تحسين مستوى مهارة الكلام باستخدام الافلام التعليمية ( بحث إجرائي صفي في مدرسة "نهضة العلماء" المتوسطة الإسلامية كارانجفولوسو مالانج )

Rozi, Abdillah Fatkhur Rakhman (2009) تحسين مستوى مهارة الكلام باستخدام الافلام التعليمية ( بحث إجرائي صفي في مدرسة "نهضة العلماء" المتوسطة الإسلامية كارانجفولوسو مالانج ). Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
07930001.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (49MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Keterampilan berbicara merupakan salah satu dari 4 keterampilan bahasa yang diajarkan di Indonesia. Dan tujuan dari pembelajaran 4 keterampilan ini adalah, supaya siswa memiliki kemampuan, keterampilan dan motivasi dalam pembelajaran Bahasa Arab. Konsekuansi dari itu semua, maka pembelajaran 4 keterampilan bahasa ini harus berjalan seimbang dan selaras diantara keempatnya, dikarenakan setiap keterampilan itu mempunyai kelebihan dalam pembelajaran Bahasa Arab. Keempat keterampilan tersebut diajarkan juga di MTs Nahdlatul Ulama Karangploso Malang, tetapi para siswa dan siswi MTs ini lemah dalam keterampilan berbicara. Meskipun kebanyakan dari mereka tinggal di pondok dan belajar Bahasa Arab setiap hari di pondok tersebut. Keadaan ini diperkuat dengan nilai keterampilan berbicara mereka yang rendah daripada 3 keterampilan bahasa yang lainnya. Sesungguhnya keterampilan berbicara merupakan hal yang penting dalam pembelajaran bahasa seperti yang dikatakan Naqah dan Thoimah : ” Berbicara dianggap sebagai bagian yang substansi dalam kurikulum pembelajaran bahasa asing, dan para pakar menganggap bahwa berbicara merupakan tujuan terpenting dalam pembelajaran bahasa asing apapun, dikarenakan keterampilan berbicara ini termasuk bidang penerapan dan praktek dalam pembelajaran bahasa.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : Bagaimana peningkatan keterampilan berbicara dengan menggunakan film di MTs NU Karangploso Malang ? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran Bahasa Arab di MTs ini, khususnya dalam keterampilan berbicara, dan mengetahui efektivitas penggunaan film untuk meningkatkan keterampilan berbicara dalam pembelajaran Bahasa Arab.

Penelitian ini menggunkan metode penelitian tindakan kelas, yang terdiri empat langkah, yaitu : (1) perencanaan (planning), (2) tindakan (action), (3) pengamatan (observation), dan (4) refleksi (reflection). Populasi dari penelitian ini adalah siswi kelas VIII MTS NU Karangploso Malang tahun pelajaran 2008-2009. Adapun instrumen penelitian adalah : observasi, wawancara, kuisioner dan tes.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan film efektif untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa, keberhasilan ini berdasarkan pada beberapa hal berikut ini : (1) Pada pertemuan pertama 76,3 % dari siswi kelas VIII mengikuti dan berpartisipasi dalam proses pembelajaran keterampilan berbicara dengan semangat, pada pertemuan kedua meningkat menjadi 83,3% (2) Nilai rata-rata siswa meningkat dari nilai pertemuan pertama 66 menjadi 69 pada pertemuan kedua dan pada pertemuan ketiga meningkat lagi menjadi 72. (3) Nilai rata-rata siswa dalam menjawab soal tentang materi film mencapai 79

ABSTRACT

Speaking skill is one of the four language skills formally taught in Indonesia. The objective of the four skills lesson is that students have the abbility, skill and motivation in learning arabic. The consequence is that the teaching of the four language skills has to be balanced. Because every skill has plus point in the teaching and learning Arabic. The four skills are taught at MTs NU Karangploso Malang; However, the students have lack of speaking skill. Even though most of them live and learn Arabic everyday in boarding school. This condition is worsened by their low score for speaking skill compare to the other three language skills. Actually speaking skill is an important point in language learning as stated by Naqah and Thoimah :”Speaking is considered as the substantial part in foreign language teaching curriculum, and the experts believe that speaking is the most important objective in foreign language learning because this speaking skill is including in application and practice section in language learning.

The formula of the problem in this research is how to improve the speaking skill by using film at MTs NU Karangploso Malang?

The objective is to improve the arabic teaching in this MTs especially in speaking skill, and to find out the effectiveness of the use of film to improve the speaking skill in the arabic teaching,

This research is using class action research metode , which consist of four steps, they are : (1) planning, (2) action, (3)observation and (4) reflection. The subjects of this research are eight grade students at MTs Nahdlatul Ulama Karangploso Malang year 2008-2009. The research instruments are observation, interview, questioner, and test.

The result shows that the use of film is effective to improve the students’ speaking skill. This improvement is based on several points below : 1. On the first meeting 76,3% of the eight grade students joined and participated actively on the speaking skill teaching learning process. On the second meeting the number of students increased to 83,3%. 2. The students’ average scores which was 66 on the first meeting improved to 69 on the second meeting and 72 on the third meeting. 3. The students’ average score in answering questions about the film is 79

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Jauhar, Nasarudin Idris and Muhamed Bakheet, Bakry
Keywords: الافلام التعليمية; مهارة الكلام; Film; meningkatkan; keterampilan berbicara; Film; speaking skill
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mohammad Syahriel Ar
Date Deposited: 24 Mar 2017 04:11
Last Modified: 24 Mar 2017 04:11
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/6043

Actions (login required)

View Item View Item