Tamam, Choerul Anwar Badrut (2016) Pengembangan media pembelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat berbantuan komputer untuk siswa kelas IV SD/MI. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
13761008.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (8MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Berdasarkan hasil tes formatif mata pelajaran matematika tentang penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat pada siswa kelas IV SDN Blimbing III Paciran-Lamongan yang digunakan peneliti sebagai tempat uji coba produk rata-rata nilai baru mencapai 53,33 masih di bawah KKM, untuk dapat meningkatkan pemahaman konsep penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat peneliti berusaha untuk merancang dan mengelola pembelajaran dengan model pembelajaran yang inovatif, kreatif dan menyenangkan, salah satunya dengan menggunakan garis bilangan yang dapat dijalankan dengan memanfaatkan sebuah perangkat komputer. Penggunaan media pembelajaran matematika dengan memanfaatkan komputer diyakini dapat mengatasi kesulitan siswa untuk memahami konsep perhitungan penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Jadi, perlu dikembangkan sebuah media pembelajaran matematika berbantuan komputer materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat untuk siswa kelas IV SD/MI.
Pengembangan media pembelajaran matematika berbantuan komputer ini mengikuti prosedur pengembangan yang dikemukakan oleh Alessi dan Trollip, yaitu (1) menentukan tujuan, (2) mengumpulkan bahan acuan, (3) mempelajari bahan acuan, (4) mengembangkan ide, (5) merancang pembelajaran, (6) menyusun flowchart, (7) membuat storyboard, (8) menyusun program, (9) menyusun materi pendukung, dan (10) melaksanakan evaluasi dan revisi. Paket ini diprogram menggunakan salah satu program yang dimiliki oleh adobe system yaitu Macromedia Flash CS 3. Pemograman ini menghasilkan 1 file ekskusi yang diberi nama “SETUP.exe”.
Evaluasi dan revisi media pembelajaran matematika berbantuan komputer ini melalui enam tahap, yaitu, (1) Validasi dan Tanggapan Ahli Pembelajaran Matematika, (2) Validasi dan Tanggapan Ahli Desain Media Pembelajaran, (3) Validasi dan Tanggapan Ahli Materi, (4) Validasi dan Tanggapan Ahli Bahasa, (5) Validasi dan Tanggapan Praktisi atau Guru (6) Validasi dan Tanggapan Uji Coba Produk yaitu siswa kelas IV SDN Blimbing III Lamongan sebanyak 22 siswa dengan membagi menjadi 3 tahapan uji coba yaitu (a) Uji Coba Perorangan, (b) Uji Coba Kelompok Kecil, dan (c) Uji Coba Kelompok Besar. Berdasarkan analisis data validasi dan tanggapan ahli-ahli disimpulkan bahwa media pembelajaran matematika berbantuan komputer ini telah memiliki kualitas sangat layak untuk digunakan oleh siswa. Berdasarkan hasil uji coba produk disimpulkan bahwa media pembelajaran matematika berbantuan komputer ini sudah valid, praktis, efektif dan efisien untuk digunakan dalam pembelajaran matematika materi bilangan bulat. Hasil kerja pengembangan yang berupa produk media pembelajaran ini terdiri atas dua bagian. Bagian pertama memuat CD Interaktif yang berisi tentang media materi penanaman konsep perhitungan penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dan bagian kedua berupa LKS yang berisi soal-soal latihan sebagai alat bantu media pembelajaran.
ENGLISH:
Based on the results of formative tests of mathematics courses about addition and subtraction of integers at forth grade of SDN Blimbing III Paciran-Lamongan, researcher used as the product trial for the average value, 53.33 was still under KKM, in order to improve the understanding of the concept of addition and subtraction of integers, researcher tried to design and manage learning by innovative learning model, creative and fun, one of it was with a line number that can be executed by using a computer device. The use of mathematics learning media by using computers had been believed to overcome the difficulties of the students to understand the concept of addition and subtraction of integers. So it is necessary to develop mathematics learning media of computer assisted of material of addition and subtraction of integers for fourth grade of students of SD / MI.
Development of mathematics learning media of computer aided was following the development procedure that was proposed by Alessi and Trollip, namely (1) determine the purpose, (2) collect reference materials, (3) study the reference materials, (4) develop an idea, (5) design the learning, (6) develop flowchart, (7) create a storyboard, (8) develop programs, (9) develop support materials, and (10) carry out the evaluation and revision. This package is programmed using one of the programs that are owned by adobe system, it is Macromedia Flash CS 3. This programming produces one execution file that is named "setup.exe".
Evaluation and revision of mathematics learning media of computer aided through six stages, namely, (1) Validation and Response of Learning Mathematics Expert, (2) Validation and Response of Learning Media Design Expert, (3) Validation and Response of Materials Expert, (4) Validation and response of Linguist, (5) Validation and response of Practitioner or Master (6) Validation and response of Products trial , the fourth grade of the students of SDN Blimbing III Lamongan as many as 22 students that divided into 3 stages of trials: (a) Individual trial, (b ) Small Group Trial, and (c) Large Group Trial. Based on the analysis of data validation and response of experts could be concluded that mathematics learning media of computer aided had a very decent quality to be used by students. Based on the results of product trials concluded that the mathematics learning media of computer assisted had been valid, practical, effective and efficient for use in mathematics learning of materials of integers. The results of the development work in the form of instructional media product consisted of two parts. The first part contained interactive CD that contained media of development material of addition and subtraction calculation concept of integers and the second part was like of worksheets that contained questions practice as a medium of learning media
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Aziz, Rahmat and Minarno, Eko Budi | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | Pengembangan Media; Matematika; Penjumlahan dan Pengurangan; Berbantuan Komputer; Media Development; Math; Addition and subtraction; Computer Assisted | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | |||||||||
Depositing User: | Imam Rohmanu | |||||||||
Date Deposited: | 28 Mar 2017 08:40 | |||||||||
Last Modified: | 28 Mar 2017 08:40 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/6084 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |