تدريس مهارة الكتابة العربية باستخدام الكلمات المتقاتعة

Husein, Taufik (2007) تدريس مهارة الكتابة العربية باستخدام الكلمات المتقاتعة. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
06930025.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Keterampilan menulis mempunyai peran penting dalam pendidikan Bahasa Arab, oleh karena itu evaluasi keterampilan menulis sangat penting untuk mengetahui sejauh mana kemampuan siswa, disamping hasil evaluasi tersebut bisa dijadikan alat ukur efektifitas suatu proses pembelajaran.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Kosa Kata di SMP Darul Quran Malang, dan untuk mengetahui efektifitas penggunaan Teka-teki Silang sebagai media dalam pembejaran Bahasa Arab berbasis kosa kata.

Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan studi dokumentasi. Adapun metode analisis data yang digunakan adalah rumus product moment correlations milik Karl Pearson untuk mengetahui reliabilitas teka-teki silang sebagai alat evaluasi dan rumus milik Kuder Richardson untuk mengetahui tingkat validitasnya.

KR21 Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Kosa Kata di SMP Darul Quran Malang menggunakan media kartu kosa kata dan gambar dari kosa kata tersebut. Pelaksanaannya dilakukan dengan panduan (١) Rencana pembelajaran, (٢) Petunjuk umum, dan (٣) Sembilan langkah pembelajaran. Penggunaan Teka-teki Silang dalam pembelajaran keterampilan menulis dianggap efektif, hal ini ditunjukkan oleh nilai rata-rata teka-teki silang ٧٣،٣ dan nilai rata-rata menulis kosa kata di luar teka-teki silang ٦٨،٣, berarti kemampuan siswa mengerjakan teka-teki silang lebih tinggi dari kemampuan menulis di luar teka-teki silang. Penggunaan teka-teki silang sebagai alat evaluasi mempunyai tingkat validitas ٠،٩٤ dan tingkat reliabilitas ٠،٩٦٦١ yang keduanya menunjukkan kelayakan teka-teki silang sebagai alat evaluasi.

Penelitian ini dilaksanakan di tingkat pendidikan menengah pertama, karena itu disarankan bagi peneliti lain untuk melakukan penelitian serupa di tingkat pendidikan yang berbeda dengan menggunakan kosa kata yang berbeda dan tingkat kesulitan yang berbeda pula.

ABSTRACT

Writing skill has an important role in Arabic education. Therefore the evaluation of writing skill is absolutely significant to describe the mastery of students and as an media to measure the effectiveness of learning process.

This thesis aims at describing teaching Arabic based on lexicon in Junior High School "Darul Quran" of Malang and the effectiveness of using crossword puzzle as media in teaching Arabic based on lexicon.

The approach used in this thesis is qualitative and quantitative through experiment research method. The methods of data collection are observation, test, and documentation study. Analyzing method uses product moment correlations by Karl Pearson to know the reliability of crossword puzzle as instrument evaluation and a formula of KR21 by Kuder Richardson to know the validity level.

This research describes that teaching Arabic in Junior High School "Darul Quran" of Malang is lexicon based teaching by using cards contained vocabulary and picture as media. Then, it uses (١) study plan; (٢) general guidance; (٣) nine
steps of teaching. The use of crossword puzzle in teaching writing skill is effective. It can be shown by mean of crossword puzzle is ٧٣،٣ and mean of writing vocabulary is ٦٨،٣. It means that the ability of the student in working crossword puzzle is higher than the ability of the student in writing vocabulary. The use of crossword puzzle as an evaluation instrument has validity level ٠،٩٤
and reliability level ٠،٩٦٦١. Both of reliability and validity indicate the feasibility of crossword puzzle as the instrument of evaluation.

This research was conducted in Junior High School. The future researchers therefore are suggested to elaborate the similar research in different education levels with more vocabularies and higher level of difficulty.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Murtadho, Nurul and Mujab, Muhammad
Keywords: Pembelajaran keterampilan menulis; Teka-teki silang; SMP Darul Quran Malang; Teaching writing skill; Crossword puzzle; Junior High School "Darul Quran" of Malang
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mohammad Syahriel Ar
Date Deposited: 21 Mar 2017 12:33
Last Modified: 21 Mar 2017 12:33
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5960

Actions (login required)

View Item View Item