Ibrahim, Ibrahim (2023) Strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru di SDI KHA Wahid Hasyim Bangil. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
18170074.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Strategi kepala sekolah memiliki peran penting dalam peningkatan profesionalisme guru, untuk mencapai tujuan pendidikan yang optimal dan membentuk sumber daya manusia yang berkualitas, maka lembaga pendidikan bertanggung jawab dalam rangka menyiapkan tenaga pendidik yang profesional, karena setiap tenaga pengajar berkewajiban untuk meningkatkan kemampuan profesional sesuai dengan tuntunan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta pembangunan bangsa. Profesionalisme Guru menjadi salah satu faktor yang penting dalam menentukan kualitas dari sebuah instansi baik dalam hal mutu pendidikan, pembelajaran, dan juga peningkatan prestasi siswa.
Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui (1) Bagaimana peran kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru di SDI KHA Wahid Hasyim Bangil, 2) Bagaimana strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru di SDI KHA Wahid Hasyim, 3) Bagaimana kendala dan solusi yang dihadapi kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru di SDI KHA Wahid Hasyim Bangil.
Penelitian ini dilaksanakan di SDI KHA Wahid Hasyim Bangil menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi, melakukan wawancara dengan beberapa informan, dan melakukan dokumentasi. Data yang sudah diperoleh kemudian akan dianalisis deskriptif yang nantinya akan dimuat kedalam kalimat-kalimat yang telah disusun sehingga menghasilkan kalimat yang tersusun rapi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kepala sekolah memiliki peran sebagai pendidik, pemimpin, manajer, motivator, dan supervisor. Adapun peran tersebut kemudian dimanifestasikan dalam meningkatkan profesionalisme guru. (2) strategi kepemimpinan kepala sekolah yaitu mendukung para guru dengan mendelegasikan guru dalam kegiatan pelatihan-pelatihan formal maupun non formal, serta melakukan pengembangan dan pembinaan untuk tenaga pendidik melalui rapat internal (3) kendala yang dihadapi yaitu minimnya kompetensi guru dalam pengetahuan tentang IT, dan perilaku peserta didik yang beragam karena faktor lingkungan. Maka solusi dalam mengatasi kendala yaitu adanya kerja sama yang baik antara guru dengan sesama guru, dan guru dengan kepala sekolah. Kemudian dengan pendekatan emosional kepada peserta didik itu sendiri.
ENGLISH:
The strategy of principal has an important role in improving teacher professionalism, to achieve optimal educational goals and form quality human resources, educational institutions are responsible for preparing professional educators, because each teaching staff is obliged to improve professional abilities in accordance with the guidance of the development of science and technology and nation building. Teacher professionalism is one of the important factors in determining the quality of an institution both in terms of the quality of education, learning, and also increasing student achievement.
The objectives of this study are to (1) How is the role of the principal in improving teacher professionalism at SDI KHA Wahid Hasyim Bangil, 2) How is the principal's strategy in improving teacher professionalism at SDI KHA Wahid Hasyim, 3) How are the obstacles and solutions faced by the principal in improving teacher professionalism at SDI KHA Wahid Hasyim Bangil.
This research was conducted at SDI KHA Wahid Hasyim Bangil using a qualitative approach. Data collection techniques by conducting observations, conducting interviews with several informants, and conducting documentation. The data that has been obtained will then be analyzed descriptively which will later be loaded into sentences that have been arranged so as to produce neatly arranged sentences.
The results showed that (1) the principal has a role as an educator, leader, manager, motivator, and supervisor. The role is then manifested in improving teacher professionalism. (2) the principal's leadership strategy is to support teachers by delegating teachers in formal and non-formal training activities, as well as conducting development and coaching for educators (3) the obstacles faced are the lack of teacher competence in IT knowledge, and the diverse behavior of students due to environmental factors. Then the solution in overcoming obstacles is the existence of good cooperation between teachers with fellow teachers, and teachers with principals. Then with an emotional approach to the child himself.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Hasanah, Siti Ma'rifatul |
Keywords: | Strategi kepemimpinan; Kepala sekolah; Profesionalisme guru |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators |
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Ibrahim Ibrahim |
Date Deposited: | 17 Jan 2024 14:27 |
Last Modified: | 17 Jan 2024 14:27 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/59915 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |