فعّالية استخدام النيئة المدرسية في ترقية مهارة الكلام ( بحث تجريبي في المدرسة الثانوية الحكومية سوريا بوانا مالانج – جاوي الشرقية )

Febrianta, Rita (2009) فعّالية استخدام النيئة المدرسية في ترقية مهارة الكلام ( بحث تجريبي في المدرسة الثانوية الحكومية سوريا بوانا مالانج – جاوي الشرقية ). Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
07910025.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (929kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Lingkungan sekolah mempunyai peranan penting dalam meningkatkan kompetensi berbicara siswa, karena selama proses pembelajaran berlangsung siswa dapat melihat dan mendengar setiap hal secara langsung. Kompetensi berbicara adalah suatu kompetensi yang diharapkan kepada siswa untuk mampu mengucapkan dan mengungkapkan sebuah kata atau kalimat dengan benar sesuai dengan tata bahasa.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: “Bagaimana efektifitas penggunaan lingkungan sekolah untuk meningkatkan kompetensi berbicara siswa di Madrasah Tsanawiyah Surya Buana Malang?

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran empirik tentang peningkatan kompetensi berbicara siswa dengan penggunaan media lingkungan sekolah dari segi penambahan kosa kata dan mengungkapkannya melalui berbicara.

Hipotesa dari penelitian ini adalah bahwa menggunakan media lingkungan sekolah dapat meningkatkan kompetensi berbicara siswa baik dari merangkai kosa kata dan mengungkapkannya.

Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yang terdiri dari: perencanaan, aplikasi, pengamatan, dan evaluasi. Populasi dari penelitian ini meliputi para siswa Madrasah Tsanawiyah kelas II Surya Buana Malang Jawa Timur Tahun Pelajaran 2008/2009. Adapun instrumen penelitian adalah peneliti sendiri, observasi, wawancara dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media lingkungan sekolah dalam pembelajaran bahasa Arab ternyata dapat meningkatkan kompetensi berbicara siswa dalam merangkai kosa kata yang diungkapkan dalam berbicara.

ABSTRACT

Using the school environment has important role in increase the speaking competency of student because in learning process the students can see and hear everything directly. Speaking competency is a competency of student to able to tell a word or sentences properly.

Scope of this research is: How is the effectivity of using the school environment in increase the speaking competency of students on Madrasah Tsanawiyah Surya Buana in Malang.

The aim of this research is to know the development of speaking competency of Arabic of students such as vocabulary enrichment and use the vocab in sentences.

Hipotesis of research is that using the school environment can increase speaking competency of Arabic of students.

This research use experiment method that consist of: planning, application, observation, and evaluation. The population of research are the 2nd class students of 2008/2009 academic year on Madrasah Tsanawiyah Surya Buana in Malang, East Java. Instruments for this research are researcher herself, observation schedules, interview schedules, questionnaire, test, and records.

Result of this research show that school environment can be used to increase the speaking competency of Arabic of the 2nd class students of 2008/2009 academic year on Madrasah Tsanawiyah Surya Buana in Malang, East Java.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Nur Shaleh, Syuhadak and Mahmoud Adam Ibrahim, Faisal
Keywords: النيئة; مهارة الكلام; Lingkungan Sekolah; Kompetensi Berbicara; School Environment; Speaking Competency
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mohammad Syahriel Ar
Date Deposited: 24 Mar 2017 04:11
Last Modified: 24 Mar 2017 04:11
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/6036

Actions (login required)

View Item View Item