تصميم الكتاب المصاحب لتعليم مهارة الكتابة: بحث تجريبي في مدرسة الكوثر المتوسطة الاسلامية بربيس

Al Fajrul, Fuad (2009) تصميم الكتاب المصاحب لتعليم مهارة الكتابة: بحث تجريبي في مدرسة الكوثر المتوسطة الاسلامية بربيس. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
07930007.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Munculnya ide berfikir untuk mendisain sebuah buku penunjang pengajaran ketrampilan menulis.disebabkan tidak adanya kemampuan siswa dalam menulis huruf-huruf hijaiyah, hal ini dibuktikan setelah diadakannya ujian masuk bagi murid baru pada MTs Alkautsar tahun pelajaran 2007-2008 dan diadakannya ujian untuk mengetahui kemampuan menulis huruf-hurf hijaiyah pada siswa kelas 8 dan 9 . Ternyata kemampuan mereka sangatlah rendah bahkan ada yang belum mengenal huruf-huruf hijaiyah apalagi tatacara penulisannya. Berkaitan dengan itu buku ajar yang biasa dipakai para guru belum banyak mencerminkan tentang materi ketrampilan menulis padahal guru sangat ketergantungan sekali dengan buku ajar yang sekolah miliki.

Adanya perkembangan dan perubahan kurikulum pembelajaran membuka pikiran para guru untuk mendisain sebuah buku penunjang dalam rangka mempermudah sistem dan methode pengajaran dari buku ajar yang telah ada dimadrasah khususnya materi ketrampilan menulis Arab pada materi pelajaran Bahasa Arab. Oleh karena itu peneliti perlu mengajukan beberapa pertanyaan diantaranya adalah :
1) Bagaimana Mungkin mendisaian sebuah buku penunjang ketrampilan menulis huruf Arab untuk mengatasi kesulitan guru dalam mengajarkan materi menulis huruf Arab.
2) Bagaimana mungkin untuk menggunakan buku penunjang “UKTUB” dalam mngajarkan ketrampilan menulis huruf Arab. 3) Seberapa besar efektifitas penggunaan buku penunjang materi menulis dalam mengajarkan ketrampilan menulis huruf Arab pada materi pelajaran bahasa Arab.

Untuk menjawab pertanyaan tersebut peneliti telah berusaha mengajukan sebuah draf buku yang berkaitan dengan ketrampilan menulis huruf Hijaiyah kepada yang terhormat Dr.Nasaruddin M.Ed. dan Prof.Dr.H.D.Hidayat pada saat berlangsungnya kuliah semester III. Guna untuk memperoleh masukan dan kritikan serta saran terhadap draf buku yang penulis ajukan guna untuk penyempurnaan dan adanya kesesuaian materi buku. Setelah penulis mendapatkan banyak masukan tentang tatacara penyusunan sebuah buku dan kesesuain materi dengan anak didik.maka dilanjutkan dengan penelitian dilapangan yaitu dengan mengajarkan materi ketrampilan menulis huruf Arab secara benar pada siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Al Kautsar Dukuhbadag. Adapun pengumpulan datanya peneliti menggunakan data observasi, wawancara, angket dan tes (pree test dan post test).

Berdasarkan dari data-data yang telah dikumpulkan dengan menggunakan empat komponen diatas dapat disimpulkan bahwa penggunaan buku penunjang

ketrampilan menulis Arab pada mata pelajaran bahasa Arab bagi siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Al kautsar sangat efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis huruf-huruf hijaiyah pada kata-kata Arab. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya perbedaan yang sangat jauh antara kelas exsperiment dengan kelas kontrol dalam perolehan nilai pada ketrampilan menulis Arab.

Dimana kelas exsperiment memperoleh rata-rata nilai 33.4 % sebelum menggunakan buku penunjang dan memperoleh nilai rata-rata 69,08 % setelah diajarkan ketrampilan menulis dengan menggunakan buku penunjang “ UKTUB”.

Namun pada kelas kontrol tidak didapat perubahan yang signifikan dimana rata-rata nilai pree test 39.7 % dan nilai post test 40.97 % dalam kurun waktu yang sama. Dan dengan adanya perbedaan yang signifikan ini menunjukkan akan pentingnya menggunakan buku penunjang “UKTUB” pada ketrampilan menulis mata pelajaran Bahasa Arab.

ABSTRACT

The Appearance of Idea to design a supported book of learning writing skilled is caused inexistence of student ability in writing hijaiyyah letters. This matter is proved by after performing a entering test for new pupil at MTs Alkautsar for school year 2007-2008 and after performing a test to know the ability to write the letters of hijaiyyah for student of 8 and 9 class. And the fact, the result of the test show that their ability in writing hijaiyyah letters is very low, but even there are many of them those who do not yet recognize at all the letters of hijaiyyah, even more the ways or the role of writing the letters of hijaiyyah, beside the teaching book using by the teachers have not expressing yet about writing skill, though the teachers are in high depending with the school’s teaching book. Existence of growth and change of curriculum’s study open all teacher’s mind to design a secondary book in order to watering down system and learning method of the teaching book which have been in Islamic junior high school of Al- Kautsar, specially Arabic writing skill materials skilled of Arabic Language lesson. Therefore, researcher requires raising some question as follows: 1) How is the ways to design secondary book of learning Arabic letters writing skill to overcome the difficulty of teachers to learn the students the Arabic letters materials? 2) How is the procedure to use the secondary book “UKTUB" in learning the students for writing Arabic letters skill? 3) How is the effectiveness of using the secondary book of Arabic letters writing skill in material of Arab Language Lesson?

To answer the questions, the researcher have tried to raise a book draft relating to the writing hijaiyyah letters ability to the honorary Dr.Nasaruddin M.Ed. and Prof.Dr.H.D.Hidayat at the time in which the researcher had been studying at third semester, for the purpose of getting the suggestions and input about it, after the researcher obtains the input, the critics and also the suggestion to book draft for the completion and existence of book draft with book material. After the writer get many inputs about compilation procedure a book and fitting items with the children writing skill, then continuing with the field research that is by teaching Arabic letters skilled items particularly at student of seventh class of Islamic junior high school “Al-Kautsar”, Dukuhbadag, middle of java. For its data collecting, researcher uses the observation, interview, equates, and tests (pre test and post test.

Based on the collected data by using the instruments above, it is can be summered that the usage of secondary learning book of writing skill is very

effective to increase student ability in writing letter of hijaiyyah at Arabic word. This Matter is provable with the existence of the significant difference between the experiment class with the control class in acquirement assess at Arabic writing skill.

Where the experiment class gets the mean assess 33.4 % before using secondary book and get the average value 69, 08 % after taught writing skill by using secondary book “UKTUB”. But at control class is not obtained a significant change, where the mean assess of the pre test 39.7 % and the main assess of the post test 40.97 % in the same range of time. And with the existence of this difference significant, it shows for the importance of using secondary book “UKTUB" for increasing the ability of writing Arabic word skill at the subject of Arabic Language.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Sholeh Nur, Syuhadak and Syaikhoun Mohammad, Mohamed
Keywords: مهارة الكتابة ; مادة التعلمسة; Ketrampilan Menulis; Materi Pembelajaran; writing skill; subject materiel of Arabic language learning
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mohammad Syahriel Ar
Date Deposited: 29 Mar 2017 04:21
Last Modified: 29 Mar 2017 04:21
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/6054

Actions (login required)

View Item View Item