Implementasi peraturan sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan guru dan siswa: Studi multisitus di Madrasah Ibtida’iyah (MI) Darul Ulum Beraim dan Madrasah Ibtida’iyah (MI) Mambaul Khair NW Bertais

Rahman, Samsul Hadi (2016) Implementasi peraturan sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan guru dan siswa: Studi multisitus di Madrasah Ibtida’iyah (MI) Darul Ulum Beraim dan Madrasah Ibtida’iyah (MI) Mambaul Khair NW Bertais. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
14761019.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

INDONESIA:

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan: (1) Rencana penyusunan peraturan sekolah dalam menigkatkan kedisiplinan guru dan siswa, (2) Implementasi peraturan sekolah dalam menigkatkan kedisiplinan guru dan siswa, (3) Evaluasi yang dilaksanakan terhadap peraturan sekolah dalam menigkatkan kedisiplinan guru dan siswa, (4) Kendala yang dihadapi dalam mengimplementasikan peraturan sekolah untuk menigkatkan kedisiplinan guru dan siswa.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif jenis studi kasus dengan rancangan multisitus. Teknik pengumupulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi partisipan dan dokumentasi. Analisis data dimulai dari situs pertama selanjutnya ke situs kedua dan analisis lintas situs. Data dianalisis dengan interactive model yang terdiri dari data collection, data redukction, data display dan conclusion. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan kreadibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1), Perencanaan peraturan sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan guru dan siswa pada kedua madrasah sudah cukup baik karena sudah dapat melibatkan semua pihak, akan tetapi MI Darul Ulum Beraim belum dapat mengintegrasikan peraturan sekolah yang sesuai dengan keseharian guru maupun siswa, hanya mengikuti peraturan yang sudah disepakati secara umum tanpa membuat kesepakatan baru antara guru dengan siswa di dalam kelas untuk meningkatkan kedisiplinan siswa dan meningkatkan efektivitas kinerja guru dalam proses pembelajaran. (2), Implementasi peraturan sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan guru dan siswa pada kedua madrasah tersebut cukup berbanding terbalik bila dilihat dari penerapannya, karena MI Manbaul Khair NW Bertais sudah dapat meningkatkan kedisiplinan guru maupun siswa dengan mengembangkan berbagai kegiatan sebagai jembatan dalam menertibkan guru dan siswa di madrasah. Sedangkan MI Darul Ulum Beraim dalam pelaksanaannya belum terlihat cukup baik karena pihak sekolah hanya memberikan aturan kepada guru maupun siswa hanya berbentuk wacana dan komunikasi, sehingga hasil yang didapatkan masih kurang maksimal. (3), Evaluasi peraturan sekolah sudah terlaksana dengan cukup baik, karena dalam melaksanakan evaluasi, kedua pihak madrasah sudah dapat melibatkan semua pihak yang bersangkutan. (4), Kendala yang dihadapi dalam mendisiplinkan guru adalah dari diri sendiri dan faktor lingkungan keluarga. Kemudian dalam mendisiplinkan siswa kendala yang dihadapi adalah dari diri siswa, faktor keluarga, faktor lingkungan madrasah, dan faktor lingkungan masyarakat.

ENGLISH:

This research aims to find out: (1) the school’s regulationplanning in increasing teachers` and students` discipline (2) the school’s regulation implementation in increasing teachers` and student’s discipline (3) the evaluation ofthe school’s regulation implementation in increasing teachers` and students` discipline (4) the obstacles of implementing the school’s regulation for increasing teachers` and students` discipline.

The research designs are qualitative method with case study and multi-site design. The data collection techniques are in-depth interview, participant observation and documentation. The data analysis begins from the first site to the second one, followed by cross-site analysis. The collected data are organized, interpreted and analyzed through interactive model consisting of data collection, data reduction, data display and conclusion. The data validity is checked through credibility, dependability, transferability, and confirmability.

The results indicate: (1) The school’s regulation planning in increasing teacher’s and student’s disciplineat both of the schools is already good because it involves all essential parties. However, Darul Ulum Beraim Islamic Elementary School can’t integrate the school’s regulation which fits teacher’s and student’s daily activityyet. The school onlyobeys the regulation which has been generally agreed without creating a new agreementbetween teachers and students in order to increase student’s discipline and the effectiveness of teacher’s teaching performance in learning process. (2) The implementation of school’s regulation in increasing teachers` and students` discipline at both of the schools is inversely proportional. It can be seen from the implementation because Manbaul Khair NW Bertais Islamic Elementary School can enhance teachers` and students` discipline by developing several activities to discipline the teachers and students at school. Mean while, the implementation in Darul Ulum Beraim Islamic Elementary School is not adequate yet because the school only provides written and oral regulation for the teachers and students. Thus, the result is not optimal. (3) The school’s regulation evaluation is well-implemented since both of the schools can involve all associated parties. (4) The obstacles are caused by themselves and family environment. On the other side, the obstacles in disciplining the students are emerged from and influenced by themselves, family, school environment and society environment.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Sahlan, Asmaun and Marno, Marno
Keywords: Peraturan Sekolah; Kedisiplinan Guru dan Kedisiplinan Siswa; School’s Rules; Teachers` Discipline and Students` Discipline
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Imam Rohmanu
Date Deposited: 29 Mar 2017 04:25
Last Modified: 29 Mar 2017 04:25
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/6096

Actions (login required)

View Item View Item