فعالية استخدام الألعاب اللغوية لتنمية مهارة القراءة: بالتطبيق على مدرسة الحكمة المتوسطة الإسلامية باتنجهاري لامفونج

Nurkholis, Nurkholis (2009) فعالية استخدام الألعاب اللغوية لتنمية مهارة القراءة: بالتطبيق على مدرسة الحكمة المتوسطة الإسلامية باتنجهاري لامفونج. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
07930023.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (765kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Membaca merupakan salah satu ketrampilan berbahasa yang penting, ketrampilan membaca merupakan salah satu tujuan utama dalam pembelajaran bahasa Arab, namun kemampuan para siswa khususnya di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al Hikmah Batanghari Lampung masih sangat rendah. Berdasarkan pengamatan, rendahnya kemampuan siswa adalah dikarenakan kurangnya media yang digunakan dan metode pengajaran yang klasik.

Oleh karena itu dibutuhkan media yang dapat membantu para siswa dalam meningkatkan kemampuan membaca mereka, salah satu media yang sesuai dengan siswa di MTs, adalah permainan bahasa, karena mereka masih dalam masa kanak-kanak yang senang bermain, dengan diterapkanya permainan bahasa diharapkan mereka dapat belajar membaca dengan menyenangkan dan tidak merasa kesulitan, dengan demikian, perlu dilakukan penelitian tentang upaya meningkatkan kemampuan membaca dengan menggunakan permainan bahasa.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana memperbaiki ketrampilan membaca dengan menggunakan permainan bahasa, dan sejauhmana keefektifan permainan bahasa dalam meningkatkan kemampuan membaca.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dalam bentuk penelitian tindakan kelas, dengan mengikuti model Kemmis yang terdiri dari empat langkah, yaitu : Perencanaan, Tindakan, Pengamatan, dan Refleksi.

Adapun data dalam penelitian ini terdiri dari kegiatan pembelajaran ketrampilan membaca dengan menggunakan permainan bahasa 35 siswa kelas II MTs Al Hikmah Batanghari Lampung semester genap Tahun Pelajaran 2008-2009. Data dikumpulkan melalui observasi, angket dan tes.

Berdasarkan atas analisa dari data-data tersebut, maka diperoleh hasil penelitian ini yaitu : bahwa kompetensi ketrampilan membaca para siswa meningkat, dengan demikian dapat dikatakan bahwa penggunaan permainan bahasa adalah efektif dalam meningkatkan ketrampilan membaca, sebagaimana hasil yang diperoleh siswa pada tes yaitu 61,5.

ABSTRACT

The reading is one of the important Language skills. reading skill is represent one of the especial target in study of Arab Language, but ability student specially in Madrasah Tsanawiyah (MTS) Al Hikmah Batanghari Lampung is still very low. Base on the researcher, the low of their abilities because no using the media and the using conventional method.

Therefore, the required media is the one that is able to assist student in improving their reading ability, one of the matching media with student in MTS, is Language game, because they are still in a period of child in which they still like to play. With language game, it is expected that they will learn to read favorably and do not feel difficult. It is required to be held a research about the efforts to improve their reading skill by using the language game.

This research aims to know how to improve reading skill by using language game, and how far the effectiveness of Language game in improving reading skill.

This research uses qualitative approach in the form of classroom action research, which consists of four steps that are: Planning, Action, Perception, and Reflection.

The data of the research consist of the activity of reading skill learning by using the language game, by 35 students in class of II MTS Al Hikmah Batanghari Lampung in 2008-2009. This research uses the observation, questionnaire, and test in collecting data.

On the Base of the data analysis, the researcher concludes that: the students’ reading skill has improved. So that it is said that the using language

game is effective in developing reading skill. It is based on the tests which are given to the students. And the appropriate value is 61,5.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Dimyathi, Muhammad Afifuddin and Mahmud Adam Ibrahim, Faisal
Keywords: مهارة القراءة; الألعاب اللغوية; Ketrampilan membaca; Permainan bahasa; Reading Skill; Language Game
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mohammad Syahriel Ar
Date Deposited: 29 Mar 2017 04:23
Last Modified: 29 Mar 2017 04:23
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/6077

Actions (login required)

View Item View Item