Responsive Banner

فعالية استخدام الصور في تدريس مهارة الكلام (بالتطبيق على معهد عبد الرحمن بن عوف بالجامعة المحمدية بمالانج)

Kamil Ramma Oensyar, Mohammad (2009) فعالية استخدام الصور في تدريس مهارة الكلام (بالتطبيق على معهد عبد الرحمن بن عوف بالجامعة المحمدية بمالانج). Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
07910013.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (11MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Berbicara adalah salah satu komponen utama dalam belajar bahasa, baik bagi orang dewasa maupun anak-anak. Berbicara merupakan unsur terpenting dalam empat keterampilan berbahasa Arab, keterampilan berbicara merupakan barometer keberhasilan pengajaran bahasa Arab, sehingga keberhasilan sebuah pengajaran bahasa dilihat dari kemampuan siswanya dalam berbicara, apabila siswanya berbicara dengan lancar sesuai dengan keinginannya maka berhasillah sebuah pengajaran itu. Berdasarkan statemen tersebut Pembelajaran keterampilan berbicara harus diajarkan kepada peserta didik dalam tahap awal pembelajaran bahasa Arab

Dari hasil pengamatan peneliti dan wawancara dengan guru bahasa arab, bahwa sebagian siswa level satu Pondok Pesantren Abdurrahman bin A uf kurang keberaniannya dalam melakukan dialog mata pelajarannya, sulit dalam membuat kalimat, dan oleh karenanya mereka berbicara tidak lancar.

Selanjutnya berdasarkan pada fakta permasalahan diatas, rumusan penelitian ini adalah Sejauh mana efektifitas Penerapan Media Gambar dalam meningkatkan Keterampilan berbicara siswa level satu pada Pondok Pesantren Abdurrahman bin A uf Malang tahun ajaran 2008-2009 ?. rumusan penelitian ini di bagi menjadi beberapa pertanyaan yaitu: 1) bagaimana efektifitas pembelajaran keterampilan berbicara dengan menggunakan media gambar dalam meningkatkan siswa melafalkan huruf sesuai dengan makhrojnya, 2) bagaimana efektifitas pembelajaran keterampilan berbicara dengan menggunakan media gambar dalam meningkatkan siswa memahami kosakata bahasa, 3) bagaimana efektifitas pembelajaran keterampilan berbicara dengan menggunakan media gambar dalam meningkatkan siswa lancar berbicara, 4) bagaimana efektifitas pembelajaran keterampilan berbicara dengan menggunakan media gambar dalam dalam memahami tatabahasa, 5) bagaimana efektifitas pembelajaran keterampilan berbicara dengan menggunakan media gambar dalam membuat kalimat, 6) bagaimana efektifitas pembelajaran keterampilan berbicara dengan menggunakan media gambar dalam meningkatkan keberanian siswa dalam berbicara.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan. Penelitian ini dilaksanakan di Pondok Pesantren Abdurrahman bin A uf Malang. Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Media Gambar terbukti efektif meningkatkan kecakapan berbicara siswa level satu pada Pondok Pesantren Abdurrahman bin A uf Malang tahun ajaran 2008-2009 dengan melihat kenyataan: 1) bahwa pembelajaran keterampilan berbicara dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan siswa dalam melafalkan huruf sesuai dengan makhrojnya, 2) bahwa pembelajaran keterampilan berbicara dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan siswa dalam memahami kosakata bahasa, 3) bahwa pembelajaran keterampilan berbicara dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan siswa dalam kelancaran berbicara, 4) bahwa pembelajaran keterampilan berbicara dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan siswa dalam memahami tatabahasa, 5) bahwa pembelajaran keterampilan berbicara dengan menggunakan media gambar dapat mempermudah siswa dalam membuat kalimat yang benar,
6) bahwa pembelajaran keterampilan berbicara dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan keberanian siswa dalam berbicara. Ini dibuktikan dengan tingkat kemampuan mereka sebagaimana termaktub pada tabel 14, dari tingkatan cukup pada siklus pertama menjadi tingkatan baik pada siklus kedua, atau dari rata-rata nilai 76,11 pada siklus pertama, menjadi rata-rata nilai 80 pada siklus kedua. Hal itu ditunjukkan dengan penuhnya perhatian mereka ketika mengikuti proses pembelajaran.

