فعالية استخدام بطاقة الألعاب اللغوية في تعليم المفردات (بتطبيق على مدرسة المنورية الثنوية بلولاونج مالانج)

Mahrus, Ali (2009) فعالية استخدام بطاقة الألعاب اللغوية في تعليم المفردات (بتطبيق على مدرسة المنورية الثنوية بلولاونج مالانج). Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
07910006.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK

Kita ketahui bahwa salah satu tujuan penting pembelajaran bahasa arab bagi orang asing adalah mengembang kemampuan siswa untuk melafalkan dengan benar, sekaligus berbicara dengan pemilik bahasa secara tepat dan benar, dan bagian penting dari bahasa arab adalah kosa-kata. Kosa menjadi pondasi dasar pembentukan kalimat yang sempurna baik tulis maupun lisan. Oleh karena itu, pembelajaran kosa-kata memerlukan perhatian khusus dalam pembelajaran bahasa asing.

Begitu pula peneliti, dalam hal ini memberikan perhatian terhadap pembelajaran kosa-kata kususnya pembelajaran bahasa arab, yang berangkat dari fenomena lemahnya skil siswa dalam mendengar, berbicara, menulis dan membaca bahasa arab. Kelemahan lebih disebabkan lemahnya siwa dalam menghafal kosa-kata itu. Akhirnya paneliti melakukan eksperimen pembelajaran kosa-kata dengan media permainan kartu sebagai solusi atas problem tersebut. Dan secara sengaja peneliti memilih sekolah smp al- munawariyah kelas VII d untuk melakukan eksperimen .

Berdasarkan kajian pustaka yang telah di cermati peneiti, media pembelajaran yang menarik akan efektif dan berpengaruh positif terhdap pembelajaran bahasa asing, dan itulah pegangan kuat yang digunakan peneliti dalam melakukan proses pembelajaran kosa-kota. Peneliti menggunakan kartu permainan bahasa secara bertahap untuk memberikan solusi bagi siswa-siswi. Dimulai dari kosa-kata tentang keluarga, alat-alat sekolah, perabot rumah tangga, macam-macam olah raga, macam-macam hewan, macam-macam profesi, alat-alat transportasi, dan alat-alat elektronik.

Sebelum melaksakan eksprimen, peneliti meakuakan pre-test terlebih dahulu, maka didapatkan hasil pre-test dengan rata-rata 22. berkisar antara 8 sampai 48. selajutnya peneliti melakukan eksperimen selama delapan kali pertemuan secara berkesinambungan, dan selesai pada tanggal 14 april dan dilanjutkan post-test.

Peneliti menjelaskan hasil post-test yang diikuti 34 siswa VIID sebagai berikut: dimulai dari soal yang pertama yaitu sebutkan tentang anggota keluarga, didapatkan nilai rata-rata 96 dan soal yang kedua sebutkan perabot rumah-tangga?, didapatkan nilai rata-rata 85, selanjutnya soal yang ketiga tentang alat-alat transportasi didapatkan nilai rata-rata 83, berikutnya soal yang ke empat tentang alat-alat sekolah didapatkan nilai

rata-rata 86. soal yang kelima yaitu tentang olah raga mendapatkan nilai rata-rata 81, soal yang ke-enam yaitu tentang macam-macam hewan didapatkan hasil rata-rata 80, soal yang ke-tujuh sebutkan alat-alat elektronik didapatkan nilai 74, dan yang tekhir soal yang ke delapan, sebutkan macam-macam pekerjaan?, didapatkan nilai 93.

Maka didapatkan Hasil akhir dari keseluruhan post-test dengan menjumlah seluruh hasil post-test 678 dibagi jumlah soal yaitu 8 didaptkan hasil rata-rata 85. dengan demikian pembelajaran kosa-kata dengan media kartu permainan bahasa efektif. Hal ini setelah dikonfirmasikan dengan standar ukur sebagai berikut: 0-49 buruk sekali, 50-59 buruk, 60-69 cukup, 70-79 baik dan 80-100 baik sekali.

ABSTRACT

As we know that one of the main purposes learning Arabic language for foreigner is to improve student ability to spell correctly, also talk to the owner of the language correctly, and the most important of the Arabic language is words. Words become the basic foundation the form of perfect sentence in writing and speaking. That is why, the learning of the words needs specific attention in learning foreign language.

The researcher gives specific attention to learning language of words expecially in Arabic language, which is come from the phenomena of low skill of the student in listening, speaking, writing and reading Arabic language. This weakness cause of the low ability of student to remember that words finally researcher did learning experiment of words with card game media as solution for the problem, and intentionally Researcher choose SMP Al-Munawariyah VII grade of D to do experiment.

According to literature, That researcher used, the learning instrument that is interesting and effective and also gives positive influence to the learning of foreign language, and that is the strong standard that used by the researcher to do the learning words process. Researcher used card game language with stage to give solution for students started from learning words about family, school equipment, house equipment, sports, animals, professions, transportations, and the electronics.

Before did experiment, researcher did pre-test, the mean result 22 from 8 to 48. After that, researcher did 48 times experiment in 8 meeting continuously, and finish at 14 April and continues with post-test.

Researcher explain the post-test that has been followed by 34 students of VII d: starting from the first question , about telling the family member, the mean result is 96 and second question , mentioning the house equipment? The mean Result 85, next, the third question about transportation with mean result 83, the forth question is is about school equipment the mean result is 86. The fifth is about sports gets mean result
81, the sixth question is about animals mean result 80, the seventh about electronics the mean result 74, and the last question is about kinds of profession, the result is 93.

An the final result from all of the pot-test with sum all of the post- test result 678 divide with the 8 mean result is 85. It means that words learning with language card game instrument are effective. After confirmed with measurement standard: 0-49 very bad, 50-59 bad, 60-69 enough, 70-79 good and 80-100 very good.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Hiwayatullah Ahmad, Said and Syaikhun Muhamad Sulaiman, Muhamad
Keywords: Kartu; Permainan Bahasa; Pembelajaran Kosa-kata; Card; Language game; learning words; بطاقة ; الألعاب اللغوية; تعليم المفردات
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mohammad Syahriel Ar
Date Deposited: 21 Mar 2017 12:31
Last Modified: 21 Mar 2017 12:31
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5982

Actions (login required)

View Item View Item