استخدام الألعاب اللغوية لتنمية مهارة القراءة: بالتطبيق على مدرسة أملابورا المتوسطة الاسلامية الحكومية ببالي

Fitriana, Aida (2009) استخدام الألعاب اللغوية لتنمية مهارة القراءة: بالتطبيق على مدرسة أملابورا المتوسطة الاسلامية الحكومية ببالي. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
07930006.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Melihat pentingnya pengajaran bahasa Arab khususnya keterampilan membaca، maka kita harus memperhatikan bagaimana proses pengajarannya. Namun, penulis menemukan bahwasanya banyak persoalan di dalam mengajarkannya khususnya di MTsN Amlapur, yaitu metode pengajaran yang digunakan guru belum efektif, dan sarana pengajaran belum sempurna lagi memuaskan, serta tidak adanya minat siswa dalam belajar membaca sehingga proses belajar mengajar membaca jadi membosankan، dan siswa menjadi tidak optimis.

Berdasarkan pada persoalan-persoalan di atas, peneliti telah merumuskan 3 rumusan masalah, yaitu : 1) apakah mungkin melaksanakan pengajaran keterampilan membaca dengan sarana permainan bahasa (tiga kartu bersamaan dan mengeluarkan kata asing) di MTsN Amlapura Bali?, 2) sejauh mana efektvitas penggunaan permainan bahasa untuk meningkatkan keterampilan membaca(membaca teks dari kanan ke kiri dengan mudah dan menyenangkan, mengetahui arti kosa kata baru, dan memahami kalimat dalam paragraf singkat) di sekolah tersebut?, 3)sejauh mana efektivitas penggunaan permainan bahasa untuk meningkatkan kegemaran siswa belajar membaca di sekolah tersebut?.

Berdasarkan masalah-masalah di atas, peneliti berasumsi bahwa permainan bahasa yaitu permainan ”tiga kartu bersama” dan” mengeluarkan kata asing”dapat diterapkan dalam pengajaran keterampilan membaca di MTsN Amlapura Bali, dan bahwa penggunaan kedua permainan bahasa tersebut efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa membaca teks dari kanan ke kiri dengan mudah dan menyenangkan, mengetahui arti kosa kata baru, dan memahami kalimat dalam paragraf singkat. Dan peneliti juga berasumsi bahwa penggunaan kedua permainan bahasa tersebut efektif untuk meningkatkan kegemaran siswa belajar membaca.

Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Adapun populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 1 di MTsN Amlapura pada semester kedua tahun pelajaran 2008-200, yang berjumlah 145 siswa. Dan sampel penelitiannya adalah siswa kelas satu/kelas tujuh B (sebagai kelas eksperimen) dan kelas tujuh C (sebagai kelas control). Dan penelitian ini menggunakan alat pengumpul data berupa 2 tes (pre- tes dan pos- tes)، observasi dan angket (untuk siswa dan guru).

Dan adapun hasil penelitian ini adalah bahwa permainan “kata-kata” meningkatkan keterampilan membaca dengan melihat kepada kenyataan- kenyataan berikut :1) siswa belajar keterampilan membaca dengan menggunakan permainan bahasa dengan gembira, berminat, semangat serta motivasi yang tinggi. Pelaksanaan kedua permainan tersebut berjalan sesuai dengan yang telah direncanakan peneliti dengan tanpa masalah. 2)Kemampuan siswa dalam keterampilan membaca meningkat dengan permainan bahasa “kata-kata, dan penelitian ini telah membuktikan bahwa permainan bahasa “kata-kata” sangat efektif untuk meningkatkan keterampilan membaca bagi siswa SMP.

