Afbrifani, Vivi (2016) Kerjasama orang tua dan guru dalam pembelajaran al-Quran pada siswa kelas tiga MI Babussalam Kalibening Mojoagung Kab. Jombang dan MI Unggulan Assalam Jombang. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
14760018.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Kerjasama merupakan hal yang penting bagi kehidupan manusia, karena dengan kerjasama manusia dapat melangsungkan kehidupannya. Kerjasama juga menuntut interaksi antara beberapa pihak kerjasama merupakan suatu usaha bersama antara orang satu dengan yang lainnya atau kelompok untuk mencapai tujuan tertentu. Begitu halnya dengan kerjasama guru dengan orang tua dalam mendidik anak sangatlah penting, yang semuanya itu bertujuan untuk mencapai visi misi bersamaadapun tujuan penelitian ini, Secara umum penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran empirik tentang Kerjasama Orang Tua dengan Guru Dalam Pembelajaran Al-quran pada Siswa Kelas tiga MI Babussalam Kalibening Mojoagung Kab. Jombang dan MI Unggulan As.Salam Jombang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, dan pengumpulan datanya dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi, yang semuanya untuk menjawab permasalahan tentang kerjasama orang tua dan guru dalam pembelajaran Al-quranpada Siswa Kelas Tiga MI Babussalam Kalibening Mojoagung Kab. Jombang dan MI Unggulan As Salam Jombang.
Dalam penelitian ini peneliti menemukan beberapa temuan dalam kerjasama orang tua dan guru dalam pembelajaran Al-quranpada Siswa Kelas Tiga MI Babussalam Kalibening Mojoagung Kab. Jombang dan MI Unggulan As Salam Jombang adalah (1) pembelajaran al-Qur’an menggunakan Adapun metode yang telah diterapkan di MI Babussalam Kalibening Mojoagung Kab.Jombang dan MI Unggulan ASSalam Jombang adalah metode Qiro'ati sebagai metode utama (pokok) sedangkan metode penunjangnya adalah metode ketauladanan, pembiasaan, hafalan, bermain, cerita dan menyanyi, (2) Mencukupi kebutuhan anak dalam membaca Al-Qur’an, Memotivasi anak belajar membaca Al-Qur’an, dan Memberi teladan kepada anak dalam belajar membaca Al-Qur’an, (3) kerjasama Guru dan orang tua dalam pembelajaran al-Qur’an untuk siswa terjalin dengan komunikasi yang baik berpola komunikasi stimulus-respons yang mana model komunikasi seperti ini yang harus terlihat ada dalam kehidupan kekeluargaan.
ENGLISH:
The cooperation is essential for human life, because by human cooperation the people can continue their life. The cooperation also requires interaction between multiple cooperation parties is a joint effort between one another or groups to achieve certain goals. So it is with the cooperation of teachers with parents in educating children is important, all of which aim to achieve the vision and mission together.
The purpose of this study, the generally aimed of this study is to obtain empirical on Parents and Teachers cooperation in the Al-Qur’an learning of the three class in Government Elementary School of Babussalam Kalibening Mojoagung Kab. Jombang andGovernment Elementary School of Unggulan ASSalam Jombang.
This research used, a qualitative approach with case study, and the data collection used by interview, observation, and documentation, which are to answer the problems of a Parents and Teachers cooperation in the Al-Qur’an learning of the three class in Government Elementary School of Babussalam Kalibening Mojoagung Kab. Jombang andGovernment Elementary School of Unggulan ASSalam Jombang.
In this study, researchers found some of the findings in the Parents and Teachers cooperation in the Al-Qur’an learning of the three class in Government Elementary School of Babussalam Kalibening Mojoagung Kab. Jombang andGovernment Elementary School of Unggulan ASSalam Jombang are (1) the Qur'an learning in the Government Elementary School of Babussalam Kalibening and Government Elementary School of Mojoagung Kab.Jombang Assalam Jombang have been applied The Qiro'ati method as the primary method (principal) whereas the supporting method is attitude method, habituation, rote, play, stories and singing, (2) Adequate children's needs in reading the Qur'an, children learning Motivating to read the Quran, and gives an example to the children to read Al-Qur ' an learning, (3) Teachers and parents cooperation in the learning of the Qur’an to students intertwined with good communication pattern where the stimulus-response of communication model such as this should be seen in family’s life.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Djakfar, Muhammad and Mahmudi, Zaenul | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | Kerjasama Orang Tua Dan Guru; Pembelajaran Al-Qur’an; Parents And Teachers Cooperation; The Qur'an Learning | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | |||||||||
Depositing User: | Imam Rohmanu | |||||||||
Date Deposited: | 28 Mar 2017 08:39 | |||||||||
Last Modified: | 28 Mar 2017 08:40 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/6087 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |