Kolaborasi orang tua dan guru dalam membentuk karakter disiplin dan jujur pada anak didik: Studi kasus pada siswa kelas 3 MIN Malang 2

Bisri, Hasan (2016) Kolaborasi orang tua dan guru dalam membentuk karakter disiplin dan jujur pada anak didik: Studi kasus pada siswa kelas 3 MIN Malang 2. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
14760007.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA:

Ada tiga jenis pendidikan yaitu pendidikan di rumah dan pendidikan di sekolah dan pendidikan di masyarakat. Pendidikan di rumah adalah pendidikan pertama bagi anak. Pendidikan kedua adalah pendidikan di sekolah. Orang tua dan guru harus berkolaborasi dalam membentuk karakter disiplin dan jujur pada anak. Keseimbangan nilai-nilai karakter yang ditanamkan orang tua dan guru kepada anak menentukan keberhasilan anak.

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan dan menganalisis peran orang tua dalam membentuk karakter disiplin dan jujur pada siswa dari MIN Malang 2, (2) untuk mendeskripsikan dan menganalisis peran guru dalam membentuk karakter disiplin dan jujur pada siswa dari MIN Malang 2, (3 ) untuk mendeskripsikan dan menganalisis kolaborasi orang tua dan guru dalam membentuk karakter disiplin dan jujur pada siswa dari MIN Malang 2.

Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif diskriptif dengan jenis penelitian studi kasus tunggal yaitu siswa kelas 3 MIN Malang 2. teknik pengumpulan data yaitu telaah dokumen dan wawancara dan observasi .Sampel dalam wawancara adalah sampel purposive untuk mendapatkan data yang mendalam sesuai dengan penelitian Kemudian data yang sudah dikumpulkan, dianalisa melalui empat tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, menyimpulkan dan menverivikasi data.

Hasil penelitian ini ditemukan (1) peran orang tua dalam membangun karakter anak-anak sebagai manajer, katalisator, fasilitator, motivator, inspirator, (2) strategi pembentukan karakter dari orang tua memiliki perbedaan tapi tujuannya sama, karena mereka berbeda pengetahuan, pengalaman, budaya, status ekonomi dan jenis kelamin.(3) hukuman yang diberikan orang tua kepada anak berbeda,karena kebanyakan berdasarkan pengalamannya ketika kecil. Hasil penelitian peran guru dalam membentuk karakter disiplin dan jujur pada anak adalah (1) peran guru dalam membentuk karakter disiplin dan jujur, pada anak didik adalah sebagai katalisator, creator,motivator,inspirator,dan evaluator,(2) strategi pembentukan karakter yang dilakukan guru di sekolah berdasarkan standar operasional sekolah dan standar operasional kelas, c) bentuk hukuman yang digunakan adalah sistim poin. . Dan hasil penelitian tentang kolaborasi orang tua dan guru dalam membentuk karakter disiplin dan jujur pada anak didik adalah (1) kolaborasi orang tua dan guru dalam membentuk karakter disiplin dan jujur terjalin baik secara langsung dan tak langsung ,(2) POS merupakan organisasi orang tua siswa yang berperan menjalin kerjasama orang tua dan guru dalam rangka mendukung program kelas dan sekolah.

ENGLISH:

Education has three types namely education at home, school and in the community. The education at home is the first education for children. The second education is education at schools. Parents and teachers should collaborate in building the character of disciplined and honest for the students. The balance of the characters will determine their success.

The reseach aims (1) to describe and analyze parents’ role in building the disciplined and honestcharacter of the students of MIN Malang 2,(2) to describe and analyze teachers’ role in building the characters,(3) to describe and analyze the collaboration of the parents and teachers in building the characters.

This research employs a qualitative descriptive approach with single case study on the students in third grades of MIN Malang 2. To collect the data, it uses documentation, interview and observation.The interview collects a purposive sample to obtain in-depth data suitable for the research. After being collected, the data is analyzed through four stages namely data reduction, presentation, conclusionand verification.

The result of this research on parents shows that (1) in building children’s character, the parents act as a manager, catalyst, fasilitator, motivator and inspirator,(2) allparents have similar goal but they tend to have different character building strategydue to their knowledge, experience, culture, economic status and gender, (3) theparents give different punishment to their children based on their experience as children. Meanwhile, the result of this research on teachers’role in buildingdisciplined and honest character to the students of MIN Malang 2 (1) the teachers act as a catalyst, creator, motivator, inspiration and evaluator, (2) the teachers use character building strategy based on the school and class operational standards, (3) the teachers employs a point systemfor the punishment. Theresult of the researchonthe collaboration of the parents and teachers in building the characters of the students of MIN Malang 2 (1) the parents and teachers have a direct and an indirect collaboration (2) The parents conduct an organization called POS to maintain cooperation with teachers in supportingthe class and school program.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Wahidmurni, Wahidmurni and Susilawati, Samsul
Keywords: Kolaborasi; Karakter Disiplin; Karakter Jujur; Collaboration; Disciplined and Honest Character
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Imam Rohmanu
Date Deposited: 28 Mar 2017 01:40
Last Modified: 28 Mar 2017 01:40
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/6086

Actions (login required)

View Item View Item