Berdasarkan atas perbandingan hasil 2 tes (pre-tes dan post- tes) dari kelompok eksperimen, peneliti telah menghitung efektifitas permainan bahasa “tiga kartu bersamaan” dan “kata-kata asing” dengan perbandingan:
2,05 < 3,94 < 2,76 (permainan tiga kartu bersamaan)
2,05 < 13,1 < 2,76 (permainan kata-kata asing)

Berdasarkan pada perbandingan hasil post-tes antara kelompok eksperimen dan kelompok control, peneliti menemukan perbandingan sebagai berikut : 2,00 < 5,15 < 2,65 (permainan tiga kartu bersamaan) 2,00 < 2,9 <2,65 (permainan kata-kata asing)

Jadi, pengajaran keterampilan membaca dengan menggunakan kedua permainan bahasa tersebut adalah efektif untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa MTsN Amlapura Bal, 3) dan kesenangan siswa belajar bahasa Arab meningkat dengan permainan bahasa “kata-kata”.

Peneliti menyarankan kepada para peneliti yang akan datang untuk meneliti tentang permainan bahasa yang sama untuk meningkatkan keterampilan- keterampilan berbahasa yang lain, atau meneliti jenis permainan bahasa yang lain untuk peningkatan keterampilan bahasa tertentu.

ABSTRACT

Realizing the importance of Arabic teaching, specially reading skill, we have to pay attention to its teaching process. But writer finds many problems in teaching Arabic specially in MTsN amlapura Bali. Such as the teaching method that is used is not yet effective, and the teaching equipment is not complete and satisfactory, as well as the lack of the students’s spirit in the learning to read. So that the process of the reading teaching makes the student bored.

From the above problems, the researcher has formulated three problems :1)can the language game by using simultaneously used “three cards together” and using “foreign words” game is applied in teaching reading skill in MTsN Amlapura Bali?, 2)how is the effectivity of language game in improving the reading skill in that shool?, 3) how is the effectivity of the language game to improving the students’s passion in learning to read?.

Because of the above problems, the researcher assums thet one of the language game “words” is the game which uses “three cards together” simultaneously and expresses “foreign words” which can be used or applied in teaching reading skill in MTsN Amlapura Bali. And the use of two language games is effective in improving students’sreading ability from the right to the left easily and comfortably, knowing the meaning of the new words, and understanding a sentence in the simple paragraph. And the researcher also assums that the use of the two language games is effective to improving student’s passion in learning to read.

In this research, the researcher used the qualitative and quantitative approach. And the population of this research is all of the students in the first year in MTsN Amlapura Bali, in the second semester in 2008-2009, which are for about 145 students. The sample of this research is the first B class (as the experiment class) and the first C class (as the control class). In collecting data, this research used pre-test and post-test, observation, and questionnaire (for the teacher and students).

The results of this research are that the “words” language game can improved reading skill by seeing the evidences : 1) the students were happy , interested, and spirited in studying, and also they had high motivation of the two games run well such the the researcher has planned without facing any problems.2) the student’s ability in reading skill improved by using “words” language game, and this research has proved that the “words” language game is very effective to improve reading skill of the students in yunior high school (SMP). Through the comparison of the result of pre-test and post-test in the experiment group, the researcher has estimated the effectivity of the language game- simultanously-used “three cards together” and “foreign words” , with the comparison : 2,05 < 3,94 < 2,76 (three cards together game).

2,00 < 5,15 < 2,65 (foreign words game) And through the comparison of the result of post-test between the experiment and control group, the researcher found that the comparison is : 2,05 < 13,1 < 2,76 (three cards together game) 2,00 < 2,92 < 2,65 (foreign words game) So by that results, researcher concluded that teaching by using the “three cards" together”and “ foreign words” game are effective to improve the reading skill of students in MTsN Amlapura Bali, 3) and the students’s passion in studying Arabic increased by using “words” language game.

The researcher supposes that the next researchers do research about the same language game to improve another language skills, or do research about another language game to improve certain language skills.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Sholih Nur, Syuhadak and Shaikhoun Mohamed, Mohamed
Keywords: الألعاب اللغوية; لتنمية مهارة القراءة; Permainan Bahasa; Pengajaran Keterampilan Membaca; Language Game; Reading Skill Teaching
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mohammad Syahriel Ar
Date Deposited: 29 Mar 2017 04:21
Last Modified: 29 Mar 2017 04:21
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/6053

Actions (login required)

View Item View Item