Hubungan antara school connectedness dengan motivasi berprestasi siswa SMA Maarif NU Pandaan tahun ajaran 2016/2017

Maisyah, Ainul (2017) Hubungan antara school connectedness dengan motivasi berprestasi siswa SMA Maarif NU Pandaan tahun ajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
11410066.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (10MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Motivasi berprestasi siswa merupakan kajian penting dalam dunia pendidikan. Tinggi rendahnya motivasi berprestasi siswa berkaitan pada kualitas pendidikan. Oleh karena itu kajian tentang faktor - faktor yang mempengaruhi motivasi berprestasi siswa urgen untuk dilakukan dengan harapan dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Dalam penelitian ini School connectedness adalah faktor yang diasumsikan berpengaruh terhadap motivasi berprestasi siswa. School connectedness merupakan sejauh mana siswa merasa bahwa dirinya diterima secara personal, dihormati, merasa menjadi bagian dan didukung oleh orang lain dalam lingkungan sekolah. Siswa yang merasa terhubung pada lingkungan sekolah akan tertarik dan senang saat berada di sekolah, mengikuti setiap kegiatan, serta akan memiliki tujuan pasti dalam proses belajar.

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji secara hipotetik hubungan antara school connectedness dengan motivasi berprestasi pada siswa SMA Maarif NU Pandaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitaif korelasional. Subjek penelitian ini berjumlah 203 subjek yang merupakan 20% dari jumlah siswa SMA Maarif NU Pandaan pada tahun ajaran 2016/2017. Dalam penelitian ini, pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive random sampling. Instrumen penelitian berupa skala school connectedness dan skala motivasi berprestasi, dan keduanya telah dilakukan uji validitas isi dengan menggunakan metode Aiken’s V.

Data hasil penelitian school connectedness memiliki koefisien alpha cronbach 0,898 dengan rentang validitas 0,305- 0,599, dan data motivasi berprestasi memiliki koefisien alpha cronbach 0,883 dengan rentang validitas 0,319-0,616. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk school connectedness, mayotias subjek penelitian berada pada kategori tinggi. Selanjutnya tingkat motivasi berprestasi subjek penelitian, mayoritas berada pada kategori tinggi. Hasil uji korelasi menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara school connectedness dengan motivasi berprestasi dengan nila R sebesar 0,391, (p) sebesar 0,000. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi tingkat school connectedness pada diri siswa maka semakin tinggi tingkat motivasi berprestasi.

Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai rekomendasi dalam proses pengembangan motivasi berprestasi siswa.

ENGLISH:

Student’s achievement motivation is important in education. The levels of achievement motivation is related to quality of education. Therefore, study about the factors influencing the student’s achievement motivation is urgent and is expected to increase the education accomplishment in Indonesia. In this research, School connectedness is the factor assumed to have an influence to student’s achievement motivation. School connectedness is about to what extent the student feels that hisself is personally accepted, respected, supported, and is being a part of school environment. The student feeling connected with school environment will be interested and feel comfortable in the school by attending every activity. Thus, he will have certain purpose in the learning process.

The research aims to hypothetically test the correlation between school connectedness and achievement motivation among students of SMA Maarif NU Pandaan academic year 2016/2017. This research uses correlational quantitative method. The subject of this research is 203 students. It is 20% of students in the academic year 2016/2017. The sample used in this research is purposive random sampling technique. This research instruments are school connectedness and achievement motivation scale. Both have been tested in term of content validity by using Aiken’s V method.

The data result in school connected research has alpha cronbach coefficient about 0,898 with validity range 0,305-0,599 and achievement motivation data has alpha cronbach coefficient about 0,883 with validity range 0,319-0,616. The research shows the subject majority is in the high category for school connectedness and achievement motivation. The result of correlation test shows significant correlation between school connectedness and achievement motivation with R value 0,391 and (p) 0,000. It proves that the higher level of school connectedness student has, the higher achievement motivation level will be.

The result of this research can be used as reference in the development process of student’s achievement motivation.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Sa'diyah, Elok Halimatus
Keywords: School Connectedness; Motivasi Berprestasi; School Connectedness; Achievement Motivation
Departement: Fakultas Psikologi
Depositing User: Imam Rohmanu
Date Deposited: 22 Mar 2017 11:37
Last Modified: 22 Mar 2017 11:37
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/6001

Actions (login required)

View Item View Item