleh siswa autis terbagi dalam 3 aspek, yaitu; (a) aspek kognitif, (b) aspek afektif dan (c) aspek psikomotorik.

Diharapkan kepada para pendidik, lembaga pendidikan terus berinovasi demi meningkatkan mutu pendidikan. Selain itu siswa disabilitas juga harus mendapat perhatian yang sama dengan siswa normal lainnya dalam hal pelayanan dan pendidikan. Serta orang tua harus terus mengeksplor kemampuan anaknya.

ENGLISH:

The concentration while studying is very important for students to understand the lesson given by teacher. It is difficult for normal students to maintain a stable concentration while studying, especially for students with autism. Students with autism has a weakness in various aspects, especially to concentrate while studying. To increase the concentration of students with autism, teachers need specific strategies.

This study aims to identify and assess the characteristics of students with autism, to analyze the teacher’s methods used in improving the concentration of students with autism while studying and to analyze the impact of teacher’s method that is implemented to enhance the concentration of students with autism while studying in SDN Junrejo 01 and SDN Tlekung 01 Batu.

This case study employs a qualitative approach using multi-site design. The techniques of collecting the data are observation, interview and documentation. The data analysis techniques are the model suggested by Miles and Huberman. Those are data reduction, data presentation, and conclusion. To test the validity of the data, credibility test with data triangulation is performed.

The findings indicate that: 1) The characteristics of students with autism in both of the Elementary Schools are grouped into four groups, namely: (a) the intelligence: low, (b) psychological: disturbance in emotion, perception and imagination, (c) the physical: similar to students without disabilities, and (d) behavior: relatively strange, different with normal students 2) Based on the characteristics of students with autism, the teacher’s methods implemented at both of the schools cover several points as mentioned in the Myles’ and Simpson’s theory and are supported by some other methods such as; (a) guiding the students, (b) grouping the students, (c) directing the students, (d) persuading the students, (e) giving reward, (f) embracing the student, (g) holding the students’ hand and (h) making the class conducive. 3) The teachers’ strategy implemented at the schools contributes positive influence for students with autism although it is not too significant. The influences are divided into three aspects, namely; (a) cognitive, (b) affective and (c) psychomotoric aspects.

All educators in educational institutions are expected to keep creating innovations in order to improve the quality of education. In addition, students with disabilities should receive equal attention as received by the normal students in terms of service and education. Moreover, parents should continue to explore their children’s abilities.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Maimun, Agus and Wahyuni, Esa Nur
Keywords: Strategi; Konsentrasi Belajar; Siswa Autis; Strategy; Concentration while Studying; Student with Autism
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Imam Rohmanu
Date Deposited: 29 Mar 2017 04:25
Last Modified: 29 Mar 2017 04:25
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/6098

Actions (login required)

View Item View Item