فعالية استخدام بطاقة المفاتيح لتعليم التعبير الكتابي (بالتطبيق على معهد نور البيان بلومبوك الشاملية نوسا تنجارية الغربية)

Anisatun, Dewi (2009) فعالية استخدام بطاقة المفاتيح لتعليم التعبير الكتابي (بالتطبيق على معهد نور البيان بلومبوك الشاملية نوسا تنجارية الغربية). Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
07910009.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini mencoba untuk memperbaiki metode pengajaran menulis dan mencoba untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis dengan menggunakan media kartu kata. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: bagaimana pengajaran menulis dan seberapa jauh efektifitas pengajaran menulis dengan menggunakan kartu mafatih bagi siswa Pondok Pesantren Nurul Bayan Lombok Barat.

Adapun desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen kuantitatif dengan menggunakan dua kelompok, yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Sample yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas dua aliyah pondok pesantren Nurul bayan, dengan jumlah 34 siswa.

Hasil dari penelitian ini adalah: pada pre-test 52,94% siswa dari kelompok kontrol dan 58,70% siswa dari kelompok eksperimen memperoleh nilai kurang, 7,6% siswa dari kelompok kontrol dan 23,58% siswa dari kelompok eksperimen memperoleh nilai cukup, 23,5% siswa dari kelompok kontrol dan 5,9% siswa dari kelompok eksperimen memperoleh nilai baik, dan 5,9% siswa dari kelompok kontrol memperoleh nilai sangat baik. Adapun nilai para siswa pada saat post-test adalah: 5,9% siswa dari kelompok kontrol dan 41,2% siswa dari kelompok eksperimen memperoleh nilai sangat baik, 11,8% siswa dari kelompok kontrol dan 29,4% siswa dari kelompok eksperimen memperoleh nilai baik, 58,8% siswa dari kelompok kontrol dan 29,4% siswa dari kelompok eksperimen memperoleh nilai cukup, dan 23,5% siswa dari kelompok kontrol memperoleh nilai kurang. Dan kesimpulan dari penelitian ini adalah, bahwa penggunaan kartu kata dalam pengajaran menulis sangat efektif.

Melihat kemampuan dan keterbatasan waktu yang dimiliki penulis dalam
penelitian, maka tidak menutup kemungkinan akan ditemukan adanya kekurangan, meskipun penulis telah mencurahkan segenap kemampuan untuk menyempurnakan penelitian ini. Oleh karena itu, penelitian ini membutuhkan tindak lanjut, dan kepada siapa saja yang mempunyai kesempatan untuk melakukan penelitian mengenai pengajaran menulis maka akan lebih baik jika melanjutkan dan mengembangkan penelitian ini, karena ketrampilan menulis mempunyai peranan penting dalam komunikasi.

ABSTRACT

The most difficult in any foreign language skills is writing, therefore, many students face difficulty in writing Arabic, that is why this research is aiming at improving writing skill by using flash cards. This research tried to correct the methodology of writing teaching and try to increase students’ competence in writing using flash cards. The problems of research is how to teach writing by using the flash cards and what is the effective aspect from this teaching by using this media for students of “Nurul Bayan Islamic boarding school”.

This research used experiment quantitative research, which is combination by experiment and control group. The sample research is student in class two senior high school. And total students are 34 people.

The result of this research is: at pre-test 52,94% students from control group and 58,70% students from experiment group was false or poor. 7,6% students from control group and 23,58% students from experiment group was average, 23,5%students from control group and 5,9% students from experiment group was good, and 5,9% students from control group was very good. The result from post-test is: 5,9% students from control group and 41,2% students from experiment was very good, 11,8% students from control group and 29,4% students from experiment group was good, 58,8% student from control group and 29,4% students from experiment group was average, and 23,5% students from control group was false or poor.

By seeing the writer’s competence and the limited time that writer have in doing research, it is not impossible will find many lacks, although the writer have given all competences to complete this research. Therefore, this research needs the repercussion and for who have opportunity for doing research about writing teaching and it is will be better if the reader continues and improves this research because the writing teaching is important things in communication.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Murtadho, Nurul and Muhammad Bakhis Ahmad, Bakry
Keywords: بطاقة المفاتيح; التعبير الكتابي; kartu kata; keterampilan menulis; Flash Cards; writing
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mohammad Syahriel Ar
Date Deposited: 22 Mar 2017 11:51
Last Modified: 22 Mar 2017 11:51
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5995

Actions (login required)

View Item View Item