Rizqiyah, Ni’matur (2017) Pengaruh strategi regulasi diri dalam belajar dan dukungan sosial orang tua terhadap prestasi belajar Siswa-Siswi SMP Hasanuddin sepanjang Gondanglegi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
12410024.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
INDONESIA:
Regulasi diri dalam belajar merupakan salah satu faktor yang dapat berperan terhadap proses dan prestasi belajar individu. Namun, kemampuan regulasi ini tidak dapat berjalan sendiri tanpa adanya lingkungan yang kondusif untuk membantu perkembangan kemampuan regulasi diri dalam belajar. oleh karena itu dukungan sosial dari orang tua juga dibutuhkan untuk dapat mengembangkan prestasi belajar siswa.
Dalam penelitian ini bertujuan untuk : Mengetahui pengaruh strategi regulasi diri dalam belajar terhadap prestasi belajar; Mengetahui pengaruh dukungan sosial orang tua terhadap prestasi belajar; Mengetahui perbedaan tingkat pengaruh strategi regulasi diri dalam belajar dan dukungan sosial orang tua terhadap prestasi belajar.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik analisis regresi linear berganda. Populasi penelitian ini sebanyak 106 dengan sampel 65 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan metode skala psikologi dan dokumentasi untuk nilai raport. Data penelitian ini dianalisis dengan bantuan program komputer SPSS 17.00.
Hasil penelitian tingkat strategi regulasi diri dalam belajar pada kategori tinggi sebesar 88%, dukungan sosial orang tua 89%, dan untuk kategori prestasi belajar yang sesuai dengan kebijakan sekolah pada kategori baik sebesar 74%. Strategi regulasi diri dalam belajar tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar berdasarkan tingkat signifikansi pada taraf 0,082 > 0,05 dengan prosentase 4,7%. Pengaruh dukungan sosial orang tua terhadap prestasi belajar tidak signifikan berdasarkan tingkat signifikansi berada pada taraf 0,669 > 0,05 dengan prosentase 0,3%. Sedangkan untuk perbedaan tingkat pengaruh strategi regulasi diri dalam belajar dan dukungan sosial orang tua terhadap prestasi belajar yang lebih mempengaruhi adalah variabel strategi regulasi diri dalam belajar ditunjukan dengan nilai beta sebesar 0,87, untuk pengaruh keduanya dengan prosentase 7% dan yang 93% dipengaruhi oleh faktor lain diluar variabel penelitian ini. Hal tersebut bisa terjadi karena dalam penelitian ini tidak dilakukan kontrol terhadap variabel-variabel lain yang dapat lebih mempengaruhi prestasi belajar.
ENGLISH:
Self regulation learning is one of the factors that may play a role against the individual learning processes and achievements. However, the ability of this regulation can’t walk alone in the absence of a conducive environment to help the development of self-regulation learning. Therefore social support of parent’s also needed to be able to develop the learning achievements of students.
In this research aims to: knowing the influence of strategy self regulation learning to learning achievement; Knowing the influence of social support of parent’s to learning achievement; Knowing the difference degree of influence of strategy self regulation learning and social support of parent’s tolearning achievements.
This research is quantitative research with multiple linear regression analysis technique. The population of this research as much as 106 with 65 samples respondent. Engineering data collection method using a scale of psychology and documentation for the value of report cards. This research data were analyzed with the help of a computer program SPSS 17.
Results of this research level of strategy self regulation learning in higher categories amounted to 88%, social support of parent’s 89%, and for the category of learning achievements in accordance with the policy of the school on either category of 74%. Strategies self regulation learning doesn’t have significant influence towards achievement of learning based on the level of significance on 0,082 > 0,05 with percentage of 4.7%. The influence of social support of parent’s to learning achievements isn’t significant based on the level of significance is at level 0,669 > 0,05 with percentage of 0.3%. As for the difference in the level of influence of the strategies self regulation learning and social support of parents’ to learning achievements affect is variable strategy self regulation learning shown by beta 0,87. To influence both with percentage of 7% and 93% are influenced by factors other than the variables this research. This can happen because in this research was not done control of other variables that may affect the achievement of learning more.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Aziz, Rahmat | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Strategi Regulasi Diri Dalam Belajar; Dukungan Sosial Orang Tua; Prestasi Belajar; Strategies Self Regulation Learning; Social Support Of Parent’s; The Learning Achievements | ||||||
Departement: | Fakultas Psikologi | ||||||
Depositing User: | Imam Rohmanu | ||||||
Date Deposited: | 22 Mar 2017 18:36 | ||||||
Last Modified: | 22 Mar 2017 18:36 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/6004 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |