استخدام أساليب تدريس المفردات في تنمية مهارة القراءة: تطبيق بالمدرسة الثنوية الإسلام الحكومية الواحدة سمارانج

Hadi, Nur (2009) استخدام أساليب تدريس المفردات في تنمية مهارة القراءة: تطبيق بالمدرسة الثنوية الإسلام الحكومية الواحدة سمارانج. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
07930021.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (12MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Keterampilan membaca merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang perlu ditingkatkan dan dikembangkan. Aktivitas membaca pada hakikatnya bukan sekadar mengucapkan lambang-lambang bunyi (huruf) dalam sebuah teks dengan baik, tetapi merupakan aktivitas yang kompleks yang melibatkan berbagai aspek kecakapan berbahasa lainnya dari seorang pembaca untuk dapat memahami teks dengan baik. Untuk mencapai hal tersebut, dalam proses pembelajaran membaca para siswa perlu dibekali dengan strategi atau teknik membaca yang tepat yang dapat memudahkan mereka dalam memahami teks.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas penggunaan Variasi Teknik Pembelajaran Kosa-Kata dalam mengembangkan keterampilan siswa membaca teks bahasa Arab pada aspek pemahaman yang meliputi; pemahaman informasi dalam teks (isi teks) dan pemahaman ide/pokok kalimat dalam paragraf. Berdasarkan tujuan tersebut, hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi model alternatif yang dapat digunakan dalam pembelajaran membaca Bahasa Arab.

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dua kelompok (The Two Group) dengan pendekatan kuantitatif, dan dalam penelitian ini terdiri dari 4 langkah; (1) Penyusunan rencana pengajaran, (2) Penerapan metode langsung, (3) Observasi, (4) Penilaian. Instrumen untuk pengumpulan data terdiri dari; 1) Observasi, 2) Angket, 3) Tes (Pre tes dan Post-tes).

Populasi dari penelitian ini adalah para siswa di MAN I Semarang Jawa Tengah. Sample dalam penelitian ini adalah siswa kelas 2 yang berjumlah 60 siswa pada tahun ajaran 2008-2009.

Berdasarkan uji-t (statistik) terhadap hasil pre-tes dan post-tes aspek membaca, menunjukkan hasil t-hitung (5,42) > t-tabel (2.69) pada p <0.05. Dengan demikian, bahwa penggunaan Variasi Teknik Penjelasan Kosa-Kata efektif untuk mengembangkan keterampilan membaca siswa.

Berdasarkan dari hasil penelitian ini diharapkan bagi peneliti selanjutnya untuk mengembangkan media yang dipakai peneliti dalam ranah pengajaran maharah qiroah (keterampilan membaca bahasa Arab) atau keterampilan yang lain seperti maharah kitabah (menulis), maharah kalam (berbicara), dan maharah istima' (mendengar), atau dengan menggunakan media yang lain.

ABSTRACT

Reading skill is one of language skill that needs to be improved and developed. Actually, reading activity is not merely pronouncing sound symbols in the text; it is also a complex skill that engages various aspects of skill that reader has to comprehend the text as well. To reach that purpose, the reading teaching process also necessitates students to be supported by suitable reading strategy and technique that make them easy to comprehend the text.

The research aimed at knowing the effectiveness of Explanation Technique Vocabulary in improving and developing students’ reading skill that comprises comprehension of text information (content) as well as comprehension of main ideas in each paragraph. Based on that purpose, it is expected that the result of this research becomes an alternative model potentially exercised for teaching Arabic reading skill.

This research is experiment research of The Two Group with quantitative approach. The research consists of four steps: 1) planning, 2) acting, 2) observation, and 4) evaluation. Instrument for data collecting consist of : 1) observation, 2) questionnaire, and 3) Test (pre test and post test).

The population at this research is students of State Islamic Senior High School I of Semarang).. And the sample in this research is students at second class Madrasah Aliyah negeri I Semarang [State Islamic Senior High School] Semarang).amount to 60 students.

Based on the statistic test of pre-test and post-test results it showed that the t-count result (5,42) > t-table (2.69) at p <0.05. So does the result of pre-test and post test for comprehension aspect (the main idea): The application of “Explanation Technique Vocabulary” had effective and significant influence in developing students’ reading skill.

While from the aspect of average result students obtained from both kinds of reading skill, it showed that students’ competence in comprehension of the text content (text information) was more effective than their competence in comprehension of main ideas

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Sholeh Nur, Syuhadak and Shaikhoun Mohamed, Mohamed
Keywords: تدريس; أساليب; المفردات; مهارة القراءة; Pembelajaran; Teknik; Kosa-Kata; Keterampilan Membaca; Teaching; Technique; Vocabulary; Arabic
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mohammad Syahriel Ar
Date Deposited: 29 Mar 2017 04:22
Last Modified: 29 Mar 2017 04:22
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/6072

Actions (login required)

View Item View Item