Pengembangan evaluasi pembelajaran ilmu pengetahuan alam berbasis ICT untuk materi UN tingkat SD/MI berdasarkan SKL 2015/2016 di MI Raudlatul Falah Talok Malang

Badi’ah, Nur ‘Ainul (2016) Pengembangan evaluasi pembelajaran ilmu pengetahuan alam berbasis ICT untuk materi UN tingkat SD/MI berdasarkan SKL 2015/2016 di MI Raudlatul Falah Talok Malang. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
14760028.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

INDONESIA:

Pengembangan evaluasi pembelajaran ilmu pengetahuan alam berbasis ICT ini dimaksudkan untuk mengatasi kesenjangan antara kondisi ideal dengan kondisi real yang ada di lapangan. Kondisi ideal yang dimaksud adalah, tersedianya media berbasis ICT yakni dengan software web offline, dan tersedianya media pendukung dalam pembelajaran ilmu pengetahuan alam yang dapat mendukung pembelajaran yang efektif.

Penelitian ini dilaksanakan di MI Raudlatul Falah Talok, dengan objek penelitian siswa kelas VI. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah 1) Mengetahui spesifikasi produk berupa media evaluasi pembelajaran ilmu pengetahuan alam berbasis ICT,; 2) Membuktikan perbedaan efektifitas pembelajaran ilmu pengetahuan alam pada pokok bahasan benda dan sifatnya, sumber daya alam, dan tata surya yang menggunakan media evaluasi ilmu pengetahuan alam berbasis ICT.

Metode yang digfunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu untuk menguji keefektifan produk tersebut. Desain yang digunakan dalam pengembangan media evaluasi ini adalah menggunakan model desain ADDIE. Adapun langkah-langkah pengembangannya adalah analyze (analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), Evaluation (Evaluasi).

Pengembangan evaluasi pembelajaran ilmu pengetahuan alam berbasis ICT ini mendapatkan tingkat kualifikasi valid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada aspek materi/isi mendapatkan persentase hasil validasi sebesar 88,75%, dan aspek desain persentase hasil valid sebesar 88,75%. Persentase hasil validasi pada uji coba siswa kelompok kecil mendapatkan persentase hasil validasi kelompok besar sebesar 88,25%.

Hasil uji efektivitas menunjukkan peningkatan hasil belajar melalui analisis uji-t diperoleh t hitung = 3,6 dan t tabel = 2,14. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan evaluasi pembelajaran ilmu pengetahuan alam berbasi ICT dapat memberikan pengaruh terhadap hasil belajar ilmu pengetahuan alam siswa.

ENGLISH:

The development of ICT-based science learning aims to deal with the gap between the ideal condition and the fact in the field. The ideal condition means the availability of ICT-based media such as offline web software and the availability of media supporting the effective science learning.

The researcher conducts the study in MI Raudlatul Falah Talok, particularly on VI grade students. The study itself aims to 1) find out the product specification of ICT-based science learning media evaluation; 2) to confirm the learning effectiveness difference using ICT-based science evaluation media on properties of matters, natural resources, and solar system.

The study employs a Research and Development method to create a certain product and evaluate its effectiveness. It uses ADDIE design model. The process of the development includes the stages of analysis, designing, development, implementation and evaluation.

The result of the study shows a valid qualification level. The validation of the aspect of material/content and design are 88.75%. Meanwhile, the validation on small and big group are 88.25% and 84.9%, respectively
The result of effectiveness test shows the improvement of study result. The t-test analysis shows that t count= 3.6 and t table = 2.14. The conclusion of the study is that the using of ICT-based science learning evaluation influences the study result of the students.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Utami, Ulfah and Suhartono, Suhartono
Keywords: Evaluasi Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam; ICT; Web Offline; Science Learning Evaluation; Ict; Offline Web
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Imam Rohmanu
Date Deposited: 29 Mar 2017 04:26
Last Modified: 29 Mar 2017 04:26
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/6089

Actions (login required)

View Item View Item