فعّالية استخدام الطريقة الطريقة المباشرة في تعليم مهارة الكلام: بالتطبيق على مدرسة "منبع الصالحين" المتوسطة الأهلية جرسيك

Joko Triyono, Agus (2009) فعّالية استخدام الطريقة الطريقة المباشرة في تعليم مهارة الكلام: بالتطبيق على مدرسة "منبع الصالحين" المتوسطة الأهلية جرسيك. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
07930003.Pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Keterampilan berbicara termasuk bagian penting dan merupakan tujuan terpenting dalam kurikulum pengajaran dan pembelajaran Bahasa Asing (Bahasa Arab), oleh sebab itu maka pembelajaran keterampilan berbicara haruslah diperhatikan dalam pembelajaran Bahasa Asing (Bahasa Arab).

Berkenaan dengan pentingnya pembelajaran keterampilan berbicara tersebut maka kita harus memperhatikan proses pengajarannya. Tetapi Peneliti menemukan beberapa problem dalam pengajarannya khususnya di Madrasah Tsanawiyah Mamba’us Sholihin Gresik yaitu guru bahasa Arab dalam mengajar masih banyak menggunakan metode lama (Qawaid, menterjemah, dan menghafalkan), sedangkan metode ini sudah tidak efektif untuk diterapkan, padahal metode dalam pengajaran bahasa Arab sangatlah banyak. Maka dari itu peneliti dalam tesis ini menerapkan metode langsung dalam pengajaran kemahiran berbicara, karena tujuan terpenting dari metode ini adalah menekankan pada kemahiran berbicara.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah sejauh mana efektifitas metode langsung terhadap pembelajaran kemahiran berbicara siswa kelas 2 F MTs. Mambaus Sholihin Gresik dari segi ucapan, penyusunan kalimat, penggunaan qaidah nahwu dan shorof, penggunaan kosa kata, kelancaran berbicara, pemahaman terhadap pertanyaan, dan cepatnya jawaban terhadap pertanyaan yang diberikan.

Hipotesis dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan metode langsung dalam pengajaran kemahiran berbicara siswa kelas 2 F MTs. Mambaus Sholihin Gresik menghasilkan : 1) ucapan yang benar, 2) penyusunan kalimat yang benar, 3) minimnya kesalahan qaidah nahwu dan shorof, 4) penggunaan kosa kata yang sesuai, 5) kelancaran berbicara, 6) pemahaman yang baik terhadap pertanyaan, 7) dapat menjawab pertanyaan yang diberikan dengan cepat.

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen satu kelompok (The One Group) dengan pendekatan kuantitatif, dan dalam penelitian ini terdiri dari 4 langkah; (1) Penyusunan rencana pengajaran, (2) Penerapan metode langsung, (3) Observasi, (4) Penilaian. Instrumen untuk pengumpulan data terdiri dari; 1) Observasi, 2) Angket, 3) Tes (Pre tes dan Post-tes).

Populasi dari penelitian ini adalah Guru bahasa Arab dan para siswa di MTs. Mambaus Sholihin Gresik. Sample dalam penelitian ini adalah siswa kelas 2F yang berjumlah 40 siswa pada tahun ajaran 2008-2009.

Hasil penelitian ini adalah; a) Penerapan metode langsung dalam pengajaran kemahiran berbicara di MTs. Mambaus Sholihin adalah sangat efektif dan berpengaruh pada hasil pengajaran dai sisi; 1) ucapan, 2) penyusunan kalimat, 3) penggunaan qaidah nahwu dan shorof, 4) penggunaan kosa kata, 5) kelancaran berbicara, 6) pemahaman terhadap pertanyaan, dan 7) cepat dalam menjawab

terhadap pertanyaan yang diberikan. b) Hasil pembelajaran kemahiran berbicara siswa kelas 2 F meningkat, hasil dari Prost-Test adalah 82,25, padahal hasil dari Pre- test sebelum penerapan metode langsung ini adalah 61,95, dan selisih antara kedua tes ini adalah 20.30. hal ini menunjukkan bahwa metode langsung sangat efektif untuk diterapkan pada pengajaran kemahiran berbicara siswa kelas 2 F MTs. Mambaus Sholihin Gresik.

ABSTRACT

Speaking Skill is implied in vital part and is included the most important purpose in curriculum of Foreign Language teaching (Arabic Language). Therefore, Speaking Teaching is supposed to be given a huge interest in the Foreign Language teaching (Arabic Language).

Due to the importance of Speaking Skill Teaching, we should pay attention to this teaching process. But, The Researcher find several problems of this teaching, specialy at Mambaus Sholihin Junior High School of Gresik, namely those are “The Arabic teachers when teach are still use old method (reading, translating, and be memorize) in studying speaking skill, so this method is not effective in using. So that researcher in this research apply the direct method at studying speaking skill, Because the important aim this method is pressure in speaking skil.

The problem at this research is How distant the direct method effectiveness in speaking teaching for students at second class (F) of Mamba'us Sholihin Junior High
School of Gresik from side of 1) utterance, 2) sentence compilation, 3) usage of grammer, 4) usage of vocabulary, 5) fluency converse, 6) understanding of to question, and 7) quickly it answer to given question.

Hypothesis of this research is that using of direct method at teaching speaking skill for student of Mamba’us Sholihin Junior School of Gresik result: 1) real correct utterance, 2) compilation of real correct sentence, 3) minim of mistake at norm of grammar (nahwu and shorof), 4) usage of appropriate vocabulary, 5) fluency converse, 6) understanding of which do well by question, 7) can answer given question swiftly.

This research is experiment research of The One Group with quantitative approach. The research consists of four steps: 1) planning, 2) acting, 2) observation, and 4) evaluation. Instrument for data collecting consist of : 1) observation, 2) questionnaire, and 3) Test (pre test and post test).

The population at this research is students of Mamba'us Sholihin Junior High School of Gresik. And the sample in this research is students at second class (F) Mamba'us Sholihin Junior High School of Gresik amount to 40 students.

Result of this research is; a) Applying of direct method to teaching of speaking skill at Mambaus Sholihin Junior High School is very effective and have an in with result of instruction of side : 1) utterance 2) compilation of sentence 3) usage norm of grammar (nahwu and shorof) 4) usage of vocabulary 5) fluency converse 6) understanding of to question, and 7) answer to given question quickly. b) Result of study at speaking skill for student of second class (F) is increase, result of Prost-Test is 82,25, though result of Pre-Test before applying of this direct method is 61,95, and difference among both this test is 20.30. This matter indicate that direct method very effective to be applied at teaching of speaking skill for student of second class (F) Mambaus Sholihin Junior High School of Gresik.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Hwaiat Allah Ahmed, Saeed and Shaekhoun Mohamed, Mohamed
Keywords: الطريقة المباشرة; تعليم مهارة الكلام; Metode Langsung; Pengajaran Keterampilan Berbicara; Direct Method; Speaking Teaching
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mohammad Syahriel Ar
Date Deposited: 29 Mar 2017 04:20
Last Modified: 29 Mar 2017 04:20
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/6050

Actions (login required)

View Item View Item