Strategi internasionalisasi perguruan tinggi swasta: Studi multikasus pada UNISMA dan UNMUH Malang

Pawero, Abdul Muis Vangino Daeng (2016) Strategi internasionalisasi perguruan tinggi swasta: Studi multikasus pada UNISMA dan UNMUH Malang. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
14711006.PDF - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Riset tentang Strategi Internasionalisasi perguruan tinggi swasta dapat dikatakan relative baru. Hal ini karena selain jarang sekali terdapat penelitian mengenai internasionalisasi perguruan tinggi di Indonesia, juga di sisi lain, perguruan tinggi swasta sering dianggap sebagai lembaga pendidikan “kelas dua” setelah perguruan tinggi negeri. UNISMA dan UMM merupakan perguruan tinggi swasta yang memiliki visi pendidikan masa depan. Yakni visi untuk menjadi perguruan tinggi unggul; perguruan tinggi bertaraf internasional atau World Class University.

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mendiskusikan secara mendalam strategi internasionalisasi perguruan tinggi swasta di UNISMA dan UMM dengan fokus pembahasan pada: 1) Strategi Internasionalisasi 2) Faktor-faktor pendukung internasionalisasi, dan 3) Tantangan-tantangan Internasionalisasi pada UMM dan UNISMA.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi multikasus. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Pemeriksaan kebabsahan data dilakukan dengan cara perpanjangan keikut sertaan peneliti; teknik triangulasi dengan menggunakan berbagai sumber, teori, dan metode; dan ketekunan pengamatan. Informan penelitian yaitu assiten rektor bidang kerjasama luar negeri, Ketua KUI UNISMA dan IRO UMM, LPPM UNISMA dan DPPM UMM.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Strategi Internasionalisasi di kedua perguruan tinggi terdiri dari dua dimensi yakni strategi Internal dan strategi Eksternal. Strategi Internal di kedua perguruan tinggi adalah bentuk respon kelembagaan dalam bentuk strategi dan kebijakan pada internal kedua perguruan tinggi yang bersifat strategis-komprehensif dari aspek keorganisasian. Strategi eksternal di kedua perguruan tinggi tersebut merupakan program aksi internasionalisasi di dalam suatu rencana yang matang dan setelah sebelumnya kedua perguruan tinggi tersebut merumuskan visi-misi dan/atau Renstra Internasionalisasi perguruan tinggi. 2) Faktor-faktor yang mendukung internasionalisasi di kedua perguruan tinggi yakni kebijakan pimpinan dan dukungan sumber daya manusia. 3) tantangan-tantangan dalam gerakan internasionalisasi di kedua kampus tersebut dapat dilihat dari kurangnya kemampuan berbahasa Asing dari sebagian personil, baik dosen maupun staf kepegawaian di kedua perguruan tinggi tersebut.

ENGLISH:

Research on the Internationalization Strategy of private colleges can be said to be relatively new. This is because in addition there is rarely a study on internationalization of higher education in Indonesia, also on the other hand, private colleges often regarded as an educational institution "second class" after the state universities. UNISMA and UMM is a private university that has a vision of the future of education. That is the vision to become a superior college; international university or the World Class University.

This study aimed to examine and discuss in depth the strategy of internationalization of private colleges in UNISMA and UMM with the discussion focusing on: 1) Internationalization Strategy 2) The factors supporting internationalization, and 3) The challenges of internationalization at UMM and UNISMA.

This study used a qualitative approach with multiple case study design. Data were collected by interview, observation and documentation. Data analysis techniques include data reduction, data presentation and conclusion. Inspection data is done by the extension of the participation of researchers; triangulation techniques using a variety of sources, theories and methods; and perseverance observation. The informants are Assiten rector overseas cooperation field, the Chairman KUI UNISMA and IRO UMM, LPPM UNISMA and DPPM UMM.

The results showed that: (1) Internationalization Strategy at both the college consists of two dimensions, namely Internal Strategy and External strategy. Internal strategies at both universities is a form of institutional response in the form of internal policies and strategies at both the college-comprehensive strategic nature of the organizational aspects. External strategy in the two universities is an action program of internationalization in a mature plan and after the two universities to formulate the vision, mission and / or strategic plan Internationalization college. 2) factors that support the internationalization of both universities in the policy of the leadership and support of human resources. 3) the challenges of internationalization movement on both campuses can be seen from the lack of foreign language skills of most of the personnel, both faculty and staff personnel at the two universities.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Wahyuni, Esa Nur
Keywords: Strategi Internasionalisasi; Perguruan Tinggi Swasta; Internationalization Strategies; Private Universities
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Imam Rohmanu
Date Deposited: 28 Mar 2017 01:43
Last Modified: 28 Mar 2017 01:43
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/6079

Actions (login required)

View Item View Item