Oleh karena itu dipandang perlu bagi guru bahasa Arab menaruh perhatian yang cukup terhadap penggunaan media tersebut dalam pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab. Begitu juga para penanggung jawab pendidikan perlu kiranya mencurahkan segenap kemampuannya dalam menyiapkan berbagai media pembelajaran yang sesuai di pondok pesantren.

ABSTRACT

Speaking is one of some most important abilities to study a language, for all circles: children and adults. Speaking is the important element in four skill of Arabic language, speaking skill represent succes barometer of teaching Arabic language, so the succes instruction of language seen from ability of student in conversation, if the student talk with fluent, the instruction is success. According to that statement, instruction of converse skill must be given to them, more over to those who are in early stage of their studying of the second language (Arabic languange).

From monitoring of researcher and interview with the Arabic language teacher, it s known that some of student in first level at Islamic Boarding School Abdurrahman bin Auf are not brave to speak, difficult to make a sentence. And because of that, they don t speak fluently.

Problem statement of this research is How far the effectiveness of the application of of pictures in increasing the speaking Arabic skill (Classroom Action Research in Islamic Boarding School Abdurrahman bin Auf Malang) ? this research formula born some questions, that are: 1). how effective study of speaking skill by sequence picture media in improving student to pronounce the word well, 2) how effective study of speaking skill by sequence picture media in improving student to understand of language, 3). how effective study of speaking skill by sequence picture media in improving student to fluent to converse, 4) how effective study of speaking skill by sequence picture media in improving student to understand of grammar, 5) how effective study of speaking skill by sequence picture media in improving student to make a sentence, 6) how effective study of speaking skill by sequence picture media in improving brave student to speak. Classroom Action research method is being used in this research. Thus, the research carried out in Islamic Boarding School Abdurrahman bin Auf Malang. This research performs in several cycles until the problems in Arabic teaching being solved and reach the intended goal. Every cycle consists of four main steps, as follows: planning, implementation, observation, and reflection.

Result of the research indicate that applying of of pictures media proven effectivelly about the improving of speaking skill of student in first level, in school year of 2008-2009 with the facts that: 1). study of speaking skill by sequence picture media effective in improving student to pronounce the word well, 2) study of speaking skill by sequence picture media effective in improving student to understand of language, 3) study of speaking skill by sequence picture media effective in improving student to fluent to speak, 4) study of speaking skill by sequence picture media effective in improving student to understand of grammar, 5) study of speaking skill by sequence picture media effective in improving student to make a sentence, 6) study of speaking skill by sequence picture media effective in improving brave student to speak.This proved with level ability of them, according to the tables 14, from the middle level in the first cycle become good level at the second cycle, or from mean 76,11 at first cycle, becoming mean 80 at second cycle.

Therefore, it is very important for the language theachers to pay attention of this media in Arabic learning process. And also the educational responsible should give all their the competence in preparing all learning media that are relevant at their schools.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Hiwayatullah, Ahmad Saeed and Sulaeman, Mohamed Syaikhoun Mohamed
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDHiwayatullah, Ahmad SaeedUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDSulaeman, Mohamed Syaikhoun MohamedUNSPECIFIED
Keywords: استخدام الصور ; مهارة الكلام ; Penggunaan Media Gambar; Pengembangan Keterampilan Berbicara; Using pictures media; Developing Speaking Skill
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mohammad Syahriel Ar
Date Deposited: 24 Mar 2017 11:12
Last Modified: 04 Jan 2018 09:31
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/6005

Downloads

Downloads per month over past year

Actions (login required)

View Item View Item