التعليم التعاوني في تطوير مهارة القراءة: دراسة تجربية بمدرسة الكواكب الدري المتوسطة بنكلان مادورا

Husaini, Muhammad (2009) التعليم التعاوني في تطوير مهارة القراءة: دراسة تجربية بمدرسة الكواكب الدري المتوسطة بنكلان مادورا. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
07930018.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Keterampilan membaca terhitung keterampilan terpenting bukan saja karena sebagai sumber pengetahuan atau menyenangkan tetapi karena keterampilan membaca dapat mengokohkan pengetahuan dan memperluas wawasan pada murid terhadap bahasa baru.

Mengajarkan keterampilan membaca bukan hanya dapat mengeja huruf, disamping itu memberikan arahan yang dapat membantu mereka untuk dapat membaca dengan lancar dan memahami dengan baik teks bacaan. Selama demikian maka menjadi kewajiban bagi seorang guru untuk membuat sebuah rencana yang baik untuk eksperimen tindakan pengajaran yang hasilnya berguna bagi pengembangan kebiasaan membaca.

Permasalahan atau rumusan penelitian ini adalah sejauh mana praktek cooperative learning (penomoran kepala) dapat meningkatkan keterampilan membaca, jelasnya keterampilan tingkat mudah dalam memahami teks bacaan, selain itu menghidupkan ruh kebersamaan dan saling membantu merupakan tujuan tambahan.

Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen yaitu penelitian merancang pre tes dan post tes terhadap satu kelompok saja, terhadap 24 murid di MTs Al-Kaukabuddurri Bangkalan Madura, kelas I semester II tahun 2009.

Temuan terpenting pada penelitian ini menerangkan bahwa mempraktekkan cooperative learning (penomoran kepala) pada pengajaran kemahiran membaca sesuai dengan tingkatan (kemampuan) para murid, dan cocok dengan materi pelajaran.dan strategi/trik ini dapat mewujudkan tujuan ,yaitu menghidupkan ruh kebersamaan dan saling membantu diantara mereka, demikian juga tingkat (kemampuan) keterampilan

membaca benar-benar berkembang. Hal tersebut dilihat dari kemampuan dan keterampilan membaca mereka sebelum tindakan eksperimen, dengan rata-rata : 6,58 dan setelah eksperimen :8,7 jadi berdasarkan uji t- test (statistik) mewujudkan hasil t- hitung: 8,18 lebih besar dari hasil t- tabel : 2,06 pada p < 0,05 .

ABSTRACT

Rading skill considered as the most importan skill, not only because as the souuce of science, or fun, but also because reading skill can stretegth the science and wide the student acknowledge on new language.

Teaching reading skill is not only be able to spell the letter, beside it, giving direction which can help them to read well and understand the text well. So, it will become an obligation for a teacher to make a goud plan for “teaching action experiment” which the result is useful for inprovrement of reading habits.

Problem statement of this research is how far the practice of cooperative learning to improve reading skill. Living the soul of togetherress and help each other are also the other additional aim/purpose. This research is experiment research.

This research developed Pre-test and post-test One Group design with reading teaching of twenty four student In MTs Al-Kaukabuddurri Ist grade, 2 nd semester,
2009.

The most important discovery in this reseach explain that practicing “cooperative learning” in thecing “reading skill” that suitable with the student competence, and also with subject and strategy can compesed the most important goal. It is to living the soul of togetherress and help each other between them, also, reading skill which really improve well too.This can be seon from their reading capability and skill before doing the experiment which rates : 6,45 and after the experiment become : 8,7. so, based on t- test, composed result of t- count result: 8,18 bigger than t- table result : 2,06 on p <0,05.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Dimyathi, Afifuddin and Mahmoud Adam Ibrahim, Faisal
Keywords: مهارة القراءة; تعليم اللغة العربية; التعليم التعاوني; Keterampilan Membaca; Pembelajaran Bahasa Arab; Cooperative Learning; Reading Skill; Arabic Teaching; Cooperative Learning
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mohammad Syahriel Ar
Date Deposited: 29 Mar 2017 04:22
Last Modified: 29 Mar 2017 04:22
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/6069

Actions (login required)

View Item View Item