Sahla, Minhatin Alfi Ummi (2024) Efektifitas metode ummi dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur'an pada kelompok B di TK Islam Al-Falah. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
18160032.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Penggunaan metode membaca Al-Qur’an yang tepat dan efektif dalam proses belajar mengajar di lembaga pendidikan, baik formal maupun non formal merupakan salah satu faktor pendukung tercapainya tujuan KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) yang optimal. Salah satu metode pembelajaran Al-Qur’an adalah Metode Ummi. Metode Ummi memang cocok di gunakan bagi yang masih pemula ataupun mahir dalam membaca Al-Qur’an serta tidak menekankan selama proses pembelajaran Al-Qur’an dan tetap membangun rasa senang dengan pembelajaran Al-Qur’an. Alasan sekolah memakai Metode Ummi karena Metode Ummi memegang teguh 3 motto, yaitu Mudah, Menyenangkan, dan Menyentuh hati. Oleh karena itu, peneliti ingin mengetahui apakah adanya efektivitas menggunakan Metode Ummi dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan Metode Ummi dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an serta untuk mengetahui sejauh mana efektifitas Metode Ummi dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada kelompok B di TK Islam Al-Falah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Dengan desain Pre Eksperimen dan jenisnya One Group Pretest dan Posttest. Teknik analisis data menggunakan uji N-Gain. Perhitungan gain ini dilakukan untuk mengetahui selisih antar nilai pretest dan posttest serta untuk melihat sejauh mana peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an anak kelompok B di TK Islam Al-Falah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dimana hasil dari nilai N-Gain yang diperoleh adalah 0,68 dengan pembagian skor N-Gain 0,3<g<0,7 di kategorikan sedang. Sedangkan hasil dari nilai N-Gain persen diperoleh 68% dan untuk kategori tafsiran efektivitas N-Gain mendapatkan kriteria cukup efektif. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan penerapan Metode Ummi dikatakan cukup efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada anak kelompok B di TK Islam Al-Falah.
ENGLISH:
The use of appropriate and effective Al-Qur'an reading methods in the teaching and learning process in educational institutions, both formal and non-formal, is one of the supporting factors in achieving optimal KBM (Teaching and Learning Activities) objectives. One method of learning the Koran is the Ummi Method. The Ummi method is indeed suitable for those who are beginners or advanced in reading the Al-Qur'an and does not stress during the process of learning the Al-Qur'an and still builds a sense of enjoyment with learning the Al-Qur'an. The reason the school uses the Ummi Method is because the Ummi Method adheres to 3 mottos, namely Easy, Fun and Heart touching. Therefore, researchers want to know whether there is effectiveness using the Ummi Method in improving the ability to read the Al-Qur'an. The aim of this research is to determine the application of the Ummi Method in improving the ability to read the Al-Qur'an and to determine the extent of the effectiveness of the Ummi Method in improving the ability to read the Al-Qur'an in group B at Al-Falah Islamic Kindergarten. This study uses a quantitative approach. With a Pre-Experimental design and One Group Pretest and Posttest types. The data analysis technique uses the N-Gain test. This gain calculation was carried out to determine the difference between the pretest and posttest scores and to see the extent of the increase in the ability to read the Al Qur'an for group B children at the Al-Falah Islamic Kindergarten. The results of this research show that the result of the N-Gain value obtained is 0.68 with an N-Gain score division of 0.3<g
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Mukhlis, Akhmad |
Keywords: | Efektivitas; Metode Ummi; Kemampuan Membaca Al-Qur’an |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education |
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Minhatin Alfi Ummi Sahla |
Date Deposited: | 18 Jan 2024 15:12 |
Last Modified: | 18 Jan 2024 15:12 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/60208 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |