استخدام التعبير المصور في تنمية مهارة التعبير الموجّه: بالتطبيق على مدرسة "الإتحاد" المتوسطة الاسلامية مالانج

Ali Imron Zunaidi, Muhammad (2009) استخدام التعبير المصور في تنمية مهارة التعبير الموجّه: بالتطبيق على مدرسة "الإتحاد" المتوسطة الاسلامية مالانج. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
07930011.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK

Secara umum pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah belum mampu mewujudkan tujuan-tujuan yang diharapkan. Ini nampak jelas dari lemahnya kemampuan para siswa dalam ketrampilan berbahasa Arab. Hal ini mengindikasikan bahwa masih terdapat masalah-masalah atau kesulitan-kesulitan yang perlu diselesaikan. Di antara kesulitan-kesulitan tersebut berkaitan dengan media pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran.Banyak guru yang kurang menaruh perhatian terhadap penggunaan media dalam proses pembelajaran, dan sebagaian mereka ada yang tidak memberikan kesempatan yang leluasa kepada siswa untuk memanfaatkan media pembelajaran.

Berdasar hasil pengamatan pendahuluan di Madrasah Tsanawiyah “Al-Ittihad” Malang, peneliti memperoleh temuan bahwa kemampuan menulis siswanya, khususnya pada kelas 8 A, masih relatif rendah dan perlu ditingkatkan. Hal ini dikarenakan mereka tidak mengikuti kegiatan pembelajaran dengan efektif, dan ini disebabkan karena media pembelajaran belum diberikan secara mencukupi dalam proses pembelajaran.

Berdasarkan hal tersebut, peneliti berinisiatif mengadakan penelitian tentang pembelajaran menulis dengan menggunakan media Ungkapan Bergambar di Madrasah Tsanawiyah “Al-Ittihad” Malang kelas 8 A sebagai upaya solusi permasalahan di atas. Melalui penelitian ini, peneliti ingin menjawab pertanyaan dalam rumusan masalah yaitu: Sejauh mana efektifitas penggunaan media Ungkapan Bergambar (al-ta’bi-r al-mushawwar) dalam meningkatkan ketrampilan menulis terbimbing (mahharat al-ta’bi-r al-muwajjah).

Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses belajar mengajar ketrampilan menulis dan mengetahui efektifitas media Ungkapan Bergambar (al- ta’bi-r al-mushawwar) dalam meningkatkan kemampuan ketrampilan menulis siswa di madrasah ini. Media ini memiliki kelebihan-kelebihan dalam pembelajaran Bahasa Arab, di antaranya membantu meningkatkan semangat para siswa dalam proses pembelajaran, menarik perhatian dan kemauan siswa untuk belajar, dan mudah penggunaanya dalam berbagai tingkatan pendidikan dengan berbagai tujuan.

Dalam pelaksanaannya, peneliti menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Proses ini berlangsung selama satu siklus penelitian atau tiga kali tatap muka. Penelitian ini mengikuti proses yang dikedepankan oleh Kemmis, yaitu: Perencanaan, Pelaksanaan Tindakan, Observasi, dan Refleksi.

Adapun hasil penelitian ini adalah: Media Ungkapan Bergambar mampu memperbaiki proses belajar mengajar ketrampilan menulis dan meningkatkan kemampuan menulis siswa kelas 8 A Madrasah Tsanawiyah “Al-Ittihad” Malang. Hal ini ditunjukkan dengan perolehan rata-rata nilai akhir pada proses belajar mengajar dalam tindakan yaitu, 88,4 ( Baik ).
Selain itu penggunaan media Ungkapan Bergambar (al-ta’bi-r al-mushawwar) dalam pembelajaran Bahasa Arab dapat menumbuhkan kecintaan siswa dalam pembelajaran ketrampilan menulis terbimbing ((mahharat al-ta’bi-r al-muwajjah). Hal ini diindikasikan dengan penuhnya perhatian mereka ketika mengikuti proses belajar mengajar.

ABSTRACT

Generally, teaching of Arabic at The Islamic Junior High Schools has not reached its goal as we hope. It is shown by the difficulties of student’s ability of mastering Arabic. It indicates that there are still problems which must be solved. Among these principal problems are which related to the teaching mean which is being used in the teaching process. There are still many teachers who pay less attention or even do not pay attention at all in the teaching process. And as them there is which don’t give opportunity which be free to student to exploit study media.

Bassed on the beginning observation at Islamic Junior High School “Al- Ittihad” Malang, the researcher found that the writing skill of eight (A) year students at that school is on low level, and need to be improved and developed because the students didn’t participate the lesson effectively. And this caused by study media not yet been given by answering the demand in course of study.

Therefore, the researcher initiates to solve these problem by doing a research about Using Pictural Expression (al-ta’bi-r al-mushawwar) To Improve Gueded Expression Skill (mahharat al-ta’bi-r al muwajjah) at eight year students (A) of The Islamic Junior High School “Al-Ittihad” Malang. Through this research, the researcher want to answer the question: How far the effectivness Using Pictural Expression To Improve Gueded Expression Skill?.

This research aims to improve and develop the effectiveness of writing skill’s teaching and to improve the student’s Gueded Expression Skill by arabic language at that school. This Pictural Expression has a unique ability to improve and help teaching Arabic. Such as helping the students to increase their spirit in learning process, an interesting point of view and student’s desire to learn. And it is easly used in various teaching levels and different purposes.

The design of this research is Classroom Action Research. The researcher has completed it in 1 cycle or 3 meetings. According to Kemmis’s version every cycle consist of four main steps, as follows: planning, implementation, observation, and reflection.

The result of this research is : Using Pictural Expression (al-ta’bi-r al- mushawwar) To Improve Gueded Expression Skill (mahharat al-ta’bi-r al muwajjah) can improve the writing skill at eight year students (A) of The Islamic Junior High School “Al-Ittihad” Malang. This is proved by their ability level at that cycle. The student’s average score is 88,4 in that cycle. Besides, Using Pictural Expression (al-ta’bi-r al-mushawwar) in Arabic learning is able to grow student’s desire in learning Gueded Expression Skill (mahharat al-ta’bi-r al muwajjah). It is show by their full attention when they do learning process.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Nasaruddin, Nasaruddin and Mahmud Adam Ibrahim, Faisal
Keywords: التعبير المصور; مهارة التعبير الموجّه; Media Ungkapan Bergambar; Ketrampilan Menulis; Pictural Expression; Gueded Expression Skill
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mohammad Syahriel Ar
Date Deposited: 29 Mar 2017 04:20
Last Modified: 29 Mar 2017 04:20
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/6058

Actions (login required)

View Item View Item