Permatasari, Hefilia Anis (2016) Model komunikasi orang tua dengan anak dalam pembentukan moral anak usia sekolah dasar: Studi kasus pada wali murid di MIN Kolomayan Kabupaten Blitar. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
14761009.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
INDONESIA:
Kualitas hubungan dan komunikasi yang diberikan orang tua kepada anak akan menentukan kualitas kepribadian dan moral mereka. Hubungan yang penuh akrab dan bentuk komunikasi dua arah antara anak dan orang tua merupakankunci dalam pendidikan moral keluarga. Komunikasi yang perlu dilakukan adalah komunikasi yang bersifat integratif, dimana ayah, ibu dan anak terlibat dalam pembicaraan yang menyenangkan dan menghindari model komunikasi yang bersifat dominatif atau suka menguasai pembicaraan. Selanjutnya diharapkan agar komunikasi orangtua dengan anaknya banyak bersifat mendorong, penuh penghargaan dan perhatian. Karena ini berguna untuk meningkatkan kualitas karakter dan moral anak. Adapun fokus penelitian ini Pertama, bagaimana pola komunikasi orangtua-anak dalam membentuk moral siswa MIN Kolomayan? Kedua, bagaimana problem komunikasi orangtua dengan anak dalam pembentukan moral siswa MIN Kolomayan? Ketiga, bagaimana dampak pola komunikasi orangtua-anak dalam pembentukan moral siswa MIN Kolomayan?
Pada penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jennis penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi partisipan dan dokumentasi. Adapun informan dalam penelitian ini berjumlah sembilan keluarga, satu keluarga terdiri dari seorang ayah, ibu, dan anak. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model interaksi yang dikemukakan Miles & Huberman yaitu melalui tahap-tahap setelah data diperoleh kemudian di reduksi, display dan verifikasi. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan metode.
Di dalam penelitian ini, peneliti menemukan beberapa temuan Pola Komunikasi orang tua dengan anakdalam pembentukan moral siswa MIN Kolomayan: (1) pola komunikasi Otoriter, pola komunikasi Demokratis, dan pola komunikasi Permissif. (2) Problem komunikasi orang tua dengan anak dalam pembentukan moral anak antara lain adalah kesibukan orang tua, tidak terbuka, dan intensitas pertemuan, (3) Dampak Pola komunikasi otoriter yaitu tertutup, penakut,sulit berinteraksi sosial, dan cenderung menarik diri dari kehidupan sosial.Pola komunikasi demokratis, pola komunikasi ini memberikan pengaruh yang positif kepada anak, yaitu menjadikan semangat belajar, mandiri, memiliki sikap dan moral yang baik pandai bersosialisasi, percaya diri, dan bertanggung jawab. Pola komunikasi permissif memberikan dampak kepada anak yaitu anak tidak patuh, agresif, dan mau menang sendiri, anak kurang memiliki rasa percaya diri dan pengendalian diri yang cukup. Pola komunikasi yang paling baik dan efektif untuk diterapkan adalah pola komunikasi demokratis.
ENGLISH:
The quality of relationship and communication given by parents to their children will determine the quality of children’s personality and moral. The close relationship and two-way communication between child and parent is the core of family’s moral education. Communication which should be applied is the integrative one in which father, mother, and a child involved in a fun conversation and avoid the dominative communication type. Further, it is expected that parent-child communication will be full of encouragement, respect, and affection because this is to improve the quality of child’s character and moral. This research concerns are first, what is the parent-child communication pattern in moral building of MIN Kolomayan students? Second, what is the problem of parent-child communication in moral building of MIN Kolomayan students? Third, what is the effect of parent-child communication in moral building of MIN Kolomayan students?
This research applies qualitative approach – case study. The data are collected by deep interviewing, observing participants, and documenting. The participants in this research are nine families; each consists of father, mother, and a child. The data analysis is interactive model stated by Miles & Huberman which is done in several steps. After collected, the data is reduced, displayed, and verified. The data validity is checked by informant and method triangulation.
The researcher finds some parent-child communication patterns in moral building of MIN Kolomayan students: 1) the pattern of authoritative, democratic, and permissive communication; 2) the problems of parent-child communication child/student’s moral building are parents’ activity, introvert, and meeting quantity; 3) the effect of authoritative communication is becoming introvert, coward, and the difficulty in social interaction. Child also tends to stay out of his/her social life. Democratic communication gives positive impact to the child such as study hard, independent, having good attitude and moral in social life, confidence, and responsible. Permissive communication pattern makes child disobey to parent, aggressive, and selfish. The child will have no confidence and lack of self-control. The positive and effective communication pattern which is best to be applied is the democratic one.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Saefuddin, Helmi and Muhammad, Suaib H. | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | Komunikasi; Orang tua dan Anak; Moral; Anak Usia Sekolah Dasar; Communication; Parent-Child; Moral; Primary-School Age Child | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | |||||||||
Depositing User: | Imam Rohmanu | |||||||||
Date Deposited: | 29 Mar 2017 11:25 | |||||||||
Last Modified: | 29 Mar 2017 11:25 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/6095 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |