استخدام طريقة التدريس التبادلي في تعليم مهارة القراءة (بحث تجريس في المدرسة الثنوية الحكومية الواحدة لامونجان)

Andriya Ningsih, Anita (2009) استخدام طريقة التدريس التبادلي في تعليم مهارة القراءة (بحث تجريس في المدرسة الثنوية الحكومية الواحدة لامونجان). Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
07910007.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Nampak permasalahan dalam pembelajaran maharah qira’ah, diantaranya 1) materi pembelajaran sulit, 2) lemahnya kemampuan murid, 3) lemahnya pengetahuan guru tentang metode pembelajaran dan media pembelajaran, 4) tidak adanya kemampuan guru menyajikan gambar yang menarik sesuai dengan materi, 5) tidak adanya kemampuan murid untuk memahami kandungan dan makna dalam materi pemahaman. Untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti menggunakan metode reciprocal teaching (pengajaran timbal balik) yang terdiri dari empat strategi yakni memprediksi, mengklarifikasi, membuat pertanyaan, dan menyimpulkan.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: bagaimana penerapan metode reciprocal teaching (pengajaran timbal balik) dalam pembelajaran maharah qira’ah untuk kelas dua di Madrasah Aliyah Negeri 1 Lamongan? dan seberapa jauh efektifitas pemakaian metode reciprocal teaching (pengajaran timbal balik) dalam pembelajaran maharah qira’ah untuk kelas 2 di Madrasah Aliyah Negeri 1 Lamongan?. Dan hipotesis dari penelitian ini adalah bahwa penerapan pembelajaran dengan menggunakan metode reciprocal teaching dalam pembelajaran maharah qira’ah adalah tahap pendahuluan, tahap inti yaitu murid belajar dalam kelompok dan masing-masing anggotanya mempunyai tugas diantaranya, membuat pertanyaan, menyimpulkan, menjelaskan dan memprediksi, serta tahap penutup. Dan pemakaian metode reciprocal teaching lebih efektif akan meningkatkan kemampuan siswa dalam pembelajaran maharah qira’ah.

Dan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode reciprocal teaching. Dan untuk mengetahui efektifitas metode reciprocal teaching. Adapun desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen kuantitatif.

Dan hasil dari penelitian ini adalah sebelum pemakaian metode reciprocal teaching maka nilai rata-rata pre-test untuk kelompok eksperimen adalah 61,5833. Sedangkan setelah pemakaian metode reciprocal teaching maka nilai rata-rata yang dicapai pada waktu post-test untuk kelompok eksperimen adalah 20,5. Dan

jumlah murid kelompok eksperimen sebelum dan sesudah pemakaian metode reciprocal teaching adalah 36 siswa. Dan hasil ini menunjukkan bahwa metode reciprocal teaching sangat efektif untuk pembelajaran maharah qira’ah. Adapun nilai rata-rata pre-test untuk kelompok control adalah 59,0000 dan post-testnya adalah 53,3158. dan jumlah murid untuk kelas control sebelum dan sesudah test adalah 38 siswa.

Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyarankan kepada guru Bahasa Arab untuk menerapkan metode reciprocal teaching dalam pembelajaran maharah qira’ah pada aspek pemahaman agar pembelajaran bahasa arab khususnya maharah qira’ah mudah dan menyenangkan. Dan peneliti berharap kepada peneliti yang lain untuk mempelajari prinsip-prinsip belajar kelompok yang sukses sebelum melaksanakan penelitian yang sama.

ABSTRACT

Visible problems in teaching reading comprehension, including 1) learning the material is difficult, 2) the students are lack the ability, 3) the teachers are lack of knowledge about methods of media and method learning, 4) the absence of the ability of teachers to present the image of interest in accordance with the materials, 5) the absence of a student's ability to understand the contents and meaning in the material. To overcome the problems researchers using reciprocal teaching method which consists of four strategies that predict, clarifying, questioning, and conclude.

Formulation of the problem in this research are: how the implementation of reciprocal teaching method in teaching reading comprehension for second- class in the senior Islamic high school 1 Lamongan? and how far the effectiveness of reciprocal teaching method in teaching reading comprehension for second- class in the senior Islamic high school 1 Lamongan?. And hypothesis from the research is that the application of the teaching process by using the reciprocal teaching method in teaching reading comprehension is preliminary stage, the core of the students learning in groups and individual members have the task of which, make questions, conclude, predict and clarify. And the reciprocal teaching method will be more effective to improve student learning in reading comprehension.

And the purpose of this research is to understand the application of the method of reciprocal teaching. And to know the effectiveness of reciprocal teaching method. The research design used in this research is quantitative research experiment.

And the results of this research is before the reciprocal teaching method of the average Pre-test groups for the experiment is 61.5833. Meanwhile, after the reciprocal teaching method and the average value achieved in the post-test groups for the experiment is 20.5. And the number of student groups before the experiment and after the reciprocal teaching method is 36 students. And this result shows that the reciprocal teaching method is very effective for learning reading skill. The average Pre-test for the control group is 59.0000, and the post-tests is 53.3158. and the number of students for classroom control before and after the test is 38 students.

Based on the results of research, the researchers suggest that the Arabic teachers to implement the reciprocal teaching method in teaching reading comprehension on the understanding that aspects of language learning, especially Arabic language in reading comprehension is easy and fun. And the researchers

hope that other researchers to learn the principles of a successful study groups before implementing the same research.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Sholeh Nur, Suhadak and Mahmud Adam Ibrahim, Faisal
Keywords: Maharah Qira’ah; Metode Reciprocal Teaching (pengajaran timbal balik); Reading Comprehension; Reciprocal Teaching Method; مهارة ريقة التدريس التبادلي ;القراءة
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mohammad Syahriel Ar
Date Deposited: 21 Mar 2017 12:31
Last Modified: 21 Mar 2017 12:31
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5985

Actions (login required)

View Item View Item