استخدام المفردات المقترضة من اللغة العربية في اللغة الإندونسيا لتعليم الأصوات العربية: بالتطبيق على مدرسة المتوسطة الاسلامية الحكومية الثانية بالانجكاريا

Safingi, Miftah (2009) استخدام المفردات المقترضة من اللغة العربية في اللغة الإندونسيا لتعليم الأصوات العربية: بالتطبيق على مدرسة المتوسطة الاسلامية الحكومية الثانية بالانجكاريا. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
07930015.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

Pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah diarahkan untuk mengembangkan potensi siswa dalam berkomunikasi aktif dalam bahasa Arab. Keterampilan berbicara merupakan salah satu aspek pembelajaran yang menunjukkan kemampuan berkomunikasi. Dalam praktiknya para siswa dihadapkan berbagai permasalahan seperti pengucapan bunyi kalimat bahasa Arab, yakni perbedaan bunyi bahasa Arab dengan bahasa para siswa. Perbedaan- perbedaan ini berpengaruh terhadap kemampuan berbahasa Arab peserta didik. Demikian juga halnya yang terjadi di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Palangka Raya. Peserta didik di madrasah ini mengalami kesulitan dalam hal melafalkan bahasa Arab dengan benar. Melalui pengamatan, peneliti mendapati beberapa peserta didik mengalami kesulitan dalam membedakan lafal huruf-huruf tertentu.

Berangkat dari fakta tersebut, peneliti mengajukan alternatif solusi dengan menggunakan kata serapan bahasa Arab ke dalam bahas Indonesia (al mufradat al muqtaradlah) sebagai latihan pengucapan bahasa melalui pembelajaran bunyi (ta’lim al ashwat). Kata serapan tersebut juga dapat membantu peserta didik mengingat dengan mudah arti kata tersebut.

Rumusan penelitiannya adalah “Sejauh mana efektifitas penggunaan kata serapan dalam meningkatkan kecakapan berbicara siswa kelas VIII B pada Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Palangka Raya tahun pelajaran 2008-2009.

Hipotesis dari penelitian ini adalah " bahwa penggunaan kata serapan bahasa Arab yang masuk dalam bahasa Indonesia dapat mengatasi kesulitan melafalkan bahasa Arab dan membantu peserta didik mewujudkan kemampuan berbahasa Arab secara aktif." Hal ini akan berpengaruh terhadap perolehan bahasa Arab peserta didik menjadi lebih banyak sehingga kompetensi yang diharapkan dapat terwujud melalui latihan dalam percakapan sehari-hari.

Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitia ini adalah rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang terdiri empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi dan berlangsung selama dua siklus. Sedangkan tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara angket, dan tes.

Hasil penelitian ini dapat dikemukakan sebagai berikut ; (1) bahwa penggunaan kata serapan terbukti efektif meningkatkan kemampuan melafalkan bahasa Arab bagi siswa kelas VIII B MTsN 2 Palangka Raya, dengan peningkatan nilai siswa dalam tes berbicara melalui strategi "i'adah asy syafahiyyah (mengulang kata)", (2) penggunaan kata serapan berpengaruh terhadap peningkatan motivasi belajar bahasa Arab siswa kelas VIII B MTsN 2 Palangka Raya,(3) penggunaan kata serapan menambah kepercayaan diri para siswa untuk mengucapkan dan mempraktikkan bahasa Arab,(4) pembelajaran bunyi menggunakan kata serapan berhasil untuk meningkatkan kompetensi siswa dalam mengucapkan bunyi bahasa Arab.

ABSTRACT

Arabic Language Teaching in Islamic Junior High School instructed to develop student's potency in communicating active in Arabic Language. One of the teaching aspects expressing communicative ability is converse (kalam). In reality, Arabic teaching learning process (especially speaking) faced many problems, namely difference of Arab language and student's language. These differences have an effect to student's ability in communication. These things happen in State Islamic Junior High School 2 Palangka Raya. The students in this school find difficulties in articulating Arabic letter truly through general observation, researcher discovers some students find difficulties in differentiating certain letters.

Based on the fact, researcher raise solution alternative by using Arabic absorption word into Indonesia language (al mufradat al muqtaradlah) as practice uttering of language through phonology teaching (ta'lim al ashwat). The absorption word also can help students to remember words meaning easily.

The research formula is "How far effective usage of absorption word in improving student's ability of class VIII B at State Islamic Junior High School 2 Palangka Raya school year 2008-2009.

Hypothesis of this research is "that usage of Arabic Language absorption word which permeated in Indonesian can solve difficulty articulate Arab Language and help student to communicate in Arabic language actively." This matter will have an effect to student's acquirement in Arabic language become more, so that, the student's competency which is expected can be realized through practice in daily conversation.

The research design used is classroom action research (PTK) that consists of four steps; planning, acting, observation and reflection. The research instruments were observation, interview, questionnaire, and test.

Result of this research can be mentioned as follows ; ( 1) that usage of absorption words improve student's ability in Arabic language articulate of class VIII B State Islamic Junior High School 2 Palangka Raya, with make-up of student value in test converse through "i'adah asy syafahiyyah, repeating words strategy ", ( 2) usage of absorption word has an effect to make-up student's motivation to learn Arabic language in class VIII B of State Islamic Junior High School 2 Palangka Raya,(3) usage of Arabic absorption word increase student's self confidence to speak and practice Arabic Ianguage, (4) phonology teaching with Arabic absorption words success to increase student's competency in Arabic language speaking.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Dimyathi, Afifuddin and Mohamed Bakheet, Bakry
Keywords: المفردات المقترضة; لتعليم الأصوات; Kata Serapan Arab; Pembelajaran Bunyi; absorption words; phonology teaching
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mohammad Syahriel Ar
Date Deposited: 29 Mar 2017 04:23
Last Modified: 29 Mar 2017 04:23
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/6061

Actions (login required)

View Item View Item