فعالية تدريس مهارة الكلام في ضوء المدخل الاتصالي (بحث تجريسي في المدرسة المنورية العالية بلولاونج مالانج)

Sarbaini, Albarra (2009) فعالية تدريس مهارة الكلام في ضوء المدخل الاتصالي (بحث تجريسي في المدرسة المنورية العالية بلولاونج مالانج). Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
07910005.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Kompetensi berbicara adalah standar keberhasilan berbahasa Arab setelah kompetensi berbahasa yang lain, yaitu mendengar, menulis, dan membaca. Ada beberapa unsur yang mempengaruhi siswa untuk menguasai kompetensi ini, diantaranya: kemampuan guru, latar belakang siswa, metode pengajaran, dan media pengajaran. Pada penelitian ini, peneliti memfokuskan penelitian pada masalah media pengajaran yaitu Penggunaan pendekatan komunikatif pada Pembelajaran Kompetensi berbicara.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana hasil pembelajaran kompetensi berbicara mengucapkan hurup yang benar, berbicara dengan baik, menguasai arti bahasa arab, dan mngucapkan dengan intonasi benar?.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pembelajaran kompetensi berbicara mengucapkan hurup yang benar, berbicara dengan baik, menguasai arti bahasa arab, dan mengucapkan dengan intonasi yang benar .

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif eksperimen kuantitatif, populasi dari penelitian ini meliputi para siswa SMA Almunawwariyyah Bululuwang Malang tahun ajaran 2008/2009. Adapun instrumen penelitian adalah observasi, angket, tes, dan wawancara. Sedangkan sampel penelitian adalah para siswa kelas 3A dan kelas 3B SMA Almunawwariyyah Bululuwang Malang tahun ajaran 2008/2009. Proses analisis dalam penelitian ini diambil dari hasil tes siswa, pre-tes dan post-tes yang dilaksanakan di kelas control dan kelas eksperimen.

Setelah penelitian dilaksanakan, peneliti melihat ada perbedaan yang signifikan antara pembelajaran kompetensi berbicara dengan pendekatan komonikatif dan pembelajaran kompetensi berbicara tanpa menggunakan pendekatan komunikatif. Dengan media ini siswa mampu mengucapkan hurup yang benar, berbicara dengan baik, menguasai arti bahasa arab, dan mngucapkan dengan intonasi benar.

ABSTRACT

Speaking is success standard of teaching Arabic language after other language competences, they are listening, speaking, and reading. There are element of mastery of the language competence, example: teacher’s competence, student’s backgruound, teaching method, and teaching aids. In this research, researcher focussed in one from teaching aids: Teach Speaking Competence with The Communicative Approach.

The formula at this reseach is to teach Speaking Competence with Communicative Approach ? and what is effective aspect from teach Teach Speaking Competence with The Communicative Approach?

The Research aim to obtain; know Teach Speaking Competence with The Communicative Approach produce, and know effective aspect from Teach Speaking Competence with The Communicative Approach.

This research use descriptive experiment qualitative research, Population of this research cover all Arabic Ianguage teacher and student at Senior High School Almunawwariyyah Bululawang Malang, year 2008 / 2009. While sampel research are students in class 3A and student in class 3B Senior High School Almunawwariyyah bululawang Malang. As for research instrument is observation, test, inquiry, and interview.

The process analyze in this research taken from pre-test and post-test in control class and experiment class.

The result of experiment is researches get significant different from Teach Speaking Competence with The Communicative Approach and Teach Speaking Competence without The Communicative Approach. Student understood subject matter of speaking competence be easy, therefore they get good grades for speaking competence. And than using The Communicative Approach to teach speaking competence is effective.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Hwayat Allah Ahmed, Saeed and Mujab, Muhammad
Keywords: Pendekatan komunikatif; Kompetensi berbicara; Speaking Competence; Communicative Approach; المدخل الاتصالي ;مهارة الكلام
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mohammad Syahriel Ar
Date Deposited: 21 Mar 2017 12:31
Last Modified: 21 Mar 2017 12:31
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5981

Actions (login required)

View Item View Item