Perilaku kepemimpinan Abdul Djalil untuk meningkatkan prestasi akademik siswa: Studi kepemimpinan Direktur Lembaga Pendidikan Islam Surya Buana Malang

Amin, Ahmad (2016) Perilaku kepemimpinan Abdul Djalil untuk meningkatkan prestasi akademik siswa: Studi kepemimpinan Direktur Lembaga Pendidikan Islam Surya Buana Malang. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
13710016.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Salah satu faktor meningkatnya prestasi akademik siswa adalah prilaku kepemimpinan yang ada dalam lembaga tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap lebih mendalam tentang prilaku kepemimpinan Abdul Djalil untuk meningkatkan prestasi akademik siswa di lembaga pendidikan Islam Surya Buana Malang dengan rumusan masalah sebagai berikut: (1) bagaimana pengalaman karir Abdul Djalil sebelum menjadi direktur LPI Surya Buana Malang, (2) bagaimana perilaku kepemimpinan LPI Surya Buana Malang dalam merencanakan program-program lembaga untuk meningkatkan prestasi akademik siswa, (3) bagaimana perilaku kepemimpinan LPI Surya Buana dalam melaksanakan program-program tersebut untuk meningkatkan prestasi akademik siswa.

Penelitian yang dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik: (1) wawancara mendalam, ( 2) observasi partisipan, dan (3) studi dokumentasi. Untuk mendapatkan keabsahan data peneliti menggunakan uji kredibilitas (credibitity) data dengan cara triangulasi, keteralihan (transferabitity), kebergantungan (dependability) dan kepastian (confirmability.

Dari hasil analisis data, peneliti menemukan temuan-temuan sebagai berikut : (1) bahwa Abdul Djalil selaku direktur LPI Surya Buana dengan pengalaman karir yang dimilkinya telah mampu menjadi sosok pimpinan yang efektif, indikasinya adalah kemampuannya menjadikan LPI Surya Buana menjadi sebuah lembaga yang berpretasi baik secara national maupun internasional. (2) Selaku direktur LPI Surya Buana, Abdul Djalil telah mampu mengembangkan secara baik program-program yang telah disusun oleh lembaga terutama pengembangan program triple “R” yang menjadi ikon lembaga. Dari pengembangan program triple “R” itu, Abdul Djalil mampu menjadi sosok pertama agen perubahan, kedua kreator yang diwujudkan dengan kemampuannya berinovasi membuat metode pembelajaran yang diberi nama metode abjad Abah Djalil, dan yang ketiga menjadi teladan baik dari ucapan, sikap dan perilaku, (3) Selaku direktur LPI Surya Buana, Abdul Djalil telah mampu melaksanakann progam triple “R” secara baik dengan menggunakan langkah-langkah sebagai berikut pertama dengan bermusyawarah artinya bawahan selalu diajak berdiskusi sebelum membuat keputusan. Kedua dengan penanaman ruhul jihad, artinya direktur LPI Surya Buana selalu memberi motivasi bawahannya untuk memiliki dedikasi tinggi, keuletan, keistiqomahan dan taqwallah terhadap tugas yang telah dibebankan. Ketiga keteladanan, artinya direktur LPI Surya Buana selalu memberi contoh kepada bawahannya melalu tindakan bukan hanya sekedar memerintah. Keempat meningkatkan Sumber daya guru artinya direktur LPI Surya Buana selalu mendukung bawahannya untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

ENGLISH:

One of several factors for improving students’ academic achievement is the existence of the leadership behavior in an educational institution. The objective of this research is to discover deeper the leadership of Abdul Djalil in improving students’ academic achievement in LPI (Lembaga Pendidikan Islam = Islamic Educational Institution) Surya Buana Malang. The research problems were: (1) Abdul Djalil’s career before becoming the director of LPI Surya Buana Malang, (2) The LPI Surya Buana Malang leadership behavior in planning institutional programs for improving students’ academic achievement, and (3) The LPI Surya Buana Malang leadership behavior in implementing those programs for improving students’ academic achievement.

The design of this research was qualitative approach. The data collection method used were: (1) An interview, (2) Participants’ observation, and (3) documentation study. In order to obtain the data validity, the researcher used credibility test using triangulation, transferability, dependability, and confirmability.

From the result of the data analysis, the researcher found that: (1) Abdul Djalil as the director of the LPI Surya Buana Malang with his career experience was an effective leader. It is shown from both national and international achievements LPI Surya Buana Malang had obtained. (2) As the director of LPI Surya Buana, Abdul Djalil developed the programs planned by the institution well, including the Triple “R” which is the icon of the institution. From that triple “R”, was considered as an agent of change; a creator with his teaching method called Abjad Abah Djalil; and as a role model in the way he speak, behave, and his attitude. (3) As the director of LPI Surya Buana, Abdul Djalil implemented the Triple “R” well using these steps; first, he always discuss his employees before making any decision, second, he gave motivational speech to his employees so that they are high-dedicated, skilled, and consistence in doing their work, third, he doesn’t only gave instructions but also examples, fourth, he supports teachers’ professional development.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Sahlan, Asmaun and Murni, Wahid
Keywords: Perilaku Kepemimpinan; Lembaga Pendidikan Islam; Prestasi Akademik Siswa; Leadership Behavior; Islamic Educational Institution; Students’ Academic Achievement
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Imam Rohmanu
Date Deposited: 24 Mar 2017 04:28
Last Modified: 24 Mar 2017 04:28
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/6048

Actions (login required)

View Item View Item