Ibadillah, Khusnul (2009) فعالية استخدام الصور لتنمية مهارة كتابة الحروف والكلمات (بتطبيق على مدرسة "نهضة العلماء" الابتدائية بكفانجين مالانج). Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
07910011.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK
Rumusan masalah penelitian ini adalah: (1) sejauh mana kemampuan murid dalam keterampilan menulis huruf dan kata sesudah menggunakan gambar di Sekolah Dasar Nahdlatul Ulama’?, (2) sejauh mana efektifitas penggunaan gambar untuk meningkatkan keterampilan menulis huruf dan kata di Sekolah Dasar “Nahdlatul Ulama’?.
Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh hasil (1) kemampuan murid dalam keterampilan menulis huruf dan kata sesudah menggunakan gambar di Sekolah Dasar Nahdlatul Ulama’, (2) efektifitas penggunaan gambar untuk meningkatkan keterampilan menulis huruf dan kata di Sekolah Dasar Nahdlatul Ulama’.
Hipotesa penelitian ini adalah (1) Kemampuan murid dalam keterampilan menulis sesudah menggunakan gambar meningkat, (2) pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan gambar efektif untuk meningkatkan keterampilan menulis huruf dan kata.
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dan penelitian ini menggunakan pre test dan post test. peneliti menggunakan “t-test”. untuk mengetahui perbedaan diantara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen.
Populasi dan sampel penelitian ini adalah guru bahasa Arab, kepala sekolah, siswa kelas IA yakni kelas kontrol berjumlah 30 siswa, dan IC yakni kelas eksperimen yang berjumlah 29 siswa di sekolah Dasar “Nahdlatul Ulama” kepanjen Malang 2008/2009.
Hasil tes keterampilan menulis huruf dan kata di kelas eksperimen, peneliti memperoleh nilai rata-rata pre test 69,7931 dan untuk nilai rata-rata post test adalah 74,3103. ini menunjukkan adanya peningkatan yang besar yakni 4,5172.
Hasil penelitian ini adalah (1) Kemampuan murid dalam keterampilan menulis huruf dan kata sesudah menggunakan gambar meningkat, (2) pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan gambar efektif untuk meningkatkan keterampilan menulis huruf dan kata.
Saran untuk penelitian-penelitian selanjutnya sebaiknya mengembangkan penelitian ini dalam penerapan media- media bahasa yang lain dalam pembelajaran bahasa arab, dan juga mengembangkan penerapan media pembelajaran ini pada judul-judul yang lain
ABSTRACT
The problem formulation in the research : (1) how the pupil ability in the writing skill letter and words after using picture at the Nahdlatul Ulama Elementary School?, (2) how the picture usage effectiveness to improve the writing skill letter and words at the Nahdlatul Ulama Elementary School?
The research aimed at obtaining the results about (1) the pupil ability in the writing skill letter and words after using picture at the Nahdlatul Ulama Elementary School, (2) the picture usage effectiveness to improve the writing skill letter and word at the Nahdlatul Ulama Elementary School.
The research hypothesis is research (1) the pupil ability in the writing skill letter and word after using picture is to improve, (2) the Arabic language learning by using picture is more effective to improve the writing skill letter and word.
It is experiment method, and in the research by using pre test an post test. The research design is two groups. So there are control class and experiment class. To know the influence of picture usage in the writing skill letter and word, the researcher by using ‘t-test’ of SPSS.
Research population and sample are arabic language teacher, headmaster, pupil of class IA student as the control class with 30 pupils, and class IC as experimental class with 29 pupils.at the Nahdlatul Ulama Elementary School of
2008/2009.
The researcher obtains the average grade of pre test is 69.7931 and for post test is 74.3103, it shoed the increase of 4.5172.
The research results (1) pupil ability in the writing skill letter and word after using picture improve, (2) the picture usage effectiveness to improve the writing skill letter and word.
Suggestion for next researchs it should develop this research in another media languages implementation for learning arabic language and to develop this media implementation in another subjects too.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Syuhadak, Syuhadak and Bakheet, Bakri Mohammed | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | الصور ; مهارة كتابة; الحروف والكلمات; Gambar; Keterampilan Menulis; Huruf dan Kata; Picture; Writing Skill; Letter and Word | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab | |||||||||
Depositing User: | Mohammad Syahriel Ar | |||||||||
Date Deposited: | 22 Mar 2017 18:51 | |||||||||
Last Modified: | 29 Dec 2017 14:23 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5996 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |